Wednesday, December 8, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

NIK atau Nomor Induk Kepegawaian adalah salah satu informasi pribadi yang wajib untuk diketahui dan dijaga kerahasiaannya. Pasalnya, NIK ini dibutuhkan untuk pengisian data pribadi Anda mulai dari pendaftaran nomor ponsel hingga ketika berurusan dengan pihak bank. Berikut ini ada cara mudah mengetahui NIK terdaftar atau tidak pada Dukcapil.

cara cek nik di dukcapil dan solusinya
cara cek nik di dukcapil dan solusinya

Pasalnya, validitas NIK ini seringkali tidak tercatat oleh Dukcapil Nasional meski Anda mungkin pernah mengurusnya di daerah atau kota tempat Anda tinggal. Alasannya banyak, mulai dari human error hingga mungkin ada kesalahan sistem. Nah ada beberapa cara mudah mengetahui NIK terdaftar atau tidak, Anda bisa memilih mana yang paling mudah.


1. Melapor Langsung ke Dukcapil

solusi NIK tidak terdaftar di dukcapil
solusi NIK tidak terdaftar di dukcapil
Untuk memastikan bahwa NIK Anda terdaftar atau tidak, Anda bisa langsung menuju ke Dukcapil. Anda bisa menemui petugas dan menanyakan mengenai layanan kependudukan. Apabila memang NIK Anda belum terdaftar, maka Anda akan menerima saran untuk mengurus NIK anda segera.

2. Melalui SMS

cara cek nik lewat sms
cara cek nik lewat sms
Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah melalui SMS. Layanan SMS ini berbayar, oleh karena itulah pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup. Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu mengetik format berikut: Cek#KTP#NIK kemudian kirim ke nomor 0815 3636 9999.


Anda akan menerima balasan mengenai informasi dari NIK Anda tersebut.

3. Melalui Pesan Whatsapp

cek validitas nik di dukcapil via whatsapp
cek validitas nik di dukcapil via whatsapp
Apabila Anda menggunakan aplikasi perpesanan Whatsapp, Anda bisa juga mengecek validitas NIK di Dukcapil melalui akun Whatsapp nya. Caranya adalah sebagai berikut:


Langkah #1: Buat pesan Whatsapp dengan format berikut: nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota.


Langkah #2: Kirim ke 0813 2691 2479, selanjutnya Anda akan menerima balasan mengenai status NIK Anda.

4. Menelpon Call Center

Apabila Anda ingin berbicara langsung dengan pihak Dukcapil, Anda bisa menelpon ke nomor 1500-537. Pastikan Anda menghubunginya pada jam yang disediakan untuk pelayanan.

5. Menghubungi Melalui Media Sosial

Anda juga bisa menghubungi akun media sosial dari Dukcapil yakni Halo Dukcapil untuk Facebook dan @ccdukcapil untuk akun Twitter. Anda bisa menghubungi akun tersebut dan mungkin Anda akan dimintai beberapa informasi untuk memberikan konfirmasi.


Karena pentingnya NIK untuk berbagai keperluan, pastikan data Anda selalu valid agar tidak bermasalah untuk masalah legalitas. Selain itu, apabila Anda menghubungi pihak Dukcapil disarankan untuk bersabar karena untuk pelayanan terbaiknya seringkali juga harus mengantri. Gunakan bahasa yang informatif dan sopan agar pelayanannya cepat.


Itulah beberapa cara mudah mengetahui NIK terdaftar atau tidak dari Sebuahutas.com yang bisa Anda pilih mana yang paling mudah. Tidak perlu khawatir, semua layanan administrasi dengan pihak Dukcapil tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Oleh karena itulah, segera urus NIK Anda bila mengalami permasalahan pada validitasnya. Semoga artikel ini membantu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post