Tuesday, December 21, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Akun sosial media seperti Facebook hampir semua orang memilikinya. Alasannya karena Facebook dijadikan sebagai ajang pencarian teman atau bahkan jodoh. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, maka diharapkan Anda memiliki akun terlebih dahulu.

cara login facebook tanpa password cukup dengan email dan nomor ponsel
cara login facebook tanpa password cukup dengan email dan nomor ponsel

Jika sudah mempunyai akun lama, Anda dapat melakukan login ke Facebook lalu menggunakannya seperti biasanya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan login di Facebook yang sudah terbukti berhasil.

Cara Login Facebook tanpa Password (Terbukti Berhasil)

Berhubung banyak kawan-kawan yang terkadang kesulitan untuk login password, apalagi jika kata sandinya sudah hilang atau lupa karena sudah lama tidak mengakses akun FB, berikut cara alternatif yang bsia kamu lakukan untuk login FB tanpa password cukup dengan alamat email atau nomor ponsel:

  1. Buka laman Login FB dengan Satu Klik di tautan berikut ini: https://www.facebook.com/recover/code/.
    login fb cukup dengan email atau nomor ponsel
    login fb cukup dengan email atau nomor ponsel
  2. Setelah terbuka sebagaimana tampilan diatas, masukkan alamat email atau nomor hp yang tertaut dengan akun Facebook yang kamu miliki
  3. Selanjutnya, pilih opsi untuk mengirimkan kode sekali pakai (OTP) ke email atau nomor ponsel yang kamu masukkan tadi dengan cara mengekan tombol Kirim.
    masukkan kode login yang dikirim ke email
    masukkan kode login yang dikirim ke email
  4. Cek nomor keamanan yang dikirimkan dan masukkan nomor tersebut pada kolom Security Code yang muncul di layar, lalu klik Continue untuk melanjutkan
  5. Jika kode yang kamu masukkan benar, akan muncul form untuk membuat password baru untuk akun Facebook yang kamu miliki, atur password dengan panjang minimal 6 karakter dan variasi yang kuat agar tidak mudah dipecahkan orang lain.
    buat password facebook baru
    buat password facebook baru
  6. Ketuk tombol Next dan setelahnya, kamu sudah berhasil masuk ke beranda akun Facebook milik kamu dan sandi yang baru telah tertaut di akun kamu. Selesai.

Jika kamu ingin akun Facebook kamu lebih aman, silakan ikuti beberapa cara dibawah ini untuk mencegah akun FB kamu dihack oleh orang lain.

Cara Login Facebook di Perangkat Tidak Dikenal (PC, Laptop dan Hp)

Dari sekian banyaknya cara yang bisa dilakukan, maka Anda bisa memilih salah satu cara yang sekiranya paling mudah dan paling cepat untuk login ke Facebook. Untuk caranya yaitu:

1. Cara Login FB menggunakan Komputer / PC yang Baru

Jika ingin Login ke Facebook menggunakan komputer, maka Anda harus membuka halaman utama Facebook. Bisa menggunakan browser web yang sudah dinavigasikan ke halaman beranda Facebook.


Apabila Anda belum masuk, maka bisa melihat layar selamat datang. Setelah itu, ikuti langkah berikut ini:


  • Masukkan alamat email pada bagian sudut atas kanan.
  • Di halaman beranda Facebook terdapat kolom untuk pengisian alamat email.
  • Setelah itu, masukkan alamat email yang digunakan pada saat membuat akun Facebook sebelumnya.
    cara login facebook standar (1) dan solusi lupa password (2)
    cara login facebook standar (1) dan solusi lupa password (2)
  • Apabila Anda sudah mempunyai nomor telepon yang berhubungan dengan akun, maka Anda bisa masuk dan menggunakannya.
  • Jika sudah memasukkan kata sandi, Anda diharuskan untuk memasukkan kode yang dikirim ke ponsel untuk bisa masuk ke akun Facebook, terutama jika kamu login menggunakan perangkat baru yang belum dikenal.
    masukkan kode login fb yang dikirim ke hp untuk perangkat baru
    masukkan kode login fb yang dikirim ke hp untuk perangkat baru
  • Jika sekiranya lupa kata sandi maka bisa memilih menu forget password yang letaknya ada di bagian paling bawah kolom.
  • Saat ingin masuk ke Facebook silahkan pilih apakah Anda tetap ingin masuk atau tidak.
  • Apabila ingin menggunakan komputer sendiri, maka bisa mencentang menu kotak keep me logged in.
  • Untuk menu ini akan Anda lewati untuk proses masuk di kemudian hari.
  • Setelah itu, Anda akan secara langsung dibawa ke menu Feed akun Facebook. Namun apabila Anda menggunakan komputer publik atau bersama, maka diharuskan untuk membiarkan kotak ini tidak ditentang dengan alasan privasi.
  • Langkah terakhir silahkan login dan apabila Anda mengaktifkan verifikasi masuk, maka diharuskan untuk memasukkan kode yang sudah dikirimkan ke Facebook melalui ponsel.

