Saturday, May 14, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

WhatsApp merupakan aplikasi yang sudah tidak asing lagi dan banyak digunakan di seluruh dunia. Hampir semua orang menggunakan aplikasi ini untuk chatting pribadi atau terkait pekerjaan.

Download WA Web Update Terbaru 2022 Official Version
Download dan Cara Pakai WA Web Update Terbaru 2022 Official Version

Sebagai aplikasi populer, WhatsApp terus melakukan pembaruan salah satunya adalah meluncurkan versi website. Dimana dengan versi ini kamu dapat menggunakan WA lewat PC atau laptop. 


Artikel kali ini akan membahas secara spesifik terkait WhatsApp Website mulai dari fitur hingga cara penggunaannya. Selain itu, kamu juga perlu memahami tentang cara kerja dan apakah sama dengan WhatsApp seperti biasanya.

Apa Itu WhatsApp Website (WhatsApp Desktop)?

Aplikasi WhatsApp Web menjadi solusi melakukan chatting lewat Dekstop / PV
Aplikasi WhatsApp Web menjadi solusi melakukan chatting lewat Dekstop / PV
Sebagaimana disinggung di bagian awal, WhatsApp Web lebih dikhususkan pada pengguna perangkat lain selain smartphone. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan di berbagai browser seperti Google Chrome, Firefox dan yang lainnya.


Meski sama-sama media perpesan tetapi ada perbedaan yang mencolok antara versi seluler dengan web. Jika di seluler tanpa syarat namun di versi ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh setiap penggunanya. 

Syarat Menggunakan WhatsApp Web (WA Web)

Sebelum menggunakan WhatsApp ini ada beberapa persyaratan yang perlu kamu ketahui dan berikut ulasan selengkapnya:


  1. Pastikan browser seperti Google Chrome, Firefox atau yang lainnya dengan versi terbaru.
  2. Bisa Untuk semua pengguna Android minimal di versi 4.0.3 dan iOS minimal 9.0.
  3. Memiliki akun WhatsApp yang aktif di smartphone.
  4. Pada PC atau laptop harus memiliki koneksi internet yang stabil.
  5. Support untuk tablet dan minimal berada di versi terbaru.
  6. Instalasi WhatsApp Desktop membutuhkan PC dengan OS Windows 8 keatas

Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp Web (WA Web)

Sebagai platform yang banyak digunakan oleh para pengguna, WhatsApp terus berbenah dan ini bisa terlihat pada versi beta. Pada versi ini ada beberapa fitur menarik dan tidak adanya pada WhatsApp web versi biasa dan berikut ulasannya.

#1 Fitur Menggambar dan Buat Sticker WA

Selain beberapa fitur di atas, WA Web juga hadir dengan fitur lain seperti mampu mengirimkan stiker saat melakukan chatting. Bahkan kamu pun juga bisa juga menggunakan stiker yang di favoritkan di smartphone kedalam versi website. 


Sayangnya di aplikasi ini kamu tidak bisa menyimpan stiker tersebut di favorit. Jadi saat akan menyimpan stiker kamu harus membukanya di smartphone dan menambahkan ke bagian tersebut. Untuk mencobanya, kamu bisa mengikut beberapa langkah berikut agar lebih mudah memanfaatkan fitur ini.


  1. Pilih kolom chat yang akan dikirim gambar drawing tersebut.
  2. Silahkan ketuk icon Lampiran lalu pilih kanvas warna putih yang berlabel 'Sticker'
    fitur terbaru canvas drawing dan buat sticker di wa web
    fitur terbaru canvas drawing dan buat sticker di wa web
  3. Upload gambar dan pilih warna atau kata-kata dan nantinya bisa ditambhkan ke kanvas tersebut.
  4. Setelah selesai, kamu bisa kirimkan ke kontak yang ada di WhatsApp dengan mengklik tombol Send.
    fitur upload gambar dan edit menjadi sticker WhatsApp di wa web
    fitur upload gambar dan edit menjadi sticker WhatsApp di wa web

