Monday, September 20, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kita perlu memberikan kesan mendalam saat interview kerja. Semua dimulai dengan persiapan yang matang. Mengetahui apa yang harus dibawa dan katakan akan menentukan apakah Anda akan segera direkrut atau tidak. Kalau Anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, maka perhatikan bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi interview dan sukses menjalaninya. 

Beberapa Persiapan Interview Kerja Agar Cepat Direkrut 

persiapan dalam interview kerja
persiapan dalam interview kerja
Tiap lowongan ada banyak kandidat yang melamar dan berminat untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Jadi, agar mudah diingat, Anda harus membuat diri lebih mudah dikenali sejak awal. Lakukan beberapa persiapan interview kerja berikut untuk mendapati profesi yang Anda inginkan. 


1. Siapkan Dokumen Wawancara

Datanglah pada wawancara dengan persiapan matang. Hal utama yang perlu disiapkan adalah dokumen seperti fotocopy ijazah, KTP, KK dan resume yang sudah anda kirim via email. Ini juga akan menenangkan hati Anda yang grogi saat akan menghadapi wawancara untuk pekerjaan tertentu. 

2. Cari Informasi Relevan 

Interview kerja bisa dilakukan secara online dan offline sekarang. Jadi, Anda perlu melakukan persiapan efektif dan efisien, cari informasi mengenai perusahaan yang Anda lamar. Apakah visi, misi dan keadaan perusahaan. Anda juga perlu mencari tahu mengenai tanggung jawab dan hak dari posisi yang Anda lamar. 

3. Datang Tepat Waktu 

Kesan pertama akan lebih membekas, jadi berusahalah meninggalkan aura profesionalisme, diawali dengan tepat waktu. Anda akan mendapatkan poin tersendiri kalau bisa disiplin dan menghargai waktu Anda dan orang lain. Usahakan datang 10 menit atau 30 menit lebih awal sebelum waktu yang dijanjikan. Jadi, Anda memberikan kesan kuat sejak pertama. 

4. Pilihan Busana

Datanglah ke interview pekerjaan dengan pakaian yang pantas. Walaupun Anda belum jadi karyawan di sana, setidaknya bisa menunjukkannya. Jadi, Anda bisa langsung bekerja keesokan harinya, kalau memberikan kesan yang sangat mendalam. Semua diawali dari pilihan pakaian yang tepat. 

5. Siapkan Jawaban Pertanyaan 

Interview berarti ada beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan. Anda yang akan diwawancara perlu menjawab dengan cepat dan memuaskan. Cobalah untuk mempersiapkan jawaban untuk interview agar tidak grogi dan memiliki pilihan jawaban yang tepat. Apapun yang diputuskan, Anda yang mau memberikan jawaban yang cerdas juga terbaik. 

6. Berlatih di rumah 

Latihan akan membuat segala sesuatu lebih mudah. Ini berarti Anda sudah melakukan persiapan interview kerja yang benar-benar matang. Ulangi jawaban yang Akan Anda jawab dengan cepat dan ringkas. Lihat pada kaca bagaimana Anda bertanya dan menjawab. Kalau perlu, buat simulasi wawancara dengan pihak lain dan mintalah masukkan yang membangun. 

7. Pastikan Media Sosial Positif

Pemeriksaaan latar belakang bukan hanya dilihat dari resume atau CV. Perusahaan juga bisa memeriksa media sosial yang Anda miliki untuk memastikan kepribadian pelamar kerjanya. Oleh karena itu, peliharalah konten sosial media agar sejalan dengan branding yang diinginkan. Anda ingin terlihat hati-hati dalam pemilihan kalimat dan terlihat profesional. 

8. Melatih Bahasa Tubuh 

Jangan salah, bahasa tubuh dapat memberikan informasi yang salah. Oleh karena itu, pelajarilah cara menjaga raut wajah, gerakan tangan dan gerak tubuh lainnya. Anda ingin terlihat perhatian dan tertarik dengan semua pertanyaan dari pihak pewawancaranya. Dengan demikian, latihanlah dengan teman atau di depan kaca untuk melihat bagaimana ekspresi Anda ketika berbicara. Berikan penampilan terbaik agar bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda minati. 

9. Siapkan Pertanyaan 

Selain mempersiapkan jawaban, Anda juga perlu membuat beberapa pertanyaan untuk diberikan pada pewawancara. Hal-hal seperti gaji, tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan memerlukan penjelasan agar Anda bisa menerima pekerjaan dengan yakin. Pilihlah waktu yang tepat untuk bertanya agar memberikan kesan baik saat di wawancara. 


Lakukan persiapan interview kerja dengan matang. Mulai dari dokumen seperti resume dan cv, hingga cara menjawab pertanyaan. Anda bisa lihat contoh resume yang sesuai untuk memastikan menyertakan dokumen yang tepat. Lakukan persiapan dengan hati-hati dan matang agar bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda idam-idamkan. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post