Thursday, November 4, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bagi yang tidak tahu sound of text, ia adalah sebuah program yang bisa mengubah teks menjadi suara. Sistem akan membaca teks yang dimasukkan sejelas mungkin, kata per kata mereka baca, bahkan huruf per huruf pun mampu dibaca oleh sistem ini.

Keunggulan Sound of Text untuk jadi Notifikasi WA

Sound of Text WA Buat Notif Suara Google
Sound of Text WA Buat Notif Suara Google
Teknologi ini pertama kali digunakan pada Google Translate. Ia membantu kita mengetahui bagaimana pelafalan suatu kosakata memakai fitur 'Speak' yang mampu membaca teks yang tertulis dalam bahasa apapun.


Lalu kini menyebar ke platform-platform yang lain. Kegunaannya bukan lagi sebagai belajar cara pengucapan suatu bahasa. Sekarang banyak dipakai untuk:


  • Pengganti voice actor sebuah video
  • Sebagai pengisi suara iklan
  • Pengisi suara video pembelajaran
  • Pengisi suara pada pengumuman di bandara, stasiun kereta api, mall dan sebagainya
  • Bisa dijadikan sebagai nada dering

Kita akan bahas kelebihan sound of text untuk nada dering. Kelebihan yang paling banyak dirasakan adalah kebebasan. Kita bisa membuat nada dering apa saja, kita bisa membuat suara apa saja, cukup masukkan teks, maka jadilah nada dering tersebut.


Selain kelebihan itu, saat ini teknologi sound of text semakin canggih. Ia mampu menciptakan suara-suara yang lebih bervariasi. Yang dulunya kental akan suara wanita atau pria robot Goggle, kini kita bisa memilih suara kartun, suara anime, suara manusia alami yang setara voice actor asli, suara tokoh-tokoh terkenal dan sebagainya.

Variasi Suara Sound of Text yang Cocok dijadikan Nada Dering WA

Simak daftar suara-suara berikut ini untuk melihat apa saja yang bisa dihasilkan oleh sound of text. Serta melihat apa saja yang bisa Anda pasang sebagai nada dering WA. Pilih variasi suara terfavorit Anda:

#1 Sound of Text Bayi dan Mirip BTS

Untuk memiliki suara yang mirip dengan BTS, kita butuh algoritma yang bisa membuat sound of text mengeluarkan suara seperti suara ketujuh member BTS. Apakah ini mungkin? Mungkin saja terjadi, soalnya dari yang sudah ada sekarang, suara Donald Trump, Barack Obama, Mark Zuckerberg, dan orang-orang terkenal di dunia, mereka sudah memiliki teknologi sound of text yang mampu mengeluarkan suara seperti tokoh terkenal itu.


Namun sayangnya, sampai sekarang belum menyediakan suara mirip BTS. Tapi kita tunggu saja siapa tahu kelak ada yang membuatnya. Yang sekarang bisa kita pakai adalah sound of text Bahasa Korea yang mampu mengeluarkan suara aksen orang Korea banget. Selain itu, dengan Voicemaker, kamu juga dapat membuat suara Bayi yaitu dengan memilih suara orang dengan label 'Child' disamping nama suara tersebut.

Sound of text Bayi di Voicemaker
Sound of text Bayi di Voicemaker

Caranya:


  1. Buka situs http://voicemaker.in
  2. Pada kolom teks masukkan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara. Masukkan dalam bahasa Korea agar suaranya makin mirip dengan BTS
  3. Di bawahnya, pilih 'Neural TTS'. Gunanya biar terdengar lebih alami
  4. Pada bahasa yang tersedia, pilih 'Korea'
  5. Di bagian 'Voice', silakan pilih suara yang ingin digunakan. Masing-masing nama memiliki keunikan sendiri-sendiri. Agar hasilnya mirip BTS, Anda bisa memakai suara 'Ji Yeon (Female)' atau 'Dong Min (Male)'
  6. Klik 'Convert to Speech' untuk mengubahnya menjadi suara
  7. Selanjutnya tinggal mengunduh dengan klik 'Download MP3'

#2 Sound of Text Notif WA Sayang suara Wanita

Yang viral saat ini adalah notifikasi pesan begini:


  • "Sayang ada pesan masuk tuh."
  • "Sayang ada orderan masuk."
  • "Sayang ada WA."
  • "Sayang ada chat."
  • "Sayang ada WhatsAPP untuk kamu."

