Friday, September 3, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kenapa harus pasang iklan di Google? Jika Anda belum tahu, ada sekitar 90% pengguna internet Indonesia menggunakan Google untuk mencari apa yang mereka inginkan. Fenomena luar biasa ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadikan Google platform untuk beriklan yang efektif.

cara pasang iklan di google ads
cara pasang iklan di google ads

Google juga menyediakan layanan yang bernama Google Ads, yang memungkinkan Anda bisa menampilkan iklan di hasil pencarian Google menggunakan keyword tertentu. Terus, bagaimana cara pasang iklan di Google? Simak kelanjutannya di ulasan berikut ini:

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pasang Iklan di Google

1. Tentukan Tujuan Iklan

Pertama yang harus Anda persiapkan sebelum memasang iklan di Google adalah menentukan tujuan iklan terlebih dahulu. 

tentukan goal pasang iklan di google
tentukan goal pasang iklan di google

Ada berbagai macam tujuan iklan di Google, di antaranya adalah:


  • Meningkatkan traffic website.
  • Meningkatkan panggilan telepon.
  • Mendorong calon pelanggan untuk datang ke toko fisik.
  • Brand awareness.
  • Conversion dan lain sebagainya.

2. Pilih Tempat / Lokasi untuk Target Beriklan

Dengan bantuan Google Ads, Anda bisa memilih tempat/lokasi iklan sendiri, misalnya saja jarak tertentu dari lokasi toko fisik. Intinya, Anda bisa mengatur apakah iklan akan ditampilkan di area tertentu saja atau yang menjangkau seluruh wilayah/negara.

pengaturan target lokasi google ads di level campaign
pengaturan target lokasi google ads di level campaign

Misal kamu ingin memilih Indonesia sebagai lokasi beriklan, maka bisa memilih kota-kota di Indonesia (yang dekat dengan tempat operasional bisnis) agar lebih tepat sasaran. Berdasarkan pengalaman tim di Sebuahutas.com, ada baiknya kamu menargetkan dalam lingku provinsi seperti berikut ini untuk Indonesia:


  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • Bali
  • DKI Jakarta
  • Yogyakarta

3. Riset Keyword

Hal lain yang harus Anda lakukan sebelum beriklan di Google adalah riset keyword alias kata kunci. Menargetkan keyword yang tepat dan relevan dengan bisnis Anda sangat penting, dan sangat mempengaruhi keberhasilan kampanye iklan di Google.

cara pakai fitur keyword planner untuk riset kata kunci
cara pakai fitur keyword planner untuk riset kata kunci

Anda bisa meriset keyword yang paling relevan dengan bisnis Anda dan keyword yang paling sering digunakan oleh pengguna internet. Anda bisa menggunakan tool untuk riset keyword seperti:


  • KWFinder
  • Google Keyword Planner
  • Google Suggest dan masih banyak yang lainnya

4. Tentukan Anggaran Biaya

Hal terakhir yang harus dilakukan sebelum pasang iklan di Google adalah menentukan anggaran biaya. Hal ini sangat penting, karena Anda bisa menentukan jenis Google Ads yang bagaimana yang ingin digunakan.


Ketika menentukan anggaran iklan di Google, hal-hal yang harus diperhatikan adalah:


  • Kapasitas bisnis
  • Ketersediaan anggaran
  • Profit yang diinginkan

Sebenarnya, semakin banyak bujet iklan yang dikeluarkan, semakin banyak pula kunjungan, yang akan menghasilkan penjualan yang besar dan keuntungan yang banyak. Namun tidak perlu khawatir, beriklan di Google Ads sangat fleksibel, bujet kecil pun juga tetap bisa beriklan di sana.

Cara Pasang Iklan di Google Ads

  1. Pertama, Anda bisa buka browser dan mengunjungi https://ads.google.com/home/
  2. Setelah Google Ads terbuka, scroll ke bawah dan klik Mulai Sekarang.
  3. Selanjutnya tentukan tujuan campaign, apakah website traffic, brand awareness, sales, leads, product and brand consideration, reach, app promotion, dst.
    pengaturan campaign dan ad group di google ads
    pengaturan campaign (1) dan ad group (2) di google ads

  4. Selanjutnya pilih jenis tampilan di Google Ads, apakah Search Ads, Shopping Ads, Display Ads, Video Ads dan Universal Ads.
  5. Setelah pilih salah satu jenis tampilan yang Anda inginkan, klik Continue untuk melanjutkan.
  6. Selanjutnya pilih target lokasi dan bahasa yang digunakan, misalnya saja hanya ingin menarget calon pelanggan potensial di Indonesia, maka bisa memilih lokasi dan bahasa Indonesia.
  7. Jika sudah, sekarang tentukan target audiens, yaitu mereka yang Anda inginkan untuk melihat iklan di Google Ads. 
  8. Anda bisa memilih target audiens berdasarkan demografi, kesukaan, behavior, aktivitas di Google Search, bagaimana mereka berinteraksi dengan bisnis Anda dan lain sebagainya.
  9. Sekarang Anda bisa menentukan anggaran harian, atau anggaran maksimal yang bisa Anda keluarkan setiap hari. Anggaran ini tergantung pada biaya klik per keyword atau berapa klik yang didapatkan dalam satu hari.
  10. Jika keyword yang dipilih kompetitif, maka biaya yang dibutuhkan akan lebih banyak. Hal ini selaras dengan jumlah klik yang akan didapatkan pada hari itu.
  11. Selanjutnya tentukan bidding, bisa dengan mempercayakan Google atau melakukan bidding secara manual. Mempercayakan Google untuk menilai biaya per klik lebih disarankan, daripada menentukan bidding secara manual. Jika bidding terlalu rendah, iklan tidak akan muncul. Namun jika bidding terlalu tinggi, maka akan memboroskan anggaran.
  12. Jika sudah, sekarang tambahkan informasi lain mengenai bisnis lalu klik Save and Continue.
  13. Setelahnya masukkan keyword yang akan digunakan, lalu klik Save and Continue.
  14. Selanjutnya buat judul dan deskripsi iklan di kolom yang disediakan oleh Google, jika sudah klik Save and Continue.
  15. Selanjutnya siapkan detail penagihan, yang berisi negara dan zona waktu, info pelanggan, cara pembayaran, metode pembayaran.
  16. Jika sudah, centang I Agree to the Google Ads terms and conditions lalu klik Submit.
  17. Setelahnya Anda akan menerima form rekening tagihan iklan, lalu transfer sesuai dengan cara dan metode pembayaran yang Anda pilih sebelumnya.
  18. Setelah pembayaran selesai dan iklan disetujui, maka iklan tersebut akan tayang sesuai dengan tampilan yang ditentukan sebelumnya.
    monitoring performa google ads dan buat campaign baru
    monitoring performa google ads (1) atau buat campaign baru (2)

Cara pasang iklan di Google tidak sesulit yang Anda bayangkan, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri karena mudah dan cepat. Namun, sebelum mengetahui cara pasang iklan di Google, rencanakan dengan matang terlebih dahulu, seperti tujuan iklan, tempat iklan, keyword dan anggaran biaya untuk beriklan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post