Friday, August 13, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pernah kepikiran dengan teknologi yang bisa mengubah tulisan menjadi suara? Tak hanya kepikiran, sudahkah Anda menyadari kalau sekarang sudah berseliweran teknologi-teknologi tersebut di sekeliling kita.


Dimulai dari Google Translate; dia merupakan pendahulu dari teknologi pengubah tulisan menjadi suara, kemudian ada beberapa tool online lainnya. Dan yang paling viral sekarang disebabkan oleh TikTok. Untuk memahami lebih jelas mengenai teknologi ubah teks jadi suara, simak penjelasan di bawah:

Apa itu Sound Text dan Teknologi Text to Speech

Teknologi itu dinamai dengan sound of text, bisa juga disebut sebagai text to speech. Kedua teknologi ini memiliki fungsi dan cara kerja yang sama.

sound of text wa terbaru
sound of text wa terbaru

Mereka mengubah tulisan yang kita masukkan (tersedia berbagai Bahasa di dunia), lalu mengconvert-nya menjadi suara yang disimpan dalam bentuk file MP3, ada juga yang menyediakan file WAV siap unduh.


Di dalam teknologi ini, kita bisa mengatur suara yang keluar itu seperti apa. Anda bisa mengatur: jenis suara (suara wanita, pria, suara robot, kartun, anime, suara tokoh terkenal, bayi, suara robot dan lain-lain), mengatur volume, kecepatan pelafalan, jeda pengucapan, emphasis, tekanan dan efek suara.


Tapi tidak semua teknologi sound of text/text to speech, menyediakan fitur-fitur tersebut. Tapi tool sound of text yang terbaik dan lengkap umumnya harus memiliki fitur-fitur di atas.

Asal Mula Sound of Text

Sulit mengetahui siapa penemu dan pengguna pertama teknologi ini. Namun saat ini diketahui kalau Google Translate adalah yang pertama memulai. Kita tahu sendiri Google Translate sudah ada sejak lama.


Sound text bukanlah teknologi baru. Namun di tahun ini ia naik kembali diangkat oleh nama besar TikTok, sebuah platform berbagai video pendek dari 3 detik hingga 3 menit.


Di TikTok, terdapat sebuah fitur bernama Text to Speech. Fitur ini rilis akhir tahun 2020 lalu. Namun yang baru bisa merasakan fitur ini kebanyakan dari pengguna TikTok Amerika. Tapi barangkali di akun Anda sudah muncul, begini cara menggunakannya:


  1. Buka aplikasi TikTok, lalu buat video seperti biasa
  2. Saat di tahap editing video, klik bagian 'Teks'
  3. Kemudian masukkan teks yang akan diubah menjadi suara
  4. Setelah mengetik, klik selesai. Lalu klik teks tersebut. Nantinya ada 3 pilihan (atur durasi, edit teks dan text to speech)
  5. Pilih 'Text to Speech', maka tulisan akan dibaca oleh robot TikTok
cara pakai sound of text di TikTok
cara pakai sound of text di TikTok
Ada beberapa sound of text TikTok yang viral di dunia per-TikTokan. Lalu kebanyakan sound ini dibuat menjadi nada dering panggilan atau pesan di WhatsApp.

Contoh Nada Nada Dering Sound of Text yang Sempat Viral

#1: Chagiya Muncha Washo

'Chagiya Muncha Washo' adalah sound of text atau sebut saja nada dering yang berbahasa Korea. Disuarakan oleh suara anak kecil wanita imut, dengan nada yang dibuat manja.


Chagiya Muncha Washo berarti, "Sayang, ada pesan masuk."


Tertarik menggunakan nada dering ini?


Selain 'Chagiya Muncha Washo', ada juga sound of text 'Chagiya Ireona', atau 'Chagiya Saranghae'. Yang tersebar di TikTok, ada yang diucapkan langsung oleh robot, ada juga audio yang diambil dari suara para idol Korea.

#2: Nani Ohayo / Darling Ohayou

Selain Bahasa Korea, ada juga Bahasa Jepang. Sebenarnya banyak orang salah tangkap dengan nada dering ini. Bukan Nani Ohayo, tapi Darling Ohayo.


