Friday, January 7, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kartu Prakerja merupakan jenis kartu dari pemerintah sebagai program pengembangan kompetensi kerja.  Tujuannya tentu saja untuk diberikan kepada pencari kerja, buruh, serta para pekerja lainnya yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

cara cek dashboard prakerja terbaru 2022
cara cek dashboard prakerja terbaru 2022

Meskipun proses pembuatan akun Prakerja mudah, namun pada kenyataannya masih ada orang yang mengalami kesulitan. Salah satunya ketika ingin mengecek dashboard Prakerja. Untuk itu, penting sekali mengetahui informasi terkait Prakerja sebelum melakukan pendaftaran.

Apa Itu Prakerja?

Prakerja merupakan suatu program pengembangan kompetensi yang dicanangkan oleh pemerintah. Program ini juga menjadi bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional atau yang familiar dengan istilah PEN dari Sektor Perlindungan Sosial.


Program Prakerja bertujuan untuk melakukan pengembangan kompetensi produktivitas sekaligus daya saing angkatan kerja maupun untuk mengembangkan keinginan untuk berwirausaha. Dengan adanya Prakerja, pemerintah berharap masyarakat mau untuk memanfaatkannya dengan baik.


Pemerintah berharap agar masyarakat bisa mengambil pelatihan keterampilan kerja di halaman Prakerja sebagai bekal hidup untuk kehidupan yang jauh lebih baik lagi. Terutama dalam rangka peningkatan ekonomi mereka.

Manfaat Mengikuti Seleksi Program Prakerja

Sebagai salah satu pengembangan program pemulihan ekonomi Indonesia, tentu saja Prakerja mampu memberikan begitu banyak manfaat. Terutama bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

ikuti perkembangan seleksi dashboard prakerja terbaru di www.instagram.com/prakerja.go.id
ikuti perkembangan seleksi dashboard prakerja terbaru di www.instagram.com/prakerja.go.id

1. Memperoleh Insentif Bulanan

Salah satu manfaat dari Prakerja adalah memberikan insentif bulanan kepada setiap peserta. Adapun nominal insentif tersebut adalah Rp3.550.000 yang nantinya akan dikirimkan secara bertahap dalam kurun waktu selama 4 bulan.


Dari dana total tersebut, uang senilai Rp1.000.000 tidak dapat diuangkan. Alih-alih diuangkan, uang tersebut akan digunakan untuk membeli kelas pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang sudah menjadi mitra Prakerja.

2. Efektivitas Kerja

Karyawan yang terlatih dengan baik tentu akan sangat berpengaruh di dunia kerja nantinya. Mereka akan jauh lebih mampu untuk menggunakan berbagai macam bahan maupun perlengkapan kerja yang baik dan ekonomis.


Risiko kerusakan maupun kecelakaan kerja pun menjadi jauh lebih ditekan dengan karyawan yang sudah mendapatkan pelatihan terbaik. Dengan demikian, nantinya juga akan mengurangi biaya produksi per unit sehingga menciptakan efektivitas kerja.

3. Dapat Membantu Pekerja Untuk Lebih Produktif

Manfaat lainnya dari Prakerja adalah mampu membantu pekerja untuk lebih produktif lagi. Semakin produktif dan semakin optimal seseorang bekerja, maka hal tersebut akan membawa perubahan yang sangat positif. Salah satunya terkait hasil kerja yang berkualitas.


Pelatihan yang dapat dilakukan dengan lembaga yang menjadi mitra Prakerja juga akan semakin meningkatkan kemampuan peserta. Selain itu, juga bisa mempengaruhi kuantitas serta kualitas output suatu perusahaan.

4. Membuat Standarisasi Prosedur Kerja

Keberadaan Prakerja juga mampu menciptakan standarisasi prosedur kerja. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan keterampilan dan pengalaman terbaik sesuai bidangnya. Maka dari itu, keberadaan Prakerja akan sangat membantu.


Anda bisa memilih jenis pelatihan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anda menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu khawatir akan kalah saingan dengan kompetitor.

5. Membentuk Karakter dan Moral

Prakerja ternyata juga mampu membentuk karakter dan moral menjadi jauh lebih baik lagi. Semua karyawan yang mengikuti pelatihan Prakerja dengan lembaga-lembaga mitra Prakerja dianggap sudah mempunyai karakter dan moral yang bagus.


Pastikan Anda sudah sesuai dalam memilih jenis pelatihan. Sebab, pelatihan yang baik akan memberikan pengaruh baik yang optimal bagi Anda. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, maka diharapkan berbagai kendala pekerjaan dapat teratasi dengan mudah.

Cara Mengecek Dashboard Prakerja

Sebetulnya, sangat mudah sekali untuk mengecek dashboard Prakerja. Terutama untuk Anda yang ingin mengetahui informasi apa pada dashboard Prakerja tersebut. Apakah Anda lolos atau tidak, maupun info-info penting lainnya yang terdapat di dalamnya.


  • Pertama, Anda bisa langsung mengklik dashboard Prakerja yang terdapat pada situs Prakerja.go.id.
  • Berikutnya, Anda dapat melakukan log in menggunakan kartu Prakerja yang sebelumnya sudah dimiliki.
    cara login dashboard prakerja dengan email
    cara login dashboard prakerja dengan email
  • Jika Anda dinyatakan lolos, maka akan terdapat nomor Kartu Prakerja yang tampil lengkap dengan status saldo pada dashboard tersebut.
    pilih prakerja gelombang 23 untuk mengikuti seleksi terbaru
    pilih prakerja gelombang 23 untuk mengikuti seleksi terbaru
  • Akan tetapi, apabila Anda dinyatakan tidak lolos, maka akan muncul pemberitahuan berupa tulisan “Kamu belum berhasil” yang diikuti dengan emoticon sedih.
  • Biasanya juga agar Anda bisa melihat nomor Prakerja, maka akan diminta untuk menonton video yang disediakan sebanyak tiga. Video memuat informasi Prakerja dari tantangan sampai manfaatnya.

Cara Lain Melihat Pengumuman Prakerja

Selain dapat melihat melalui dashboard Prakerja, untuk mengetahui status atau info penting lainnya maka Anda bisa menggunakan layanan SMS. Pesan singkat tersebut nantinya akan dikirimkan pada nomor telepon yang telah didaftarkan ketika membuat akun.


Jadi, pastikan Anda sudah mendaftarkan nomor yang benar dan masih aktif. Sebagai informasi, meskipun Anda gagal lolos seleksi Prakerja, akan tetapi Anda tetap bisa mengikuti seleksi ulang pada gelombang berikutnya.


Tidak sulit untuk cek dashboard dari situs Prakerja sebagaimana diulas tim Sebuahutas.com? Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya menggunakan layanan SMS yang dikirimkan pada nomor telepon yang dicantumkan sebelumnya. Kiranya keberadaan Prakerja bisa membawa perubahan positif bagi Anda. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post