2. Login Facebook Melalui Mobile Browser

Selain bisa menggunakan komputer, Anda pun masih tetap dapat login Facebook ke perangkat mobile. Untuk cara yang kedua ini juga bisa dipastikan terbukti berhasil. Sehingga jika cara yang pertama tidak membuahkan hasil, maka Anda masih berkesempatan untuk mencoba cara yang kedua ini.


Untuk langkah-langkahnya silahkan mengikuti tutorial berikut:


  • Untuk langkah yang pertama silahkan mengunduh aplikasi Facebook terlebih dahulu.
  • Setelah itu, melakukan penginstalan di smartphone.
  • Untuk aplikasi ini lebih memungkinkan bagi pengguna agar dapat masuk ke akun Facebook tanpa menggunakan browser.
  • Apabila tidak ingin menggunakan aplikasi Facebook langsung, maka bisa menggunakan browser di ponsel.
  • Jika sudah berada di halaman utama Facebook, silahkan memasukkan alamat email beserta passwordnya.
  • Pada saat pertama kali aplikasi ini dibuka, maka pengguna diminta alamat email beserta passwordnya.
  • Anda dapat menggunakan alamat email yang sudah digunakan untuk melakukan pembuatan akun Facebook pertama kalinya atau sebelumnya.
  • Jika Anda lupa dengan passwordnya maka bisa mengikuti petunjuk I'm forget.
    masukkan nomor hp solusi lupa password di facebook mobile
    masukkan nomor hp solusi lupa password di facebook mobile
  • Setelah itu, mengatur ulang kata sandi.
  • Jika sudah masuk maka akan secara otomatis Anda bisa membuka aplikasi Facebook di kemudian hari nanti.
    cara mudah atur login aplikasi facebook lewat pengaturan
    cara mudah atur login aplikasi facebook lewat pengaturan
  • Apabila tidak ingin masuk secara otomatis, silahkan klik tombol logout.
  • Anda diminta untuk login atau Masuk ke akun Facebook dan silahkan login seperti biasanya.

Tips Saat Menggunakan Facebook dengan Aman

Menggunakan sosial media terkadang membuat para penggunanya lupa waktu. Bahkan menyalahgunakan keberadaan dari sosial media tersebut. Sebaiknya Anda harus berhati-hati dan manfaatnya sosial media dengan sebaik mungkin.


Untuk saat ini Facebook sudah digunakan hingga seluruh dunia. Oleh sebab itu, salah sampai salah menggunakannya. Berikut ini beberapa tips yang perlu diikuti saat menggunakan sosial media seperti Facebook di antaranya:

#1 Menjaga Privasi

jaga privasi akun saat login facebook
jaga privasi akun saat login facebook
Disarankan bagi pengguna Facebook untuk tidak terlalu mudah dalam membagikan informasi yang bersifat pribadi. Terlebih lagi jika mempunyai banyak teman yang tidak dikenal. Hindari mencantumkan jadwal keseharian, nomor kontak pribadi, identitas diri, maupun alamat rumah.


Agar bisa meningkatkan keamanan, Anda dapat kunci akun Facebook agar segala postingan hanya dapat dibaca oleh orang yang sudah berteman saja.

#2 Menjaga Etika

Bermain sosial media di dunia maya harus tetap menjaga etika seperti hidup di dunia nyata. Hindari mengunggah konten maupun berkomentar dengan kata-kata yang mengandung Sara. Untuk setiap tindakan kejahatan sudah ada UU ITE, sehingga berhati-hatilah dalam menggunakan sosial media.

#3 Kenali Teman

Sebaiknya mempunyai teman yang sedikit namun saling mengenal semuanya dibandingkan dengan mempunyai banyak teman, namun tidak saling mengenal dan belum pernah bertemu sama sekali.


Belum tentu orang yang Anda jumpai di social media seperti Facebook berhati baik seperti konten yang diunggah melalui Facebook. Ingat bahwa dunia maya banyak orang yang bersandiwara, sehingga pandai-pandailah Anda dalam mengenali orang lain melalui akun sosial media ini.


Terlebih lagi jika ada orang yang ingin berkenalan dengan Anda lebih intens. Saran dari tim cyber security Sebuahutas.com, sebaiknya kamu berhati-hatilah dan jangan mudah menerima ajakannya. Tetap pertimbangan dengan sebaik mungkin supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.


Facebook memang menjadi aplikasi dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Hal ini bisa dibuktikan dari pengguna tidak hanya dari negara Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia sudah menggunakan aplikasi ini.


Alasannya karena aplikasi Facebook tidak hanya menjadi ajang pencarian teman saja, melainkan juga menjadi sarana hiburan. Terlebih lagi banyaknya fitur yang tersedia di dalamnya, sehingga membuat orang lain tertarik untuk menggunakan aplikasi ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post