Darling artinya 'Sayang', sementara Ohayo, artinya 'Selamat Pagi'. Sebenarnya dia bukanlah sound of text, ini adalah suara dari voice actor (manusia asli) yang mengisi suara karakter Zero Two (02). Dia adalah karakter (MC) dari anime berjudul Darling in The Franxx.


'Darling Ohayo', adalah ucapan selamat pagi yang ditujukan pada pacarnya, Hiro. Manis sekali suaranya, dia adalah waifu (istri) sejuta umat.

Cara Buat Nada Dering Sound of Text WA

Sound of text memiliki banyak kegunaan, di antaranya adalah digunakan untuk mengisi suara di dalam video TikTok atau YouTube, dijadikan audiobook, pengisi suara di Bandara, pengisis suara iklan, video pembelajaran dan sebagai nada dering WhatsApp.


Berbicara soal nada dering WA, ada beberapa variasi suara nada dering yang bisa dibuat. Seperti, suara nada dering Bahasa Korea (suara BTS), Spongebob, suara orang Jawa dan Sunda, suara pria-wanita dan suara bayi.


Berikut adalah kumpulan caranya:

1. Bahasa Korea / Suara BTS (soundoftext.com)

'Suara BTS' itu hanya judul. Aslinya belum tersedia teknologi sound of text khusus yang bisa mengubah tulisan menjadi suara BTS. Kita hanya bisa membuat suara berbahasa Korea saja.


Tool yang akan kita gunakan adalah soundoftext.com. Dengan tool ini kita bisa memilih banyak Bahasa salah satunya Bahasa Korea. Cara penggunaannya sangat simpel, hanya butuh beberapa langkah.

Cara:

  1. Buka link: http://soundoftext.com
  2. Masukkan teks di kolom yang tersedia
  3. Kemudian pilih Bahasa Korea
  4. Klik 'Submit'
  5. Kemudian unduh file Mp3 yang muncul
  6. Selesai

2. Bahasa Sunda dan Jawa (voiceoftext.com)

Jarang ada sound of text Jawa atau Sunda yang menggunakan berbahasa daerah. Tapi di situs/tool voiceoftext.com, mereka menyediakannya.


Suara yang bisa kita pakai ini hanya 1. Yaitu suara robot khas Google. Suara yang dihasilkan seperti yang ada di Google Translate, hanya saja di sini kita bisa menemukan fitur unduh MP3.

Sound of text bahasa Daerah Sunda
Sound of text bahasa Daerah Sunda

  1. Buka link: http://voiceoftext.com
  2. Kemudian pilih Bahasa. Pilihan Sunda atau Jawa ada di pilihan paling bawah
  3. Lalu masukkan teks di kolom yang sudah tersedia. Maksimal 250 teks. Pastikan Anda memasukkan kalimat dalam Bahasa Jawa/Sunda
  4. Kemudian klik 'Convert to Voice'
  5. Lalu klik gambar tanda panah ke bawah > klik titik tiga > klik 'Download'

3. Suara Bayi (voicemaker.in)

Di situs voicemaker.in, ada banyak fitur mulai dari: mengatur efek suara, emphasis, pauses, volume, jeda, ada juga pilihan Neural TTS untuk membuat hasil audio terdengar alami.


Terdapat banyak jenis suara wanita dan pria yang bisa dipakai: suara wanita dewasa, pria dewasa, suara wanita kecil dan suara pria kecil. Dalam tanda petik, bukan suara bayi, tapi suara anak kecil.


  1. Buka link: http://voicemaker.in
  2. Masukkan teks pada pilihan 'Text'
  3. Pilih 'Neural TTS'
    Buat sound of text suara bayi di Voice Maker
    Buat sound of text suara bayi di Voice Maker

  4. Kemudian pilih Bahasa dan Suara
  5. Untuk menggunakan suara anak kecil, pilih yang ada label 'Children'
  6. Klik 'Convert to MP3'
  7. Terakhir 'Download MP3'

4. Suara Pria dan Wanita (freetts.com)

Di situs freetts.com, kita bisa memakai lebih dari 5.000 karakter. Tak seperti situs yang lain, yang kebanyakan hanya 500 karakter saja. Namun jumlah ini dibatasi, kita memiliki limit 6.000 karakter per minggu.


