Thursday, March 17, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Asisten Google adalah asisten virtual yang dibuat dan dikembangkan Google untuk membantu penggunanya menjalankan aktivitas di ponselnya. Lewat asisten google kamu bisa memberikan perintah apapun seperti perintah untuk  melakukan panggilan, mengirim pesan dan sebagainya.


Bukan hanya memberikan perintah, kamu juga bisa bertanya banyak hal hal pada Asisten google dan ia akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan.

cara mengaktikan asisten google dengan suara di hp android
cara mengaktikan asisten google dengan suara di hp android

Namun untuk bisa memberikan perintah pada asisten google di Hp, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Simak dibawah ini cara mengaktifkan asisten google di Hp android.


Lihat juga: Cara Download Suara Google lewat Hp tanpa Aplikasi

Cara Aktifkan Asisten Google di Hp Android

Untuk mengaktifkan Asisten google, ikuti langkah-langkahnya seperti ini:


  • Ketuk dan tahan tombol Home di hp Android hingga muncul jendela Asisten Google
  • Selanjutnya, ucapkan “OK Google, open Assistant setting” atau buka Assistant settings.
  • Selanjutnya pada All setting pilih General
    pengaturan Google assistant di hp android
    pengaturan Google assistant di hp android
  • Kemudian ganti Google Assistant ke on untuk mengaktifkan atau menyalakannya. Bila  nanti kamu ingin mematikannya kembali bisa ubah ke off.

Selanjutnya kamu juga harus mengatur agar Asisten google dapat mengenali suara kamu, caranya seperti berikut:


  • Pada Hp android ucapkan “Hey Google, open Assistant setting” atau buka Assistant settings.
    ketuk dan tahan tombol home untuk masuk ke asisten google
    ketuk dan tahan tombol home untuk masuk ke asisten google
  • Kemudian di bagian bawah Popular Settings klik Voice Match  
  • Pastikan juga Hey Google di Hp android mu telah aktif
    aktifkan fitur hey google dan voice match di pengaturan android
    aktifkan fitur hey google dan voice match di pengaturan android
  • Silahkan lakukan Tap Voice mode dan latihan berulang model suara 
  • Selanjutnya ikuti langkah-langkah untuk merekam suaramu

Nah, mudah sekali bukan untuk aktifkan Asisten google di Hp android. Lantas apa saja fungsi asisten google tersebut?

Fungsi Asisten Google

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Asisten Google berfungsi untuk menjalankan perintah yang kita berikan, seperti perintah untuk menelepon, mengirim pesan dan sebagainya. Selain itu juga, Asisten Google juga dapat menjawab semua pertanyaan yang kita ajukan. 


Namun tahukah kamu, sebenarnya ada banyak fungsi Asisten Google, seperti:

1. Membacakan Berita

Pastinya seru saat kita malas membaca berita dan ingin mendengarkan berita-berita yang tengah viral, kita tinggal katakan “OK Google, play the news.” Dan otomatis Google pun akan membacakan berita sesuai perintahmu.


Bahkan, bila kamu tak ingin mendengar berita-berita yang kurang enak atau negatif kamu bisa katakan “Ok Google, tell me something good”. Selanjutnya Google asisten ini hanya akan membacakan berita-berita baik dan menyenangkan.


Kamu juga bisa memintanya untuk berhenti membacakan berita, lalu melanjutkannya kembali. Membacakan berita ini menjadi salah satu fungsi dari Asisten Google. Fungsi yang satu ini pastinya sangat membantu saat kita tak bisa membaca berita langsung dalam situasi tertentu misalnya sedang mengemudikan kendaraan, dan lainnya.

2. Mengirim Pesan WhatsApp

Fungsi lainnya dari Asisten Google adalah untuk mengirim pesan WhatsApp. Pastinya kamu pernah dihadapkan pada situasi merepotkan dimana untuk mengirim pesan WA saja tak sempat. Sedangkan kamu butuh untuk mengirim pesan penting pada seseorang.


Nah, kamu bisa memanfaatkan Asisten Google untuk mengirim pesan WA pada seseorang yang dituju. Kamu cukup katakan “Ok Google, send a text Whatsapp to (person name)”. Selanjutnya kamu katakan juga pesan apa yang ingin dikirimkan pada orang tersebut. 


Kemudian, sebelum mengirim pesan tersebut, Google Assistant juga akan mengkonfirmasi apakah pesan masih ingin diedit atau ditambahkan, bila sudah ia pun akan langsung mengirim pesan tersebut. 

3. Menerjemahkan Bahasa Asing

Fungsi lainnya dari Asisten Google adalah menerjemahkan bahasa asing. Fungsi yang satu ini tentu sangat membantu kamu saat berkunjung ke luar negeri, entah untuk urusan pekerjaan ataupun untuk sekedar traveling. Asisten Google mampu menerjemahkan 188 bahasa asing. 

buka fitur terjemahkan suara lewat google assistant
buka fitur terjemahkan suara lewat google assistant

Contohnya saat kamu mengunjungi negara Perancis, dan ingin mengucapkan terimakasih, namun tak tahu apa dalam bahasa Perancis. Kamu bisa tanyakan pada Asisten Google dengan mengatakan padanya “How do you say ‘thank you’ in French?”. Selanjutnya Asisten Google akan menjawab dengan mengatakan “Merci”.


Bila kamu tak jelas dengan pengucapannya, kamu bisa meminta google mengulanginya dengan mengucapkan “Ok Google, repeat that”. Begitu juga dengan kata atau kalimat bahasa asing lainnya yang tidak kamu mengerti. 


Baca juga: Cara Terjemahkan Bahasa Asing dengan Suara

4. Sebagai Pengingat

Fungsi lainnya dari Asisten Google yakni kemampuannya dalam mengingat kamu yang sering lupa akan jadwal kegiatan yang akan datang. Lewat Asisten Google kamu bisa memintanya untuk mengingatkan kamu pada tanggal tersebut saat jadwal tersebut tiba.


Katakan pada asisten Google, “OK Google, set a reminder for my weekly meeting”. Otomatis asisten Google pun akan membuat jadwal waktu dan tempat agenda mingguan tersebut, sehingga kamu tak akan lupa saat tiba waktunya.  

5. Memutar Lagu atau Video

Mau mendengar lagu atau menonton video di Hp saat menyetir? Kamu bisa minta tolong Asisten Google untuk memutarkan lagu yang diinginkan dari Google Play music atau YouTube. 


Katakan pada Asisten Google “Play Ed Sheeran”  atau “Play Taylor Swift at YouTube”.  Asisten google pun pasti langsung melaksanakan perintah tersebut. 

6. Menunjukan Rute Terbaik

Buat masyarakat perkotaan, menghadapi macet di jalanan sudah jadi hal yang biasa. Apalagi saat berangkat dan pulang kerja, sekolah atau kuliah. Untuk membantu kamu menemukan rute terbaik guna menghindari kemacetan, kamu bisa minta bantuan Asisten Google mencari rute terbaik untuk menuju tempat kerja, kuliah, sekolah, rumah atau tempat-tempat yang kamu tuju. 


Katakan pada Asisten Google “Ok Google, get me office”. Otomatis Asisten virtualmu ini akan menunjukan kamu rute terbaik menuju kantor yang terhindar dari kemacetan. 


Demikianlah informasi mengenai cara aktifkan asisten google di Hp android dari Sebuahutas.com, mudah dan cepat. Dengan aktifkan asisten google akan banyak membantu aktivitas kamu sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×