Tuesday, December 14, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Semenjak terjadinya COVID-19, pemerintah telah mengumumkan pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) ataupun Bantuan Langsung Tunai (BLT). Hal ini dilakukan untuk mengganti gaji bagi pekerja/buruh di tahun 2021. Bantuan ini juga mencegah terjadinya PHK bagi pegawai.

cara cek penerima bsu bpjs ketenagakerjaan
cara cek penerima bsu bpjs ketenagakerjaan

Adapun kriteria calon penerima BSU ini terjadi di wilayah zona PPKM level 4 dan 3. Aturan tersebut tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2021 jo Nomor 23 Tahun 2021. Jumlah besaran yang akan diterima pekerja/buruh sebanyak Rp 1.000.000,00.  BSU yang diterima nantinya berbentuk uang tunai sejumlah Rp 500.000,00 di setiap bulannya dalam 1 tahapan. 


Selain itu bantuan ini juga akan ditransfer secara langsung melalui unit Bank Hambara, misalnya BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan Bank Syariah Indonesia. Jika pegawai/buruh tidak memiliki rekening Bank Hambara, maka akan dibuatkan secara kolektif oleh Kemnaker dan Perusahaan. 

Kriteria Penerima BLT/BSU

Ada syarat bagi pegawai/buruh mendapatkan bantuan ini. berikut merupakan syarat-syarat yang perlu diperhatikan dengan seksama:


  1. Penerima merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Merupakan peserta aktif BPJS ketenagakerjaan per 30 Juni 2021
  3. Memiliki gaji paling besar Rp 3,5 Juta per bulan.

Catatan: Untuk pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 Juta. Maka syarat gaji menjadi paling banyak dengan UMP/UMK yang dibulatkan ratusan ribu ke atas, sesuai dengan laporan gaji yang diberikan kepada BPJS Ketenagakerjaan dan telah tercatat di BPJS Ketenagakerjaan. Contohnya, bila upah minimum yang ada di daerah Karawang sebesar Rp 4.798.312 maka akan dibulatkan menjadi Rp 4.800.000,00.


  1. Pekerja/buruh yang menerima upah
  2. Pekerja bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 (28 provinsi dan 167 Kab/Kota) sesuai dengan Inmendagri 22/2021 dan 23/2021.
  3. Pekerja bekerja di sektor usaha seperti Industri Barang Konsumsi, Aneka Industri, Transportasi, Properti & Real Estate, Perdagangan & Jasa (kecuali jasa pendidikan dan kesehatan) sesuai dengan klasifikasi data sektoral BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek BLT/BSU Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Untuk melihat tata cara pengecekan penerimaan BLT/BSU ini, bisa dilakukan dengan mengunjungi laman [https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/], berkunjung di laman Kemnaker, Notifikasi WhatsApp, dan E-mail. 

tahap penyaluran bantuan subsidi upah dari bpjs ketenagakerjaan
tahap penyaluran bantuan subsidi upah dari bpjs ketenagakerjaan

Berikut ini, Anda akan mengetahui tata cara pengecekan penerimaan BLT/BSU melalui laman BPJS Ketenagakerjaan, sebagai berikut:

form cara cek penerima bsu
form cara cek penerima bsu

  • Berkunjung di laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Baca secara seksama syarat termasuk kategori penerima BSU sesuai dengan Permenaker RI No. 16 Tahun 2021.
  • Geser ke bawah hingga terdapat tulisan "Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?"
  • Isi NIK
  • Isi nama lengkap sesuai dengan KTP
  • Isi tanggal lahir
  • Centang pada bagian kolom bertuliskan ‘aku bukan robot
  • Pilih ‘Lanjutkan’
  • Apabila lolos, maka akan muncul keterangan tertulis pada laman.

Tidak sulit bukan cara mengetahui BLT dan BSU dari BPJS Ketenagakerjaan untuk anggota yang memenuhi kriteria. Sekian tutorial singkat dari Sebuahutas.com semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post