Friday, December 31, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kini, investasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Berbagai informasi terkait investasi bisa Anda temukan dengan mudah di internet maupun media sosial. Salah satu instrumen investasi yang paling banyak digunakan investor adalah saham.

7 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik Menyambut Tahun 2022
7 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik Menyambut Tahun 2022

Daftar Aplikasi Data Saham dan Investasi Reksadana Terbaik tahun 2022

Dalam melakukan investasi saham, tentu saja Anda harus melewati aplikasi perantara yang dapat memberikan informasi terkait data saham. Di era modern seperti sekarang ini, sudah banyak aplikasi saham yang menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.


Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi saham. Sebaiknya, pilih aplikasi yang sudah terbukti aman dan terdaftar dalam OJK. Berikut beberapa aplikasi data saham terbaik di Tanah Air.

1. IPOT

IPOT IndoPremier terdaftar dan diawasi oleh OJK
IPOT IndoPremier terdaftar dan diawasi oleh OJK
Pertama, ada aplikasi Indo Premier Online Technology (IPOT). Aplikasi ini merupakan aplikasi saham terpopuler di Tanah Air. Aplikasi buatan PT Indo Premier Sekuritas ini menyediakan berbagai instrumen investasi, mulai dari reksadana, saham, hingga ETF.


Pada aplikasi ini, Anda bisa menggunakan mekanisme Fund Evaluator dan Robot Trading yang dapat menjalankan instruksi jual dan beli secara otomatis. Jadi, Anda bisa menentukan saham dan harga terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan kesempatan untuk melakukan transaksi saham pada harga yang diharapkan.


Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, berikut beberapa kelebihan IPOT.


  • Proses pendaftaran akun dapat dilakukan secara digital, tanpa tatap muka
  • Tersedia berbagai fitur yang akan memudahkan para investor dalam melakukan transaksi saham
  • Tampilan antarmuka nya sederhana dan mudah dipahami
  • Menawarkan fitur riset dan berita yang mendalam agar Anda bisa membuat keputusan yang tepat dalam transaksi saham
  • Tidak ada deposit minimal saat baru membuka akun saham
  • Charting Stock & Fund cukup lengkap
  • Fee beli saham adalah 01,9% per transaksi, sementara fee jual saham adalah 0,29% per transaksi

2. Bibit

bibit aplikasi investasi saham paling populer untuk pemula
bibit aplikasi investasi saham paling populer untuk pemula
Beberapa tahun belakangan ini, Bibit semakin gencar melakukan promosi dengan tagline investasi reksadana. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan digunakan banyak kalangan investor. Bagi para pemula, Bibit adalah aplikasi andalan yang menjadi asisten dalam berinvestasi.


Minimal investasi di Bibit juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp10.000. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur seleksi investor berdasarkan usia, resiko, penghasilan, dan target investasi untuk memberikan rekomendasi saham, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi.


Bukan hanya menawarkan minimal investasi yang kecil, Bibit juga menawarkan banyak pilihan reksadana, mulai dari obligasi, saham, hingga pasar uang.

3. Mirae

traksi miraeasset sekuritas
traksi miraeasset sekuritas
Selanjutnya, ada aplikasi data saham Mirae HOST. Aplikasi ini cukup populer di kalangan para investor saham yang sudah lama berkecimpung di dunia ini. Aplikasi buatan Mirae Asset Sekuritas Indonesia ini dapat digunakan oleh pengguna laptop maupun ponsel.


Untuk pengguna laptop, Anda bisa memakai Mirae HOST. Sementara, pengguna ponsel bisa memakai NEO HOST. Mirae mengharuskan penggunanya untuk melakukan minimum deposit sebesar Rp10 juta.


Keunggulan aplikasi ini adalah memungkinkan investor untuk membuka RDN di empat bank yang berbeda. Dengan begitu, investor memiliki banyak pilihan untuk melakukan transaksi.


Selain itu, fee jual-beli saham di aplikasi ini juga cukup rendah. Untuk jual saham, fee-nya adalah 0,25%. Sedangkan, beli saham dikenakan fee sebesar 0,15%.

4. Ajaib

rate dan fee transaksi saham rendah di platform ajaib
rate dan fee transaksi saham rendah di platform ajaib
Di posisi keempat, ada sekuritas Ajaib. Aplikasi saham yang satu ini sangat populer pada akhir tahun 2021 lalu berkat drama korea Start-Up yang tayang di berbagai platform. Seakan mengambil kesempatan, Ajaib Group menghadirkan aktor Kim Seon Ho yang berperan sebagai Han Ji-Pyeong sebagai tokoh dalam iklannya.