Kemudian keluar suara robot Google membacakan teks-teks tersebut tiap kali ada pesan masuk di WA. Nada dering yang viral itu dibuat memakai sound of text. Cara membuatnya sangat mudah. Anda cukup membuka situs soundoftext.com atau memakai Google Translate lalu masukkan teksnya, rekam secara manual suara yang keluar. Namun dikarenakan membuat sound of text 'sayang' ribet dilakukan di Google Translate, Saya lebih merkeomendasikan memakai soundoftext.com.

Buat Notif WA Sayang
Buat Notif WA Sayang

Caranya:


  1. Buka situs http://soundoftext.com
  2. Kemudian masukkan salah satu teks di atas ke kolom yang tersedia. Anda juga bisa membuat susunan teks sendiri yang lebih manis, lucu, dan mendebarkan lainnya
  3. Setelah memasukkan teks, pilih bahasanya. Pakai 'Bahasa Indonesia', atau memakai 'Bahasa Inggris' agar aksennya terdengar bule
  4. Klik 'Submit'
  5. Selanjutnya akan tampil file hasil konversi teks ke suara
  6. Anda bisa klik 'Play' dulu, atau langsung mengunduhnya dengan klik 'Download'
    Download sound of text notif wa
    Download sound of text notif wa

#3 Sound of Text Notifikasi WA Lucu bahasa Jawa

Ada banyak notifikasi WA lucu yang tersebar di internet. Dan hampir semuanya bisa dibuat sendiri dengan sound of text. Selagi ringtonenya tidak menyertakan musik, hanya suara, maka semua proses dapat dilakukan dengan sound of text.


Pertama-tama, kalian cari tahu dahulu teks yang disertakan dalam ringtone. Contohnya, "Ada ibu ibu gaesss!!". Anda masukkan teks itu, lalu konversi memakai situs sound of text.


Jika ingin membuat notifikasi lucu yang lain, misalnya:


  • Notifikasi WA lucu anime, maka tinggal buat sound of text memakai bahasa Jepang
  • Notifikasi WA lucu Jawa, maka tinggal buat sound of text memakai bahasa Jawa (gunakan situs voiceoftext.com)
  • Notifikasi WA lucu Korea, maka bjat sound of text memakai bahasa Korea
  • Notifikasi WA lucu bahasa Sunda, maka atur sound of text berbahasa Sunda (gunakan situs voiceoftext.com)

Peran penting dalam proses pembuatan sound of text nada dering lucu terletak pada seberapa kreatif Anda menysun teksnya agar menjadi lucu. Kemudian lanjutkan langkah dengan mengikuti cara berikut:

Sound of text Jawa Lucu
Sound of text Jawa Lucu

Caranya:


  1. Buka salah satu situs sound of text misalnya http://voiceoftext.com
  2. Masukkan teks lucu ke kolom
  3. Pilih bahasa Jawa untuk notif suara lucu
  4. Klik tombol 'Convert to Voice'
  5. Selanjutnya unduh dengan klik gambar unduh
  6. Klik titik tiga di pojokan, lalu 'Download'

Ini adalah tutorial membuat nada dering WA sendiri. Jika Anda ingin yang sudah jadi, alias tinggal unduh, maka bukan sound of text jalan keluarnya. Pergilah ke situs-situs seperti MyInstants, Zedge, Mob.org, Phoneky dan sebagainya.

#4 Sound of Text Doraemon

Sampai sekarang belum ada sound of text yang menyediakan suara kartun ini. Yang ada hanyalah Dora The Explorer (barangkali tertarik). Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencari suara yang mirip dengan suara Doraemon bahasa Indonesia.


