Friday, May 21, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Windows 10 adalah seri paling mutakhir dari keluarga Windows untuk OS laptop ataupun PC. Tentu, karena merupakan seri mutakhir, maka ada banyak keunggulan dari versi OS ini dibandingkan sebelumnya. Windows pun terus melakukan update untuk menyempurnakan versi OS tersebut. Nah, kali ini akan dibahas mengenai cara cepat download Windows 10 resmi tanpa install aplikasi, terutama untuk Anda yang ingin melakukan update.


Perlu diketahui bahwa salah satu trik yang kerap digunakan untuk mendapatkan file ISO Windows 10 adalah dengan menggunakan Media Creation Tool atau MCT. Tentu, pengguna harus menginstal aplikasi MCT terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk mendapatkan file ISO Windows tersebut.

cara mudah download windows 10 cepat dan gratis
cara mudah download windows 10 cepat dan gratis

Cara dengan MCT memang banyak digunakan, namun cenderung agak ribet. Nah, untuk Anda yang ingin mengunduh Windows 10 dengan mudah tanpa aplikasi, simak ulasan berikut selengkapnya!

Download Windows 10 Tanpa Bantuan Aplikasi MCT

Untuk bisa mengunduh file ISO Windows 10 tanpa menggunakan aplikasi, baik itu Media Creation Tool atau lainnya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelumnya. Tentu saja, langkah ini penting dan harus dilakukan secara berurutan agar Anda bisa mendapatkan file ISO tersebut dengan mudah.


Nah, adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mengunduh file ISO Windows 10 tanpa bantuan aplikasi apapun adalah sebagai berikut:


  1. Pertama, buka halaman untuk mengunduh ISO Windows 10. Dalam hal ini, Anda bisa langsung masuk ke website Windows atau menggunakan Google sebagai alat bantu
  2. Setelahnya, akses inspect element pada browser yang kamu gunakan. Untuk Google Chrome, kamu dapat menggunakan shortcut CTRL+SHIFT+I atau klik kanan pada browser apapun lalu pilih opsi Inspect Element.
    opsi inspect element di browser
    Opsi inspect element 
  3. Kemudian, klik opsi device yang tersedia di dalam inspect element tersebut
    icon device toolbar di inspect element
    icon device toolbar di inspect element
  4. Selanjutnya, pilih perangkat ponsel apa saja seperti iPhone X, Pixel 2, atau Galaxy S5.
    pilih opsi device galaxy s5
    pilih opsi device galaxy s5
    Setelahnya, muat ulang (reload/refresh) halaman dan tunggu beberapa saat
  5. Saat halaman tersebut kembali terbuka, pilih edisi Windows dan versi bahasa Win 10 yang akan diunduh, lalu tekan tombol Confirm
  6. Setelahnya, tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan opsi untuk mengunduh Windows 10 versi paling update
    tombol opsi download iso windows 10
    tombol opsi download iso windows 10
  7. Lakukan download seperti biasa dan tunggu proses download hingga selesai
  8. Anda sudah berhasil mendapatkan file unduhan Windows 10 dan siap di pasang pada komputer atau laptop Anda.

Nah, langkah di atas adalah cara cepat download Windows 10 resmi tanpa install aplikasi yang bisa Anda lakukan. Dalam hal ini, pastikan jika Anda menggunakan jaringan internet dengan kecepatan yang stabil agar proses download cenderung lebih cepat.


Selanjutnya, Anda bisa menginstal file ISO Windows 10 tersebut dengan menggunakan mount ISO ataupun membuat media bootable. Umumnya, pengguna kebanyakan menggunakan cara yang kedua, yaitu menggunakan bootable Windows dengan flashdisk. 


Selain itu, Anda juga harus memastikan jika device baik laptop atau PC yang Anda gunakan menunjang untuk menggunakan sistem Windows 10. Hal ini dikarenakan Windows 10 memiliki spesifikasi minimum yang harus dilengkapi.


Adapun spesifikasi minimum device untuk bisa menggunakan Windows 10 diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Menggunakan prosesor 1 GHz atau yang lebih cepat
  • Menggunakan RAM minimal 1 GB untuk 32-bit dan RAM minimum 2GB untuk 64-bit
  • Memiliki space kosong 16 GB untuk 32-bit dan 20 GB untuk 64-bit
  • Memiliki kartu grafis DirectX 9 atau yang lebih baru dengan menggunakan driver WDDM 1.0
  • Menggunakan display 1024 x 600 pixel

Tentu saja, jika Anda memiliki device dengan spesifikasi yang lebih tinggi daripada detail diatas, maka Windows 10 akan bekerja dengan lebih baik. Anda bisa mengecek spesifikasi device dengan memasukkan perintah DXDIAG pada menu Run.Demikian beberapa ulasan terkait cara cepat download Windows 10 resmi tanpa install aplikasi. Sebagai tambahan, Anda perlu membaca tentang cara untuk membuat bootable Windows guna memudahkan proses instalasi Windows 10. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post