Monday, August 9, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Voice note menjadi salah satu istilah yang sangat akrab bagi pengguna WhatsApp. Namun sebenarnya, apa arti Arti Voice Note Dan Cara Penggunaanya ? Tentu, nyaris semua orang tahu, apa itu voice note, dan bagaimana menggunakannya. Namun, tetap saja masih ada segelintir orang yang bertanya-tanya. Khususnya bagi orang tua yang baru saja menggunakan aplikasi satu ini. Biasanya, para pengguna Wa akan menyingkat Voice note menjadi VN.

Pengertian Voice Note

Arti Voice Note adalah pesan suara. Di mana, ketika menggunakan aplikasi WA, kamu bisa menemukan fitur ini di dalamnya. Dan sebelum menggunakannya, kamu memang harus mengertahui Arti Voice Note Dan Cara Penggunaanya terlebih dahulu. Dengan adanya Voice Note, kamu bisa mengirimkan pesan dengan bentuk suara atau audio kepada siapapun.

arti voice note whatsapp
arti voice note whatsapp

Menariknya, fitur VN yang disediakan oleh WA berbeda dengan fitur panggilan yang memungknkan kamu untuk menelpon orang lain, sehingga kedua pihak memang meski berbicara satu sama lain di waktu yang bersamaan.


Sementara VN ini bisa dikatakan lebih mirip dengan chatting, hanya saja ia menggunakan basis berupa dalam bentuk suara. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengetik panjang lebar. Bagi sebagian orang, keberadaan fitur VN ini sangat membantu.


Karena memang terkadang, ada beberapa kondisi, di mana seseorang akan jauh lebih nyaman ketika membalas pesan dengan menggunakan suara. Khususnya ketika melakukan beberapa kegiatan yang tidak begitu memungkinkan untuk mengetik pesan.


Misal, ketika sedang berada di kendaraan, sedang makan, ataupun aktivitas yang lainnya. Sehingga, hanya dengan sekali klik saja, kamu sudah bisa menyampaikan maksud dan tujuan dari balasan chatting yang ingin kamu balas. Tentu, hal ini akan sangat membantu kamu. Selain itu, fitur ini juga sangat membantu bagi kamu yang sedang malas ngetik panjang-panjang.


Bahkan, keberadaan voice note juga bisa meminimalisir kesalahpahaman. Di mana, dengan menggunakannya, maka maksud dan tujuan pesan bisa dimengerti lebih mudah oleh penerima pesan.


Karena biasanya, tidak semua orang dapat membaca teks dengan tepat, dan tidak semua orang bisa menulis dengan tepat. Ada tanda baca yang meski diperhatikan demi meminimalisir hal tersebut.


Maka, dengan keberadaan voice note, hal-hal teknis seperti itu bisa teratasi dengan sangat mudah. Sebab ketika berbicara, kamu bisa memainkan intonasi, sesuai dengan yang kamu inginkan. Apakah kalimat tersebut ditujukan untuk hal yang serius, bercanda, atau yang lainnya.


Hal yang paling menarik dari fitur voice note ini adalah durasinya. Di mana, kamu bisa mengirimkan pesan suara yang terbilang cukup panjang kepada siapapun. Sehingga, ketika kamu memang benar-benar harus menjelasan sebuah perkara panjang lebar, kamu bisa menggunakan fitur voice note ini saja.

Cara Penggunaan Voice Note (VN)

Setelah mengetahui arti voice note, maka waktunya kamu tahu seputar cara penggunaannya. Hal ini agar mempermudah kamu ketika akan menggunakan fitur voice note yang ada pada ponsel kamu. Untuk cara penggunaan voice note terbilang sangat gampang. Kamu tidak perlu melakukan sekelumit cara-cara yang susah. Perhatikan cara berikut.

Mengirim voice note singkat

Ketika akan membuat pesan voice note, kamu bisa mempertimbangkan dahulu durasi pesannya.  Singkat atau panjang. Jika durasi pendek, maka kamu bisa melakukan cara berikut:


  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel.
  2. Cari kotak ataupun grup yang akan kamu kirimkan pesan.
  3. Tap, lalu tahan ikon bentuk mikrofon. Letaknya ada di bagian bawah sebelah kanan. Tahan sampai pesan yang akan kamu kirim selesai. Apabila sudah, lepaskan. Maka dengan demikian, pesan kamu sudah terkirim kepada penerima.

Mengirim voice note panjang

Sementara itu, jika kamu akan mengirimkan pesan yang lumayan panjang, maka kamu meski melakukan cara yang sedikit berbeda

kirim voice note panjang
kirim voice note panjang

  1. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik salah satu kontak kamu ataupun grup yang akan kamu kirimkan voice note.
  2. Tap, dan tahan pada ikon mic, kemudian, tarik ke atas ikon tersebut, lepaskan, dan berbicara. Apabila semua pesan sudah selesai, kamu tinggal mengklik ikon segitiga ataupun pesawat yang ada di bagian bawah sebelah kanan. Dengan demikian, pesan suara yang sudah kamu buat telah terkirim dan masuk ke penerimanya.

Mungkin, begitu selesai mengirimkan voice note, kamu merasa penasaran, apakah pesan tersebut sudah didengarkan atau belum. Ia kan? Nah untuk mengetahuinya sangat gampang. Kamu cukup melihat apakah sudah centang biru atau belum. Jika sudah, itu tandanya pesan kamu sudah dibaca. Namun, bagaimana jika kasusnya di grup? Kamu cukup lihat pesan voice note yang sudah dikirim, kemudian tahan pesan tersebut, lalu klik titik tiga pada bagian atas sebelah kanan. Di sana sudah terdapat daftar nama yang sudah membaca pesan kamu.


Demikian seputar arti voice note dan cara penggunaannya. Jika ke depan kamu malas ngetik ataupun sedang tidak memungkinkan untuk 'ngetik', maka kamu bisa menggunakan cara ini. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post