Monday, June 28, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Hyperlapse adalah sebuah video yang dibuat dari kumpulan foto yang disusun secara berurutan sehingga objek foto yang diam bisa tampak bergerak. Hyperlapse hampir mirip dengan Timelapse. Ia adalah teknik mengabadikan objek secara berurutan kemudian objek tersebut dibuat menjadi film. Hanya saja, Hyperlapse memasukkan pergerakan kamera, sementara Timelapse kameranya hanya diam.


Jadi objek yang diambil hanya berasal dari sudut yang sama (jikapun bergerak paling jauh hanya 1 meter), sementara Hyperlapse bisa berubah-ubah sudutnya (bisa sampai 500 meter). Untuk membuat sebuah video yang menggunakan teknik Hyperlapse, Anda bisa memakai jenis kamera apa saja. Bisa memakai smartphone, kamera DSLR atau yang lebih profesional. Jadi teknik ini tidak dipengaruhi perangkat apa yang Anda pakai.


Apabila Anda ingin membuat video menggunakan teknik hyperlapse ini, berikut ini adalah caranya:

Cara Membuat Hyperlapse di HP atau Kamera DSLR

ilustrasi pergerakan foto hyperlapse
ilustrasi pergerakan foto hyperlapse

Cara 1: Membuat Hyperlapse di HP

Adapun beberapa barang yang Anda butuhkan:


  • Kamera HP
  • Tripod
  • Software After Effect / Final Cut Pro (aplikasi ini berguna untuk menstabilkan getaran)
  • Aplikasi Camera FV-5 Pro (Unduh di PlayStore)

Setelah memiliki itu semua, selanjutnya tinggal menentukan objek gambar apa yang ingin Anda tangkap. Sebelum itu, simak beberapa tips dalam pengambilan gambar agar Hyperlapse Anda jadi sesuai dengan keinginan:


  1. Anda harus konsisten dalam framing objek
  2. Anda harus punya patokan setiap kali ingin bergerak atau berganti sudut dalam memotret objek. Agar saat editing nanti videonya tidak bergetar
  3. Lakukan setting kamera pada aplikasi FV-5 dengan mengubah bagian 'Interval' menjadi 10 detik
  4. Tiap kali melakukan perpindahan, Anda bisa berpindah sejauh 20 cm. Lakukan dengan konsisten
  5. Tiap 100 foto, hanya akan menghasilkan 4 detik saja. Minimal foto yang sebaiknya Anda ambil saat berada di sudut tertentu adalah 100 foto (minimal, bukan maksimal)

Setelah memperoleh foto untuk membuat Hyperlapse, Anda bisa masuk ke tahap editing. Sebagai rekomendasi, gunakanlah software di atas: After Effect atau Final Cut Pro. Itu adalah software editing terbaik yang sayangnya berbayar.


Jika ingin memakai aplikasi Android, Anda bisa mencoba menggunakan Kinemaster, Filmora atau yang lainnya.

Cara 2: Membuat Hyperlapse dari Kamera DSLR

Sama seperti membuat Hyperlapse dari kamera HP. Bedanya paling di sini Anda harus mensetting kamera dulu supaya mendapatkan exposure yang tepat.


Barang yang Anda butuhkan juga sama:


  • Kamera DSLR
  • Tripod
  • Aplikasi editing

Tanpa menggunakan Tripod juga bisa. Hanya saja, agar hasilnya stabil, memakai tripod sangat kami rekomendasikan. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Hyperlapse dari kamera DSLR.


  1. Tentukan objek yang ingin Anda ambil
  2. Lalu tentukan sudut pengambilan gambar
  3. Tiap selesai mengambil 1 jepretan, ubah sudut kamera Anda atau bergeser atau mundur atau maju. Untuk jarak geser, semuanya harus sama dan konsisten. Agar hasil videonya tidak bergetar
  4. Buatlah patokan, memakai apa saja, misal jarak sepatu Anda, batako tempat Anda berpijak, atau membuat ukuran jarak sendiri, misal 20 cm atau 10 cm per gerakan
  5. Setelah itu tinggal Anda ambil foto objek dan ubah sudut gerakan sedikit demi sedikit
  6. Setelah memperoleh daftar gambar yang banyak, dan sudah cukup untuk membuat sepenggal video hyperlapse, Anda bisa mengakhirinya dan mulai masuk ke tahap editing

Cara Mengedit Video Hyperlapse

Gunakanlah aplikasi atau software favorit Anda. Kami merekomendasikan memakai software After Effect. Bisa juga memakai aplikasi HP, karena di sini tugas Anda hanya menggabungkan daftar foto tersebut menjadi video. Jadi memakai aplikasi apa saja sebenarnya bisa.


  1. Buka aplikasi edit video Anda
  2. Lalu masukkan foto-foto yang sudah Anda ambil secara berurutan
  3. Ubah durasi semua  foto menjadi 0.01
  4. Lalu tambahkan musik agar lebih asik
  5. Kemudian simpan

Mudah bukan? Sekian pembahasan mengenai arti hyperlapse adalah sebagaimana yang telah dijabarkan diatas. Selamat mencoba teknik fotografi ini ya!

Next article Next Post
Previous article Previous Post