Jika ingin menggunakan jumlah karakter tanpa batas, misalnya 1.000.000 karakter per 24 jam, maka naikkan level keanggotaan Anda, alias bayar.


  1. Buka link: http://freetts.com
  2. Masukkan teks di kolom yang disediakan
  3. Lalu pilih 'Bahasa'
  4. Pilih jenis suara. Untuk suara pria, pilih yang ada label 'Male', sementara wanita adalah 'Female'. Di situs ini ada banyak warna suara wanita/pria
  5. Klik 'Convert to MP3'
  6. Terakhir klik 'Download MP3'

5. Suara Spongebob (vo.codes)

Ada 1 kelemahan situs ini, ia hanya bisa dipakai dalam Bahasa Inggris. Sampai saat ini, belum tersedia Bahasa yang lain.


Selain Spongebob, ada beberapa kartun/anime yang suaranya bisa kita pakai. Misalnya suara Mr. Krabs, Squidward, Bart Simpson, Lisa Simpson, Goku Dragon Ball, Vegeta Dragon Ball dan lain-lain.


  1. Buka link: http://vo.codes
  2. Pilih kategori suara menjadi 'Cartoons and Anime'
  3. Pada menu 'Info Speaker', pilih suara 'Spongebob Squarepants'
  4. Lalu klik 'Speak'
  5. Setelah klik tombol itu, suara pun akan keluar. Untuk mengunduhnya, buka menu 'Result'
  6. Tekan tombol 'Download'

Itulah beberapa variasi nada dering WA yang bisa kita buat. Pilih suara mana yang Anda ingin jadikan nada dering. Ambil file 'MP3' dari tutorial di atas.


Setelah memiliki file MP3, sekarang kita masuk ke tahap cara memasangnya di WhatsApp.

Cara Memasang Nada Dering Sound of Text WA di Android

Nada dering yang tersedia di WhatsApp itu default (disediakan sendiri oleh aplikasi). Jika Anda ingin menambahkan nada dering baru, kita bisa melakukannya secara manual.


  1. Buka aplikasi 'My Files' atau 'File Manager' di Android Anda
  2. Setelah itu pilih 'Internal Storage' atau 'Penyimpanan Internal'
    Folder Tambah Ringtone secara manual di Internal Storage
    Folder Tambah Ringtone secara manual di Internal Storage
  3. Cari folder bernama 'Ringtones'
  4. Pindahkan file MP3 yang ingin dijadikan nada dering ke folder tersebut

Setelah kita pindahkan ke folder 'Ringtones', maka seharusnya file sound of text kita sudah muncul di daftar nada dering aplikasi WhatsApp.


  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Masuk ke menu 'Pengaturan'
  3. Buka 'Notifikasi'
    Pasang sound of text jadi notif WA
    Pasang sound of text jadi notif WA
  4. Lalu pilih 'Nada Notifikasi'
  5. Pilih nama file MP3 yang barusan Anda pindahkan ke folder 'Ringtones'

Selesai. Mudah bukan?


Langkah ini hanya bisa dipakai oleh pengguna Android. Bagaimana dengan iPhone?

Cara Memasang Nada Dering Sound of Text WA di iPhone

Perangkat iOS atau pengguna iPhone, juga bisa memakai sound of text. Tapi sayangnya untuk cara pemasangan nada dering di WA, sangat berbeda dengan tutorial yang kita pakai di Android.


Setidaknya itulah yang berlaku untuk iPhone 9 dan 9 ke atas. Sementara untuk versi di bawahnya, kita bisa mengaturnya melalui aplikasi WhatsApp langsung (hampir sama dengan pengaturan Android).


Tapi permasalahannya ini, "Bagaimana cara menambahkan nada dering baru ke nada dering default iPhone?"


