Tuesday, March 8, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bagi sebagian orang pasti sudah paham dengan dengan fungsi CPU, apalagi orang-orang IT. Buat kamu yang belum paham, jadi fungsi CPU adalah untuk meneruskan instruksi selanjutnya yang diambil dari memori.

ini fungsi cpu terbaru
ini fungsi cpu terbaru

Intinya CPU mendukung pemrosesan data dengan mengambil beberapa fungsi seperti mengeksekusi, mengkode, dan mengambil fungsi pada instruksi yang diprogramkan.

Pengertian Apa Itu CPU

Pengertian Cpu
Pengertian Cpu

CPU adalah salah satu perangkat keras komputer yang bertugas untuk menerima serta menyelesaikan perintah ataupun data yang diterima dari perangkat lunak. 


Intinya, CPU menjadi pusat pengolahan data di komputer sehingga seringkali disebut dengan prosesor. Kecepatan kinerja dari sebuah perangkat komputer bisa dilihat dari kualitas yang dimiliki. 

Fungsi CPU Adalah

Fungsi Cpu Adalah
Fungsi Cpu Adalah

Fungsi CPU yaitu melakukan operasi aritmatika dan logika untuk data yang diambil dari memori. Sebenarnya, data juga bisa diberikan lewat beberapa perangkat keras selain CPU. 


Namun pada dasarnya CPU hampir sama dengan kalkulator. Tetapi, cara kerjanya CPU ini jauh lebih kompleks untuk menyelesaikan instruksi yang diberikan. Supaya bisa melakukan proses data, instruksi harus diberi alamat memori yang benar ketika disimpan pada RAM. 


Nantinya, CPU ini akan melakukan proses dengan mengakses data pada RAM dari alamat data yang telah dipilih. Berikut di bawah ini ada beberapa fungsi CPU adalah: 


  • Mengelola dan memproses semua kalkulasi, operasi logika dan aritmatika, perintah dari data yang diambil melalui memori. 
  • Fungsi lain yaitu menjalankan sebuah program yang telah tersimpan di memori utama dengan menerjemahkan setiap instruksi yang diberikan. Kemudian dieksekusi sesuai alur perintah yang ada. 

Sementara untuk kontrol dari CPU dilakukan dengan memakai instruksi dari software komputer. 

  • Mengontrol komputer supaya tetap tersinkronisasi kerja antar komponen. 
  • Mempunyai fungsi sebagai pusat dari sumber tenaga komputer.

Fungsi CPU di Komputer 

Fungsi Cpu Di Komputer
Fungsi Cpu Di Komputer

Berikut di bawah ini ada beberapa fungsi CPU pada perangkat komputer: 

1. Fungsi Storing 

Fungsi pertama yaitu fungsi storing, dimana fungsi ini menyimpan data dari CPU. Dengan begitu, seseorang yang akan memakai perangkat komputer bisa memerlukan perangkat untuk menyimpan data secara permanen. 

2. Fungsi Decoding  

Fungsi decoding merupakan sistem CPU dengan program yang bisa dijalankan menggunakan kode instruksi. Dengan begitu, bisa diterjemahkan oleh CB yang bisa mengenalinya di kode biner. 


Dengan begitu, decoding sebuah proses yang bisa menerjemahkan sebuah program ke dalam bahasa yang mampu dimengerti oleh CPU, sehingga bisa dilakukan dalam semua program. 

3. Fungsi Executing  

Fungsi executing adalah sebuah program yang dieksekusi oleh CPU yang bisa melakukan sesuatu. Hal ini membuat perhitungan bisa memakai komponen CPU. 

Maka fungsi ini juga disebut sebagai ALU atau Arithmetic Logical Unit. Dimana fungsi ini bertanggung jawab untuk seluruh proses komputasi logis pada komputer ataupun perangkat lainnya. 

4. Fungsi Fetching  

Fungsi fetching merupakan istilah yang bisa dipakai dalam komputasi sebagai memanggil atau mengambil sebuah data. Hal ini membuat perangkat komputasi data bisa disimpan menggunakan alamat di hardisk CPU. 


Intinya, fungsi ini mirip dengan data dalam prosesor CPU yang diatur oleh alamat program yang dijalankan CPU dengan mengambil data dalam komponen.

Komponen CPU

Komponen Cpu
Komponen Cpu

Berikut di bawah ini ada beberapa komponen CPU yang tertanam di dalamnya:

1. Unit Kontrol  

Unit kontrol merupakan salah satu komponen pada CPU yang bertugas untuk mengatur jalannya program. Tugas dari komponen ini yaitu mengambil instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi yang ada. 


Adapun pengolahan data yang dilakukan oleh komponen ini nantinya dibawa ke Unit kendali ke memori utama untuk disimpan. Komponen ini akan melakukan pengaturan penuh terhadap komputer sehingga bisa sinkron antar setiap komponen supaya bisa melakukan tugasnya dengan sempurna. 

2. Register  

Register merupakan salah satu komponen yang ada pada CPU. Register sendiri sebagai alat penyimpanan yang mempunyai ukuran kecil, akan tetapi kecepatan aksesnya cukup tinggi. 


Tugas dari register yaitu untuk menyimpan sebuah data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini mempunyai sifat sementara. Dengan begitu, hanya bisa menyimpan data yang sedang diolah atau data yang akan dipakai untuk proses selanjutnya. 

3. Arithmetic Logic Unit  

Komponen selanjutnya yang ditanamkan pada ada CPU adalah Arithmetic Logic Unit. Di mana tugas dari komponen ini yaitu melakukan operasi aritmatika serta operasi logika yang dilakukan berdasarkan instruksi yang ada. 


Komponen ini terbagi menjadi dua, yaitu unit aritmatika dan unit logika yang mempunyai tugas sendiri-sendiri. Komponen ini mempunyai tugas utama yaitu melakukan semua perhitungan aritmatika berdasarkan instruksi dari sebuah program. 

Cara Kerja CPU dalam Sebuah Komputer

Cara Kerja Cpu
Cara Kerja Cpu

Setelah kamu mengetahui beberapa komponen dan fungsi dari CPU, maka tidak ada salahnya juga mengetahui bagaimana cara kerja dari CPU. Pada saat perintah masuk ke processor, artinya perintah tersebut akan ditempatkan di penyimpanan pada MMA. 


Nantinya perintah tersebut akan diteruskan ke unit kontrol. Pada saat perintah itu berupa data, nantinya akan ditampung pada working-storage. Setelah itu, perintah dieksekusi oleh register yang disalurkan dari control unit ke program storage. 


Pada saat perintah tersebut berupa aritmatika dan logika, maka tugas akan diambil oleh ALU. Nantinya, pemrosesan akan dilakukan berdasarkan instruksi yang ditetapkan sebelumnya. Pada saat hasil pengolahan selesai, maka unit kontrol akan melakukan hasil pengelolaan di akumulator yang nantinya akan ditampung pada working storage. 


Sesudah pengerjaan semua tugas selesai, nantinya unit kontrol akan mengambil hasil pengolahan yang ada di working storage lalu ditampung ke output storage. Nantinya hasil pengolahan dari output storied akan ditampilkan di output devices.


Pada intinya, fungsi CPU adalah untuk menerima ataupun menjalankan sebuah perintah sebagai perangkat lunak sebagaimana ulasan lengkap dari Sebuahutas.com diatas. Hal ini juga membuat CPU disebut sebagai prosesor dengan kualitas teknologi CPU yang akan dipakai. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×