#2 Ada notifikasi Saat Chat Masuk

Pada saat menggunakan WhatsApp beta, kamu masih bisa menerima notifikasi via PC atau laptop. Pada versi sebelumnya, notifikasi ini bisa masuk selama terhubung dengan smartphone dan dalam kondisi aktif. Sedangkan pada versi beta, smartphone dalam keadaan nonaktif pun notifikasi dan pesan wa masih tetap masuk.

dua fitur utama wa web beta multi device
dua fitur utama wa web beta multi device

Dengan demikian, kamu bisa tetap berkomunikasi dengan rekan bisnis, keluarga atau yang lainnya. Fitur ini layak dicoba karena tidak ada ketergantungan pada smartphone dan tetap terhubung meski smartphonenya jauh dari PC.


Lihat juga: GB WhatsApp Pro APK 2022

#3 Mudah Dibuka

Saat menggunakan WhatsApp versi beta, kamu akan lebih mudah dan cepat saat login ke PC. Setiap kali login hanya butuh beberapa detik saja dan untuk versi sebelumnya jauh lebih lambat dari versi beta.


Login yang lebih cepat akan memudahkan kamu ketika membalas chat teman atau keluarga di kontak WhatsApp. Bahkan, mudah terbukanya bukan hanya saat login smartphone pertama tetapi berlaku untuk smartphone kedua saat akan dihubungkan.

#4 Panggilan Suara

Untuk fitur panggilan suara memang bisa dilakukan tetapi masih dalam proses pengujian. Sehingga, saat melakukan panggilan via PC terkadang ada beberapa masalah baik itu tidak terhubung atau masalah lainnya.

fitur voice call dan video call di menu wa web terbaru
fitur voice call dan video call di menu wa web terbaru

Selain panggilan suara, dalam waktu dekat WhatsApp juga mengkonfirmasi akan dihadikan fitur panggilan video. Fitur ini akan dirilis dalam waktu dekat dan hanya tinggal menunggu waktu saja untuk dirilis. Jadi kamu perlu bersabar untuk bisa menikmati fitur panggilan video yang bisa dilakukan di PC atau laptop.


Lihat juga: Cara Membuat Suara Google di WhatsApp


Dari sekian fitur di atas, kamu bisa mencobanya dari sekarang ketika memiliki PC untuk dihubungkan dengan smartphone. Cara menghubungkannya berbeda dengan versi sebelumnya sehingga kamu perlu tutorial untuk menggunakannya.

#5 Mengirimkan Pesan Pribadi dan Grup

WA Web memiliki kesamaan dalam mengirimkan pesan dimana bisa secara pribadi atau di group Whatsapp. Jadi kamu bisa mengetikkan pada keyboard terkait pesan apa yang akan disampaikan ke salah satu kontak yang tersedia.


Tak hanya itu, kamu juga bisa menerima pesan dari kontak lain baik yang ada di contact atau tidak. Sedangkan untuk mengirimkan pesan ke kontak baru, kamu bisa mengklik tombol di sebelah kiri dan masukkan nomor dan namanya. 

#6 Pengelolaan Group lebih Mudah

Fitur selanjutnya yang dimiliki oleh WA Web adalah kamu juga bisa mengelola grup lebih mudah dengan WA Web. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mengetik lebih cepat dan lebih leluasa dalam mengirimkan video atau file lainnya.


Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengatur berbagai hal lebih mudah mulai dari menambahkan informasi dan mengganti profil. Bahkan kamu bisa lebih mudah dalam menonaktifkan grup tertentu yang dirasa kurang penting.

bisa atur foto profil grup wa dan unggah lampiran dari desktop di wa web terbaru
bisa atur foto profil grup wa dan unggah lampiran dari desktop di wa web terbaru

#7 Mengunduh dan Membagikan File

Whatsapp Web juga memiliki fitur yang bisa mempermudah kamu dalam mengunduh berbagai jenis file. Proses pengunduhan ini termasuk berbagai dokumen, video atau jenis file lainnya yang kamu inginkan.