Siapa suara yang mirip itu? Yaitu Mr. Krabs. Dia adalah CEO dari restoran Krabby Patty di kota Bikini Bottom. Suaranya yang serak-serak, hampir terdengar sama dengan suara Doraemon yang juga serak.


Untuk menemukan suara Mr. Krabs, Anda bisa memanfaatkan situs Vo.codes. Di sini mereka menyediakan suara-suara dari tokoh-tokoh terkenal, baik tokoh fiksi hingga tokoh nyata di dunia ini. Sayangnya kekurangan situs ini, mereka hanya menyediakan pilihan Bahasa Inggris.


Caranya:


  1. Buka situs http://vo.codes
  2. Pilih kategori suara untuk memepesiapan koleski suara yang fimiliki Vo.codes
  3. Di bagian 'Random Speaker', pilih 'Spongebob'
  4. Lalu di bagian 'Info Speaker', pilih suara 'Mr Krabs'
  5. Masukkan teks berbahasa Inggris di kolom
  6. Klik 'Speak'
  7. Suara Mr Krabs yang mirip Doraemon akan berputar. Dan untuk mengunduh suara ini, masuklah ke menu tab 'Results'
  8. Klik 'Download' pada audio bersangkutan

Jika Anda ingin nada pesan suara Doraemon yang siap pakai, maka bukan sound of text tempat Anda mencari. Melainkan di situs-situs penyedia ringtone seperti: MyInstants.com, Zedge, Mob.org, Phoneky dan sebagainya.

Sound of text Suara Doraemon
Sound of text Suara Doraemon di Myinstants.com

#5 Sound of Text Spongebob

Sound of text Spongebob dapat ditemukan di situs Vo.codes. Langkah-langkahnya mirip dengan membuat nada dering Doraemon. Nanti tinggal pilih suara Spongebob saja.


Selain Vo.codes, ada situs sound of text lain yang tak kalah seru. Yaitu Uberduck.ai. koleksinya lebih lengkap, tersedia banyak koleksi suara, hanya saja untuk kualitas audio ia di bawah Vo.codes. Jadi Anda lebih menginginkan memakai yang mana?


Agar tutorialnya merata, kini kita akan gantian membahas Uberduck.ai.


Caranya:

  1. Buka situs http://uberduck.ai
  2. Pilih kategori suara menjadi 'Spongebob'
  3. Lalu di menu bawahnya, pilih nama 'Spongebob'
  4. Masukkan teks berbahasa Inggris
  5. Klik 'Synthesize'
  6. Ubersuck.ai menawarkan syarat kepada penggunanya untuk daftar dahulu memakai email. Setelah mendaftar, baru bisa memakai layanannya
  7. Setelah daftar memakai email, kemudian baru bisa mengunduh audionya

Audio sound of text yang selesai kalian unduh, otomatis tersimpan di dalam memori menjadi file MP3. Setelah audio nada deringnya jadi, berikutnya kita pasang ke WhatsApp kita agar notifikasinya berubah menjadi seperti yang kita inginkan.

Cara Ganti Nada Dering WA dengan Soun of text WA

Cara ini cuma berlaku pengguna Android. Bagi pengguna iPhone, silahkan menjauh


  1. Masuk ke aplikasi 'My Files' di HP Anda
  2. Lalu ke 'Internal Storage'
  3. Cari folder bernama 'Ringtones'
  4. Pindahkan file MP3 yang akan Anda pasang sebagai nada WA di folder 'Ringtones'
  5. Setelah Anda pindahkan, sekarang buka aplikasi WhatsApp
  6. Buka Pengaturan > Notifikasi > Nada Notifikasi.
  7. Pilih nada dering yang baru Anda pindahkan ke folder Ringtones barusan
    Ganti Notif WA dengan Sound of text
    Ganti Notif WA dengan Sound of text

Selesai. Kalian telah menyelesaikan langkah-langkah pembuatan sound of text nada dering WA lucu beserta cara pemasangannya ke WA lewat cara dari Sebuahutas.com yang telah kami ulas secara lengkap diatas. Selamat mencoba dan semoga kamu puas dengan hasilnya!

Next article Next Post
Previous article Previous Post