Di bidang layanan trading saham, Ajaib memang masih terbilang baru. Namun, aplikasi ini sangat layak untuk Anda coba dan sudah terbukti aman karena terdaftar di OJK. Selain berinvestasi saham, Anda juga bisa melakukan investasi reksadana.


Dengan begitu, Anda bisa menggunakan satu aplikasi untuk dua instrumen investasi yang berbeda. Kelebihan yang paling diakui dari aplikasi ini adalah tampilan user interface-nya yang sangat mudah dipahami, sehingga pemain saham pemula pasti tidak kesulitan dalam memakainya.

5. Stockbit

stockbit kaya fitur-fitur aplikasi saham kekinian
stockbit kaya fitur-fitur aplikasi saham kekinian

Aplikasi data saham terbaik selanjutnya adalah Stockbit. Awalnya, aplikasi ini hanya hadir sebagai forum untuk komunitas trading saham. Forum ini dapat menjadi wadah bagi para investor untuk bertukar informasi terkait emiten maupun rekomendasi saham.


Seiring bertambahnya waktu, Stockbit semakin dikenal karena harga saham sendiri bergerak dengan dipengaruhi sentimen pasar, sehingga rumor dan pemberitaan mengambil andil besar. Lewat forum ini, para investor senior bisa memberikan analisis yang berhubungan dengan sentimen pasar dan memberi tahu dampaknya bagi emiten tertentu.


Meskipun tidak akurat 100%, tapi Stockbit akan sangat membantu para pemain saham pemula. Kini, Stockbit sudah menyediakan layanan jual-beli saham. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Stockbit merupakan aplikasi investasi saham, dimana penggunanya bisa melakukan diskusi, menganalisis, sekaligus bertransaksi dalam satu aplikasi. Berikut beberapa kelebihan Stockbit dibandingkan aplikasi lainnya.


  • Memiliki fitur belajar saham dan bisa online trading
  • Ada fitur simulasi jual-beli saham agar Anda lebih mudah belajar
  • Menyediakan forum diskusi
  • Memiliki chart dan technical indicator saham
  • Ada data fundamental, seperti price to book value, ROE, PE ration, dividend yield, dan debt to equity
  • Cocok untuk para investor yang menerapkan swing trading

6. RTI Business

Aplikasi ini sangat membantu para investor dalam hal jual-beli saham. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mendapat berbagai informasi, mulai dari data keuangan, IHSG, charts, kurs, hingga berita dari masing-masing emiten.


Selain itu, Anda juga bisa melihat informasi terkait kinerja perusahaan lewat income statement, profitability, growth, balance sheet, earnings, hingga cash flow. Hadir dengan berbagai fitur menarik dan simulasi trading saham, RTI Business sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dan ingin mempelajari seluk-beluk investasi saham.

7. IDX Mobile

IDX mobile adalah aplikasi data saham yang menawarkan informasi akurat terkait pergerakan sampai stock quotes. Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara BEI dengan pihak ketiga. Anda dapat mengandalkan IDX Mobile sebagai sumber data valid terkait pergerakan bursa efek.


Setelah melakukan pendaftaran, Anda hanya perlu mengirim kode verifikasi. Kemudian, Anda bisa memilih salah satu ikon sesuai fungsi. Beberapa diantaranya adalah virtual trading, index, news, stock, message, notify, setting, portofolio, dan sign out.

Tips Memilih Aplikasi Data Saham

Setelah melihat berbagai aplikasi data saham, Anda bisa segera memulai investasi. Namun, sebelum itu, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.


  1. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kepemilikan rekening Anda. Pasalnya, ada beberapa sekuritas yang menyediakan RDN tertentu
  2. Untuk memudahkan transaksi jual-beli, Anda bisa membandingkan fee trading antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya
  3. Sediakan dana yang sesuai dengan syarat deposit aplikasi
  4. Pastikan aplikasi memiliki tampilan sederhana yang mudah dipahami
  5. Sebaiknya, pilih aplikasi yang banyak digunakan masyarakat dan terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Seiring berkembangnya zaman, sudah banyak masyarakat yang menyadari betapa pentingnya investasi dalam kehidupan. Namun, dalam berinvestasi, Anda harus cermat dan berani membuat keputusan. Dengan menggunakan berbagai aplikasi data saham terbaik tahun 2022 yang sudah dijelaskan Sebuahutas.com diatas, diharapkan tidak ada lagi investor yang buntung atau istilah kekiniannya sangkuters dalam berinvestasi saham.

Next article Next Post
Previous article Previous Post