Friday, March 4, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pernah mengalami jaringan Indosat lemot? Berarti memang banyak orang yang pernah mengalami gangguan tersebut Indosat. Meski tinggal di wilayah yang jangkauan sinyalnya kuat, namun tetap saja. Kenapa jaringan Indosat lemot dan cara mengatasinya harus diketahui oleh para pelanggan.

Kenapa Jaringan Indosat Lemot Dan Cara Mengatasinya
Kenapa Jaringan Indosat Lemot Dan Cara Mengatasinya

Jaringan yang lemot memang akan sangat mengganggu apalagi jika dalam keadaan penting. Jika memang para pengguna Indosat mengalami hal ini, maka harus segera tahu penyebab dan cara mengatasinya. Biasanya, jaringan Indosat yang sedang buruk ada alasan yang kuat dibaliknya. 

Kenapa Jaringan Indosat Lemot?

Kenapa Jaringan Indosat Lemot
Kenapa Jaringan Indosat Lemot

Pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang memang sering muncul dari pengguna setia Indosat. Jaringan Indosat yang lemot punya beberapa alasan. Tanpa disadari biasanya penyebab lemot adalah karena masalah pengguna sendiri, bukan karena jaringan Indosat yang jelek. 


Berikut ini beberapa penyebab mengapa jaringan Indosat lemot:

1. Berada di Wilayah Terpencil 

Penyebab kenapa jaringan lemot adalah karena sedang berada di wilayah yang jauh dari perkotaan. Ini adalah hal yang sangat sering terjadi ketika meninggalkan daerah yang jangkauan sinyalnya kuat menuju ke tempat atau daerah yang kurang jangkauan sinyal.


Dengan begini, maka sinyal jaringan yang diterima di ponsel tidak akan bisa maksimal. Memang sinyal jaringan Indosat belum begitu merata, terutama untuk daerah terpencil. Jika sudah begini, maka memang harus mencari daerah yang kekuatan sinyalnya kuat untuk menemukan jaringan lagi. Untuk melihat daerah mana dengan sinyal Indosat yang kuat, kamu dapat mengunjungi laman berikut ini: https://indosatooredoo.com/portal/en/pscoveragearea.

cara mencari daerah dengan coverage sinyal indosat yang baik
cara mencari daerah dengan coverage sinyal indosat yang baik

2. Indosat Gangguan 

Penyebab selanjutnya adalah jika pihak Indosat sedang mengalami gangguan. Hal ini memang jarang terjadi, namun pernah dan mungkin ketika jaringan Indosat lemot sedang gangguan. Adanya maintenance memang kadang membuat jaringan menjadi terganggu.


Jika memang Indosat sedang gangguan, maka solusinya hanya menunggu hingga selesai perbaikan. Hal ini jarang terjadi karena dari pihak Indosat juga sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya gangguan demi kenyamanan para pengguna atau pelanggan setia.

3. Ponsel Lama

Pernahkah merasa jaringan Indosat yang dipakai lemot jika dibandingkan dengan orang lain yang sama-sama memakai, lebih lancar jaringan orang lain? Jika itu terjadi, maka biasanya penyebabnya adalah spesifikasi ponsel yang di mana ponsel orang lain lebih canggih.


Ponsel keluaran baru memang menawarkan sistem penangkapan jaringan yang lebih kuat. Ponsel keluaran lama jelas akan kalah dalam kemampuan menangkap jaringan sinyal. Hal ini juga harus diketahui agar ketika jaringan lemot tidak hanya menyalahkan jaringan saja.

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot

Jika sudah tahu penyebab jaringan Indosat lemot, maka harus tahu juga cara mengatasinya. Untuk hal ini, pengguna harus bisa menyesuaikan cara mana yang harus dipilih sesuai dengan kendala. Ada beberapa cara mengatasi jaringan lemot yang bisa dicoba atau dipakai oleh pelanggan Indosat: 

1. Mengatur APN 

Mengatur Apn
Mengatur Apn

Cara pertama untuk mengatasi jaringan Indosat lemot adalah dengan mengatur APN. Jadi kenapa jaringan Indosat lemot dan cara mengatasinya adalah dengan mengatur APN di ponsel menjadi jaringan umum.


Terkadang setelan APN di ponsel tidak sesuai dengan setelan yang umum digunakan. APN Indosat dan provider lainnya itu berbeda, jadi setelan untuk Indosat ada khusus. Dengan mengatur APN ini, maka jaringan bisa lebih luas. 


Sangat membantu untuk mengatasi jaringan Indosat yang tiba-tiba lambat atau bahkan sejak pertama kali menggunakan sudah lemot.

2. Mode Pesawat

Mode Pesawat
Mode Pesawat

Cara kedua ini adalah cara yang paling simpel dan cepat untuk menjadi solusi mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Pengguna bisa menggunakan cara mengaktifkan mode pesawat untuk membuat jaringan Indosat kembali normal atau tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari jaringan.


Kenapa mode pesawat? Karena dengan menyalakan mode pesawat dan kemudian kembali ke mode normal lagi akan merefresh IP jaringan di ponsel. Dengan begini, IP jaringan akan reset dan menjadi IP jaringan yang baru. Cara ini banyak dicoba atau digunakan karena caranya yang sangat mudah.

3. Mengatur Mode Jaringan 

Mengatur Mode Jaringan
Mengatur Mode Jaringan

Mode jaringan Indosat sudah mendukung 2G/3G/4G dan kebanyakan ponsel jaman sekarang juga sudah mendukung jaringan tersebut. Namun, terkadang pengguna lupa untuk mengatur mode jaringan ke 4G LTE sehingga sinyal jaringan yang ditangkap hanya mentok di jaringan 3G.


Untuk mengganti mode jaringan ini, tinggal pergi ke pengaturan dalam ponsel lalu menu opsi SIM card, lalu pilih Indosat dan ubah saja jaringan menjadi 4G LTE. Dengan begini, sudah otomatis ponsel akan menangkap jaringan 4G bukan lagi jaringan 3G atau bahkan 2G.

4. Gunakan Jaringan Malam 

Gunakan Jaringan Malam
Gunakan Jaringan Malam

Jika jaringan Indosat lemot di pagi hingga sore hari, maka biasanya jaringan di malam hari lebih lancar. Banyaknya orang yang memakai jaringan Indosat, terkadang akan mempengaruhi sinyal jaringan yang bisa didapat. 


Di jam-jam produktif biasanya hal ini sering terjadi dan membuat jengkel karena lemot. Apabila ingin merasakan jaringan yang kuat dan tidak lemot, gunakan saat jam malam. Banyak paket data Indosat yang menawarkan kuota malam. 


Manfaatkan ini untuk menikmati internet tanpa lemot dengan Indosat di jam malam. Tidak banyak orang yang akses di jam malam, jadi sinyalnya bisa sangat kuat.

5. Melakukan Restart 

Melakukan Restart
Melakukan Restart

Cara terakhir untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot adalah dengan restart ponsel. Cara ini fungsinya sama seperti mode pesawat, yaitu merefresh IP jaringan. Namun, dengan restart ponsel biasanya lebih berhasil dan lebih disarankan.


Ada beberapa penyebab kenapa jaringan Indosat lemot dan cara mengatasinya sesuai panduan dari Sebuahutas.com. Hal ini harus diperhatikan pengguna. Ketika jaringan lemot jangan langsung menyalahkan provider, lihat alasan lain. Siapa tahu alasannya adalah ponsel yang tidak mampu menangkap jaringan dengan maksimal. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post