Bahkan, kamu bisa lebih cepat membagikan semua file pada kontak tertentu yang ada di smartphone. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengirimkan file dengan cara menyeretnya dan mengklik salah satu kontak yang tersedia.

#8 Gunakan WA Web walau Hp Offline

cara update new whatsapp web
cara update new whatsapp web
Lewat fitur New WhatsApp Web versi terbaru, kamu tidak perlu lagi menyalakan ponsel saat menggunakan WA web baik di maupun di Desktop PC. Hal ini dikarenakan WA Web terbaru sudah mendukung  fitur multi-device secara default sehingga WA web kamu selalu dalam posisi online walaupun koneksi hp offline atau bahkan ponsel mati sekalipun.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup mengakses situs web.whatsapp.com lalu login seperti biasa. Di bagian pojok kiri atas akan muncul notifikasi 'New WhatsApp Web available' dan ketuk tombol Get update untuk menggunakan New Wa Web versi terbaru tahun 2022.

Download Aplikasi WA Web Update Terbaru 2022

download whatsapp dekstop resmi dari microsoft apps
download whatsapp dekstop resmi dari microsoft apps
Untuk mengunduh aplikasi WA Web versi terbaru yang mendukung program WhatsApp BETA dan memungkinkan kamu untuk tetap berkirim pesan tanpa harus ponsel terhubung dengan koneksi internet, silakan gunakan link download berikut ini:
Nama AplikasiNew WhatsApp Web (WA Web Update)
DeveloperWhatsApp Inc.
Ukuran file148.56 MB
Versi terbaruv2.22 (14 Mei 2022)
Link DownloadWhatsAppSetup.exe

Cara Masuk Ke New WhatsApp Web Update Terbaru

Untuk bisa terhubung dengan WhatsApp versi beta, kamu perlu melakukan beberapa langkah pada smartphone. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikut langkah berikut agar tidak salah ketika ingin ditautkan ke PC atau laptop.


  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone
  2. Pada bagian kanan atas, kamu bisa mengklik tiga garis.
  3. Pada menu tersebut, kamu bisa memilih perangkat tertaut.
  4. Setelah itu, pada bagian bawah kamu bisa memilih gabung dengan versi beta.
    menu untuk cara menggunakan WhatsApp web beta terbaru 2022
    menu untuk cara menggunakan WhatsApp web beta terbaru 2022
  5. Selanjutnya kamu bisa buka PC lalu buka browser dan pastekan link berikut https://web.WhatsApp.com/
  6. pada halaman tersebut keluar barcode dan silahkan arahkan smartphone kamu ke PC untuk scan barcode.
    Scan barcode untuk login ke akun WA Web
    Scan barcode untuk login ke akun WA Web
  7. Setelah barcode berhasil di scan maka kamu bisa langsung terhubung ke PC.

Cara yang dijelaskan di atas ini bagi kamu yang belum pernah menggunakan WhatsApp web sebelumnya. Jika sebelumnya pernah terhubung maka kamu bisa keluar terlebih dahulu via PC lalu masuk dengan versi beta. Untuk langkah setelah keluar sama seperti yang dijelaskan di bagian atas tadi.

Cara Keluar Dari Versi Web Beta

Selain bisa masuk di versi beta, kamu juga bisa keluar dari versi tersebut dan bisa menggunakan versi sebelumnya. Untuk keluar dari versi beta, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut agar berhasil.


