Friday, March 11, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Saat iPhone dalam keadaan mati dan kamu ingin mengecasnya, mungkin akan sulit mengenali apakah pengecasan berhasil atau tidak. Supaya tidak bingung lagi, sebaiknya pahami tanda iPhone ngecas saat mati yang akan disampaikan pada artikel kali ini.

iPhone Tidak Mau Ngecas Ini Tanda-tanda Cas iPhone Saat Mati
iPhone Tidak Mau Ngecas Ini Tanda-tanda Cas iPhone Saat Mati

Kenapa hal ini penting untuk diketahui? Jawabannya adalah karena nggak ada orang yang ingin membuang waktu menunggu baterai penuh padahal HP tidak mengecas. Hal ini akan terasa sangat mengesalkan kalau kamu mengalaminya.

Mengenali Tanda iPhone Ngecas Saat Mati

iPhone kamu mungkin saja kehabisan baterai sampai benar-benar mati. Kalau sudah begini, sebaiknya segera sambungkan dengan charger yang sudah dialiri listrik. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai layar menyala dan menampilkan indikator charging.


Jika sudah muncul tampilan seperti itu, artinya iPhone kamu benar-benar ngecas dan dialiri oleh listrik. Kamu tinggal menunggu saja sampai baterainya terisi beberapa persen dan menghidupkannya kembali.


Selain itu, kamu juga bisa membiarkan iPhone kamu terisi baterainya sampai penuh baru menghidupkannya. Pilihannya tentu ada di tangan kamu.


Tapi, ada satu hal yang perlu kamu tahu. Untuk bisa berhasil ngecas iPhone yang kehabisan baterai sampai mati, ada beberapa hal yang mesti dipenuhi. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunakan Adaptor dan Charger Original

Gunakan Adaptor Dan Charger Original
Gunakan Adaptor Dan Charger Original

Gunakan selalu charger dan kabel original. Meski sudah beberapa tahun iPhone tidak menyertakan adaptor dalam paket pembelian, sebaiknya kamu tidak mengganti adaptor dengan merek lain. Gunakanlah selalu adaptor iPhone.


Kalau kamu nggak punya adaptor iPhone, belilah di iBox. Aksesoris iPhone yang dijual di iBox sudah dijamin original karena termasuk distributor resmi produk Apple untuk wilayah Indonesia.

2. Tidak Menggunakan Charger iPad

Tidak Menggunakan Charger Ipad
Tidak Menggunakan Charger Ipad

Charger untuk iPhone dan iPad memang sekilas sama. Port yang dipakai juga sama-sama lightning. Meski kesannya charger iPad “masuk” aja di iPhone, bukan berarti hal ini dibenarkan.


Charger iPad memiliki output yang lebih tinggi ketimbang output dari charger iPhone. Kalau kamu cas iPhone memakai charger iPhone, daya yang masuk ke iPhone akan lebih besar dari yang seharusnya. Meski baterai lebih cepat penuh, iPhone kamu akan terasa lebih panas.


Kalau dibiarkan berkepanjangan, bisa jadi iPhone kamu mengalami overheat dan baterai health cepat menurun.

Tanda iPhone Tidak Ngecas Saat Mati

Tanda Iphone Tidak Ngecas Saat Mati
Tanda Iphone Tidak Ngecas Saat Mati

Sebenarnya, tanda iPhone yang tidak ngecas saat mati sangat mudah untuk dikenali. Ketika kamu sudah menghubungkan charger ke listrik dan mencolokkan kabel ke iPhone, tapi layarnya tak kunjung menyala, itu artinya smartphone kamu tidak mengecas.


Artinya, listrik tidak dapat dialirkan menuju ke baterai iPhone sehingga tidak ada daya yang cukup untuk menghidupkan layar. Kalau kamu mengalami hal ini, jangan panik. Sebaiknya lakukan observasi untuk mengetahui penyebabnya.


Lihat juga: Perbedaan iPhone XR dan XS

Kenapa iPhone Tidak Ngecas?