Ada sebuah cara, ini agak rumit. Sediakan beberapa bahan ini sebelum memulai langkah-langkahnya:


  • File MP3 Sound of Text yang siap pakai
  • Aplikasi Ringtone Designer 2.0 (unduh di AppStore)
  • PC/Laptop
  • Software iTunes di PC

Dan berikut adalah langkah-langkah memasang sound of text WA di iPhone:


  1. Import file MP3 yang akan diubah menjadi nada dering ke Library MP3 di iPhone
  2. Tahap selanjutnya, buka aplikasi Ringtone Designer 2.0
  3. Pilih file MP3 yang sudah Anda import ke Library barusan
  4. Nantinya akan muncul 'Audio Waveform' serta 2 buah selector. Gunakan selector untuk mengatur panjang pendek durasi nada dering
  5. Setelah sesuai, tap tombol 'Save'
  6. Hubungkan HP iPhone dengan PC, sebelum itu jalankan iTunes di PC. Gunakan kabel asli bawaan iPhone ya!
  7. Kemudian buka iTunes di PC. Buka tab App, lalu scroll ke bawah, cari menu 'File Sharing'
  8. Di dalam menu tersebut, cari ikon Ringtone Designer 2.0. Lalu buka, nantinya kita akan melihat file audio nada dering yang tadi kita atur tersebut
  9. Selanjutnya simpan file MP3 itu ke penyimpanan di PC
  10. File MP3 tersebut akan berubah menjadi M4R di PC
  11. Lalu pindahkan file M4R tersebut ke perangkat HP iPhone lagi. Caranya dengan men-drag and drop file tersebut melalui iTunes
  12. Buka iPhone Anda yang terbuka di iTunes. Lalu buka tab 'Tones'
  13. Lakukan Sync. Gunanya agar ringtone tersinkronisasi di iPhone Anda
  14. Setelah itu buka 'Settings' di iPhone Anda. Pilih 'Sound', kemudian pilih 'Ringtone'
  15. Gunakan nada dering baru yang Anda tambahkan barusan
  16. Selesai. Alhamdulillah

Ada 1 hal yang perlu Anda ketahui. Mengubah nada dering iPhone, akan mengubah semua nada dering aplikasi di iPhone.


Maksudnya, jika kita ingin mengubah nada dering WA, kita tidak bisa hanya mengubah nada dering di WA. Semua notifikasi aplikasi akan berbunyi sama. Tidak bisa dikelompok-kelompokkan nada deringnya. Tapi di iPhone, kita bisa menyesuaikan nada dering sesuai nomor kontak.

Tips-Tips Buat Sound of Text di WA yang Menarik

Bagi Anda yang kebingungan mau membuat sound of text seperti apa, kami memiliki beberapa ide-ide unik membuat sound of text WA sebagai nada dering suara robot yang keren dan unik.

Sound of Text Berbahasa Asing

Sound of text menyediakan hampir seluruh Bahasa asing di dunia. Mulai dari Bahasa Inggris, Korea, Jepang dan lain-lain. Katakan kata-kata manis dalam Bahasa Asing, dan jangan biarkan orang mengetahui artinya.


Misalnya, "Saranghae Oppa", "Paboyaaaaaa!!!" "Yamete Oneechan", "Suki suki suki suki", "Hey baby girl, you have unread message" dan lain-lain.

Sound of Text Menyebutkan Nama Kita

Tips/ide yang lain, coba tuliskan nama Anda untuk dibaca sistem sound of text.


Contohnya, "Budi, ada pesan nih", "Mbak Salsa, kamu punya 1 pesan belum dibaca", "Kamu sibuk ngapain aja sih Sulastri, ada panggilan masuk ini loo" dan sebagainya.

Sound of Text dari TikTok

Kita juga bisa memakai sound of text yang viral di TikTok, misalnya Darling Ohayo tadi, atau Chagiya Muncha Washo, Chagiya Ireona, Arigato  Oneechan Kimochi Dattebayo, dan lain-lain.


Caranya cukup Anda convert video ke dalam MP3, kemudian ikuti langkah-langkah mengubah MP3 tersebut menjadi nada dering WA.

Sound of Text Suara Kartun dan Anime

Kita juga bisa meniru suara beberapa kartun terkenal atau anime terkenal. Gunakan tool dari Vo.codes. Di sana juga tersedia beberapa jenis suara orang terkenal, misalnya presiden US, karakter game, karakter film, YouTuber, streamer dan lain-lain.


Bebaskan kreativitas Anda. Dan buat sound of text semenarik mungkin.

Next article Next Post
Previous article Previous Post