  1. Silahkan masuk ke Google Chrome lalu masuk ke https://web.WhatsApp.com/
  2. Pada halaman awal, di sebelah kanan foto profil WhatsApp, kamu bisa memilih tiga garis
  3. Lalu pilih keluar dan tunggu hingga prosesnya selesai.
    Cara mudah logout dari wa web tanpa aplikasi
    Cara mudah logout dari wa web tanpa aplikasi

Ketika memilih keluar maka kamu akan dibawa ke halaman dimana perlu melakukan scan kembali. Jadi pada halaman tersebut, kamu bisa login dengan WhatsApp versi biasa atau login dengan versi beta. Jika sebelumnya sudah login dengan versi beta maka perlu pengaturan lagi untuk masuk di versi sebelumnya.

Cara Login Ke WA Web Versi Standar

Untuk masuk ke versi non beta atau versi biasa perlu beberapa cara dan berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.


  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih tiga garis di bagian kanan atas
  2. Silahkan pilih tautkan perangkat lalu pilih beta multiperangkat.
  3. Pada bagian bawah, kamu bisa pilih  keluar dari versi beta.
    tombol untuk meninggalkan fitur WhatsApp web beta
    tombol untuk meninggalkan fitur WhatsApp web beta
  4. Jika tahap ini sudah dilalui silahkan kamu buka WhatsApp web melalui situs https://web.WhatsApp.com/
  5. Lalu scan barcode dari smartphone yang kamu gunakan.

Tanya-Jawab New WhatsApp Web Terbaru 2022

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna WA Web dari waktu ke waktu, para pengguna menemukan beberapa kendala saat login ataupun mengakses aplikasi WhatsApp versi dekstop/pc ini. Oleh karenanya, berikut beberapa kendala serta solusi terbaru yang kami rangkum perihal issue yang biasa ditemui saat mengakses situs web.whatsapp.com di browser.

Kenapa WA tidak bisa dibuka di PC?

Jika terjadi masalah WA tidak bisa dibuka di PC umumnya karena faktor jaringan yang digunakan. Solusi terbaik dalam membuka WA di PC adalah dengan menggunakan wifi karena jaringannya lebih stabil. 

Apakah WhatsApp Web bisa digunakan saat HP mati?

Whatsapp web versi Beta (multi-device aktif) masih bisa digunakan meskipun smartphone yang terhubung sedang dinonaktifkan. Jadi kamu tetap bisa mengirimkan dan menerima pesan dari kontak orang lain selama terkoneksi dengan internet. Hanya saja, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur WA Web Beta di pengaturan Linked Devices.

Jika kamu belum mengaktikan fitur WhatsApp Web Beta, cukup update aplikasi WA dan WA Web Desktop kamu ke versi terbaru agar kamu tetap bisa menggunakan New WhatsApp Web seperti biasa walaupun ponsel dalam kedaan mati.

Kenapa WhatsApp Web keluar tiba-tiba?

Whatsapp web bisa saja keluar sendiri dan ini disebabkan karena smartphone yang digunakan mengaktifkan mode hemat baterai. Jadi kamu bisa nonaktifkan bagian tersebut dan secara otomatis Whatsapp tersebut akan tetap terhubung.

Kenapa kode QR WA Web tidak bisa dipindai?

Untuk bisa masuk ke Whatsapp web maka kamu perlu memindai kode dari smartphone ke PC. Ketika kode tersebut tidak bisa dilakukan dapat dipastikan karena internet laptop kamu tidak stabil. 


Solusinya terbaik adalah bisa datang ke warung atau tempat wifi tercepat lalu hubungkan kedua perangkat tersebut. Jadi koneksi internet stabil harus ada di PC atau smartphone yang kamu gunakan. 


Itulah cara menggunakan WA Web terbaru dan fitur-fitur anyar dari Sebuahutas.com yang bisa kamu coba baik menggunakan New WhatsApp Web atau pun versi lama. Namun dari sekian fitur-fiturnya, ada baiknya kamu memilih New Whatsapp web. Sebab, ada beberapa fitur yang memang dikhususkan pada versi tersebut dan tidak ada di versi lama atau sebelum update.

Next article Next Post
Previous article Previous Post