Thursday, December 23, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Sebagai aplikasi chatting, WA pasti memiliki sistem privasi yang cukup baik untuk menjaga kenyamanan para penggunanya. Salah satunya adalah dengan memberikan cara sembunyikan last seen di WA. Last seen memang sedikit mengganggu privasi beberapa orang karena orang lain mengetahui kapan terakhir online.

Cara Mudah Mematikan Last Seendi WhatsApp
Cara Mudah Mematikan Last Seen di WhatsApp

Beberapa pengguna WA tidak ingin kontaknya mengetahui kapan terakhir kali dia membuka WA untuk satu atau lebih alasan. Jika Anda salah satunya dan masih belum tahu bagaimana cara menyembunyikan last seen di WA, simak pembahasan di bawah ini sampai selesai karena kami akan beritahu caranya.

Cara Sembunyikan Last Seen di WA

Pertama, ada yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menyembunyikan last seen di WA original. Whatsapp memberikan fitur ini bukannya tanpa konsekuensi, dan dengan memutuskan untuk menggunakannya, maka Anda harus siap menerima konsekuensi tersebut.


Konsekuensinya mungkin tidak terlalu berat bagi beberapa orang karena hanya berupa pembatasan saja. Pembatasan yang dimaksud di sini adalah, jika Anda memutuskan untuk mematikan last seen di WA Anda, maka secara otomatis Anda juga tidak bisa melihat last seen kontak orang lain.


Jika Anda sudah siap untuk menerima pembatasan tersebut, langsung saja begini cara untuk menyembunyikan last seen di WA:


  • Pertama buka aplikasi Whatsapp terlebih dahulu
  • Setelah itu klik ikon titik 3 di bagian atas aplikasi WA dan akan muncul beberapa pilihan
    Tombol titik tiga untuk buka menu pengaturan WA
    Tombol titik tiga untuk buka menu pengaturan WA
  • Masuk ke pengaturan aplikasi dengan memilih opsi Settings
  • Di menu settings klik Account untuk masuk ke halaman pengaturan akun
  • Selanjutnya pilih Privacy
  • Klik opsi Last Seen.
    cara atur yang bisa lihat last see wa
    cara atur yang bisa lihat last see wa
  • Di sini Anda bisa memilih antara Everyone (Semua Orang), Your Contact (tampilkan hanya untuk kontak kita saja), dan Nobody. Jika ingin menyembunyikan last seen untuk semua orang, klik Nobody
  • Tutup menu pengaturan dan selesai.

Itulah cara sembunyikan last seen di WA yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Seperti yang kami tuliskan di atas, untuk last seen sebenarnya Anda bisa memilih satu dari 3 pilihan. Secara default, last seen atau terakhir dilihat akan diatur ke mode everyone atau semua orang bisa melihatnya.


Tapi, jika Anda ingin hanya kontak Anda saja yang bisa melihat, Anda bisa memilih opsi “My contacts”. Dengan demikian, orang yang belum Anda simpan nomornya tidak bisa melihat last seen milik Anda. Ini cukup efektif untuk menjaga privasi dari orang–orang yang belum dikenal dan menghubungi Anda lewat WA.

Last Seen Berbeda dengan Status Online

Perlu diketahui juga bahwa last seen berbeda dengan status online. Status online menunjukkan seseorang sedang aktif di Whatsapp yang ditandai dengan aplikasi tampil di bagian depan smartphone maupun WA Web. 


Menyembunyikan last seen tidak serta merta kemudian menyembunyikan status online. Orang lain masih bisa melihat status online Anda jika Anda sedang membuka Whatsapp di berbagai perangkat baik itu di HP maupun di desktop (WA Web).


Untuk turut menyembunyikannya, Anda bisa memilih untuk menggunakan Whatsapp Mod. Memang, aplikasi ini bukan aplikasi resmi karena sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Tapi fiturnya cukup menarik karena Anda bisa menyembunyikan baik status online maupun last seen.

Fitur mematikan last seen di WhatsApp Mod
Fitur mematikan last seen di WhatsApp Mod

Menariknya lagi, Anda tidak akan menerima konsekuensi pembatasan seperti halnya WA original ketika Anda menyembunyikan last seen. Tapi cara sembunyikan last seen di WA menggunakan WA Mod cukup beresiko mengingat developer Whatsapp resmi telah dilarang penggunaannya. Jadi sobat Sebuahutas.com wajib pertimbangkan matang-matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan WA Mod.

Next article Next Post
Previous article Previous Post