Tuesday, May 18, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Dalam dunia bisnis online pasti Anda sudah sering melihat atau mendengar istilah – istilah seperti PCS, PO atau pun COD. Lantas, apa sih artinya dari istilah – istilah tersebut?

coffee shop bisnis online kekinian
coffee shop bisnis online kekinian

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan untuk Anda pengertian dari istilah – istilah tersebut. Mari kita mengenal istilah PCS, PO dan COD dalam bisnis online melalui informasi berikut ini. Let’s check these out!

Mengenal Istilah PCS, PO dan COD dalam Bisnis Online

PCS (Pieces)

PCS atau merupakan singkatan dari pieces artinya adalah item atau produk yang dijual, tersedia atau ready dalam toko online tersebut. Biasanya penjual akan menginformasikan stok produk dengan tambahan keterangan berapa pcs yang tersedia. Atau digunakan sebagai istilah menginformasikan jumlah produk yang terjual. Misalkan jumlah produk terjual sudah 15 pcs atau jumlah produk masih tersedia 15 pcs.


PO (Pre Order)

PO merupakan kependekan dari Pre Order. Sebagaimana yang kita tahu bahwa istilah ini seringkali didengar dalam kegiatan jual beli online. Arti dari PO sendiri adalah proses pemesanan suatu barang yang dipesan oleh pembeli dan akan dibuatkan atau disiapkan produk yang dipesan tersebut oleh pihak seller.


Dengan begitu sebagai akad pembayaran, pembeli atau buyer atau membayar sejumlah uang baik berupa DP atau full pembayaran dalam transaksi. Kemudian setelah pembayaran dilakukan si seller akan memesankan atau membuatkan produk tersebut untuk si pemesan dengan jumlah sesuai pesanan yang masuk.

COD (Cash on Delivery)

COD atau Cash On Delivery merupakan suatu cara pembelian dimana penjual dan pembeli yang melakukan transaksi online janjian akan bertemu di suatu tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Jadi pembeli dan penjual akad secara online namun produk tidak segera dikirimkan melainkan dibayar dan diterima pembeli dengan model tatap muka.


Dengan sistem COD, pembeli memungkinkan untuk mengecek barang apakah sesuai dengan pesanan atau tidak baru kemudian melakukan pembayaran. Dengan metode ini pembeli dapat meminimalisir terjadinya resiko penipuan.


Selain istilah – istilah di atas sebenarnya juga masih banyak istilah lain dalam bisnis online yang sering kita dengar, seperti:


  • Restock : artinya barang yang dipromosikan akan tersedia kembali jadi bisa dibeli lagi
  • Ready stock : barang yang tersedia dan bisa dibeli oleh pembeli
  • Reseller : orang yang akan menjual kembali barang dagangan tangan pertama. Artinya calon orang yang akan menjadi kaki tangan dari penjual yang nantinya menjual kembali barang penjual kepada orang lain.
  • Out of stock : artinya barang sudah kosong maka pembeli harus menunggu sampai stock kembali ready atau produk bisa dipesan kembali
  • Sold : semua barang yang diupload sudah terjual habis
  • Refund : pembatalan transaksi yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Biasanya refund terjadi jika ada kesalahan teknis seperti uang sudah terlanjur ditransfer akan tetapi stok barang kosong atau masalah lain yang memungkinkan kepada pembeli untuk meminta pengembalian uang atau refund.
  • Testimoni : Pernyataan pembeli tentang suatu produk apakah produk tersebut layak dibeli atau tidak. Biasanya semakin baik testimoni pembeli maka akan semakin terpercaya toko online tersebut. Testimoni juga bisa menjadi rujukan bagi pelanggan lain untuk memastikan membeli di toko online tersebut atau tidak.

Itulah mengenai istilah PCS, PO, dan COD dalam bisnis online serta informasi rujukan tentang cara memulai bisnis online, semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post