Ada banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab kenapa iPhone tidak ngecas setelah mati karena kehabisan baterai. Berikut ini beberapa penyebab yang paling sering dijumpai berikut dengan penjelasannya:

1. Kerusakan atau Penyumbatan pada Port

Kerusakan Atau Penyumbatan Pada Port
Kerusakan Atau Penyumbatan Pada Port

Port adalah lubang tempat kamu menancapkan konektor lightning saat akan mengecas. Kalau port tersumbat oleh debu atau kotoran, listrik dari kabel akan terhambat dan tidak bisa masuk. Akibatnya, iPhone gagal ngecas.

2. Adaptor atau Kabel USB Rusak

Adaptor Atau Kabel Usb Rusak
Adaptor Atau Kabel Usb Rusak

Penyebab yang pertama kenapa iPhone tidak ngecas dalam keadaan mati adalah kerusakan pada adaptor atau kabel USB. Coba tes charger kamu ke iPhone lain. Kalau iPhone lain tersebut juga tidak mau ngecas, berarti memang ada yang salah dengan adaptor atau kabel tersebut.

3. Baterai Rusak/Bocor

Baterai Rusak Bocor
Baterai Rusak Bocor

Jika kamu sudah mencoba charger kamu ke iPhone lain dan berhasil ngecas, itu artinya ada yang salah sama baterainya. Mungkin battery health sudah benar-benar rendah.


Lihat juga: Download WA Mod iOS 


Biasanya, hal ini diawali dengan terus berkurangnya screen on time dari iPhone dan semakin borosnya baterai. Kalau terus dibiarkan, iPhone bisa-bisa mati total dan nggak bisa dicas sama sekali.


Baterai iPhone bisa rusak bukan tanpa sebab. Terdapat beberapa hal yang bisa membuat baterai iPhone kamu cepat drop, yaitu:

a. Tidak Menggunakan Adaptor Asli

Seperti yang sudah dijelaskan, menggunakan adaptor dan kabel iPhone original adalah sebuah keharusan. 


Pasalnya, kabel atau adaptor palsu mungkin tidak menghasilkan output yang sesuai dengan kebutuhan iPhone. Selain itu, ketidakstabilan arus listrik yang masuk juga memicu rusaknya baterai.

b. Sering Menguras Habis Baterai

Terlalu sering menguras baterai hingga habis, bahkan hingga iPhone mati akan mengurangi life cycle baterai. Dengan begitu, kesehatan baterai akan berkurang dengan cepat. Artinya, baterai juga akan cepat rusak.

c. Overheat

Penyebab baterai iPhone tidak awet yang terakhir adalah terlalu sering overheat. Biasanya, hal ini disebabkan oleh aplikasi tidak penting yang selalu standby atau memainkan iPhone saat sedang dicas.

Cara Mengatasinya Kendala Saat Charge iPhone

Cara Mengatasinya
Cara Mengatasinya

Kalau iPhone kamu sudah terlanjur mati dan nggak ada tanda-tanda ngecas, solusi satu-satunya adalah membawanya ke tempat servis. Sangat disarankan untuk membawa iPhone yang mengalami kerusakan di tempat servis resmi. 


Terlebih kalau iPhone yang kamu punya merupakan unit resmi dan masih garansi. Tempat servis resmi sudah memiliki sertifikat dari Apple. Artinya, teknisi yang akan menangani iPhone kamu merupakan tenaga profesional. 


Seandainya diharuskan untuk mengganti baterai, kamu akan mendapatkan part yang original jika datang ke lokasi servis resmi. Akan sangat disayangkan kalau kamu datang ke tempat servis non resmi. 


Kamu nggak ingin mengorbankan iPhone kamu dengan menggunakan baterai baru yang palsu, bukan? Salah-salah malah iPhone kamu rusak lagi dalam waktu dekat.


Tanda iPhone ngecas saat mati sebagaimana disampaikan Sebuahutas.com diatas ternyata sangat mudah dikenali kalau kamu sudah memahaminya. Jadi, nggak perlu bingung lagi, deh. Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk selalu mengecas iPhone sebelum baterainya benar-benar habis. Jaga-jaga supaya battery health tidak cepat berkurang.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×