Friday, January 7, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bahasa Jawa menjadi bahasa yang cukup menantang dipelajari. Terlebih lagi bahasa tersebut memiliki banyak tingkatan yang berbeda-beda satu sama lainnya. Salah satu tingkatan bahasa Jawa yang sangat menarik dipelajari adalah Jawa Krama.

Aplikasi Translate Indonesia - Jawa Krama
Aplikasi Translate Indonesia - Jawa Krama

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa berbicara bahasa Jawa Krama. Bahkan, tidak sedikit orang asli suku tersebut juga tidak bisa menggunakan bahasa Jawa Krama. Maka dari itu, kehadiran aplikasi translate bahasa Jawa Krama bisa begitu membantu.

Tingkatan Bahasa Jawa

Bahasa Jawa menjadi bahasa yang cukup populer di Indonesia. Bahasa ini memiliki beberapa tingkatan yang begitu menarik dipelajari. Mulai dari bahasa Jawa Ngoko Lugu, Ngoko Alus, Krama Lugu, dan Krama Inggil.

tingkatan bahasa jawa versi baru
tingkatan bahasa jawa versi baru

1. Ngoko Lugu

Bahasa Jawa Ngoko Lugu merupakan tingkatan pertama dan termasuk yang paling dasar pada bahasa Jawa. Tingkatan bahasa ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh lebih muda, baik dari segi usia maupun kedudukannya.


Contohnya, komunikasi antara orang tua dengan anak, majikan dengan asistennya, maupun teman dekat yang sudah sangat akrab. Dalam kehidupan bermasyarakat suku Jawa, penggunaan tingkatan bahasa yang tepat juga menentukan kesopanan.

2. Ngoko Alus

Tingkatan berikutnya lebih tinggi dari Ngoko Lugu adalah Ngoko Alus. Tingkatan bahasa Jawa ini dipakai untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memang sudah sangat akrab. 


Akan tetapi, masih senantiasa tetap menjunjung tinggi kesopanan sekaligus rasa saling menghormati satu sama lainnya. Sebagai contoh adalah rekan sejawat, sesama kantor, penghuni antar kost, dan sebagainya. 


Mungkin Anda sendiri juga tidak begitu asing dengan bahasa Jawa ini karena sampai saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat luas.

3. Krama Lugu

Lebih tinggi daripada tingkatan Bahasa Jawa Ngoko Alus adalah Krama Lugu. Bahasa ini merupakan tingkatan paling dasar dari Bahasa Jawa Krama. Tentunya, lebih santun penggunaannya dibandingkan Ngoko Alus.


Bahasa Jawa Krama Lugu dipakai untuk melakukan komunikasi dengan orang yang usianya lebih tua maupun kedudukannya lebih tinggi lagi. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan Krama Lugu untuk berkomunikasi dengan teman yang masih belum akrab dan dekat.

4. Krama Inggil  

Terakhir, Bahasa Jawa Krama Inggil. Ini merupakan tingkatan bahasa Jawa yang paling tinggi. Tidak jauh berbeda dari Krama Lugu, Krama Inggil dipakai untuk berkomunikasi dengan mereka yang lebih tinggi dari tingkat usia maupun jabatan dan kedudukannya.


Di samping itu, bahasa Jawa Krama Inggil juga bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang masih belum dikenal. Perbedaan antara Krama Inggil dengan Krama Lugu hanya ada pada beberapa kosakata saja, sisanya persis satu sama lainnya.


Lihat juga: Generator Translate Aksara Jawa dari Latin dan Sebaliknya

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama

Demi kemudahan berbicara bahasa Jawa Krama, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi translate yang sesuai. Seperti halnya aplikasi Translator Jawa. Ini merupakan aplikasi penerjemah bahasa daerah Jawa di Indonesia mencakup Ngoko, Krama, Krama Inggil, dan sebagainya.


Aplikasi ini tentu bisa mempermudah Anda untuk memahami bahasa Jawa Krama secara keseluruhan. Hal ini membuat Anda tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk berbicara dalam bahasa Jawa. 


Terutama ketika ingin berkomunikasi dengan orang-orang yang lebih tinggi usia maupun kedudukannya.

#1 Detail Informasi Aplikasi Translator Jawa

Nama AplikasiTranslator Jawa
Rilis08 Oktober 2016
Pembaharuan Terakhir11 Maret 2017
Versi1.0.8
Ukuran4,76 MB
PengembangMongosilakan
Alamat Unduhanhttps://play.google.com/store/apps/details?id=net.mongosilakan.mobile

aplikasi translate indonesia ke jawa krama alus
aplikasi translate indonesia ke jawa krama alus

Dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, tentu hal tersebut tidak akan memakan banyak space pada perangkat Anda. Ini akan sangat menguntungkan sebab siapa saja bisa langsung menginstal aplikasi ini dengan mudah dan praktis.


Di samping itu, aplikasi ini juga sudah didukung dengan berbagai fitur yang mampu memberikan keunggulan pada aplikasi ini. Tentu saja aplikasi ini akan siap membantu penerjemahan bahasa Jawa Anda dengan cepat. Untuk mengunduhnya bisa langsung menuju ke halaman Google Playstore.

#2 Keunggulan Aplikasi Translator Jawa

Translator Jawa adalah aplikasi penerjemah bahasa Jawa yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Tentu saja aplikasi ini mampu memberikan berbagai keunggulan, terutama dalam hal penerjemahan bahasa Jawa.


  • Mampu menerjemahkan kata dalam Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa Krama dan sebaliknya.
  • Menerjemahkan kata berbahasa Indonesia ke Bahasa Jawa Ngoko dan sebaliknya.
  • Menerjemahkan kata berbahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jawa Krama Inggil dan sebaliknya.
  • Memiliki tombol penyalinan untuk hasil terjemahan bahasa.
  • Memiliki fitur pencarian kata tertentu (kamus).
  • Dapat dipakai untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.
  • Tampilannya sangat mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun.
  • Tidak memiliki ukuran yang besar sehingga bisa didownload oleh semua perangkat Android.
  • Tidak akan memakan banyak RAM perangkat.

Dengan keberadaan aplikasi penerjemah bahasa Jawa tentu bisa sangat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang suku Jawa secara mudah. Tidak perlu merasa kesulitan berbahasa Jawa lagi, sebab aplikasi ini akan sangat mempermudah Anda. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post