Sunday, March 13, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Buat kamu yang menggunakan gadget dari Apple pasti sudah nggak asing lagi dengan iCloud. Pada saat pertama kali aktivasi perangkat, pasti kamu akan diminta untuk login ke iCloud, kan? Tapi, apakah kamu tahu fungsi utama iCloud dan cara kerjanya?


Kalau masih belum tahu, tentu nggak apa-apa. Tapi, sebagai pengguna iPhone, iPad, atau MacBook, pengetahuan soal iCloud sangat penting. Di kesempatan kali ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai iCloud, terutama untuk fungsi utama dan cara kerjanya. Yuk, simak bareng-bareng.

Fungsi Utama iCloud pada ponsel iPhone dan Cara Kerjanya

Fungsi Utama iCloud di iPhone dan Cara Kerjanya
Fungsi Utama iCloud di iPhone dan Cara Kerjanya

1. Cara Kerja iCloud

Cara Kerja Icloud
Cara Kerja Icloud

iCloud merupakan layanan penyimpanan awan (cloud) yang dimiliki dan dikelola oleh Apple. Fungsinya sama seperti storage pada umumnya, yaitu sebagai tempat penyimpanan data seperti foto, backup data dari perangkat, kontak, dan sebagainya.


Bedanya, iCloud ini bekerja secara online dan melakukan sinkronisasi data secara terus menerus dan real time melalui server Apple.


Mudahnya begini, ketika kamu memiliki iPhone dan sudah login ke iCloud (Apple ID), maka data yang tersimpan di perangkat tersebut akan diupload juga ke server Apple. Jadi, data tersebut akan jauh lebih aman.


Kamu juga bisa mengaksesnya melalui beberapa perangkat lain asalkan memakai satu akun yang sama.

2. Fungsi Utama iCloud iPhone

Hal selanjutnya yang akan dibahas pada artikel fungsi utama iCloud dan cara kerjanya tentu saja fungsinya. Tanpa basa-basi lagi, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

a. Storage

Storage
Storage

Fungsi pertama dari iCloud adalah sebagai storage atau tempat penyimpanan yang berbasis awan atau cloud. Setiap pengguna iPhone mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis dari iCloud sebesar 5GB. Jika ingin menambah kapasitasnya, kamu perlu berlangganan dengan membayarnya per bulan.


Di iCloud storage, semua file bisa kamu simpan. Mulai dari foto, video, dokumen, bahkan backup data dari perangkat Apple. File-file tersebut bisa kamu akses melalui aplikasi File yang ada di iPad dan iPhone, Finder di Mac, serta aplikasi iCloud untuk Windows.

b. Menyimpan Foto dan Video

Menyimpan Foto Dan Video
Menyimpan Foto Dan Video

Penyimpanan awan milik Apple ini memiliki satu fitur bernama iCloud Photo. Fitur yang satu ini dibuat khusus untuk penyimpanan file foto dan video. Tentunya, kamu bisa mengakses fitur ini melalui berbagai platform, mulai dari iCloud.com, perangkat iOS, Mac, iPadOS, bahkan di Apple TV.

c. Backup File

Backup File
Backup File

Data-data di perangkat Apple sangat disarankan untuk dibackup atau dicadangkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kalau-kalau perangkat rusak atau hilang, data kamu di dalamnya nggak ikutan musnah.


Fungsi ini bisa kamu pakai untuk semua perangkat Apple seperti iPad, iPhone, iPod Touch, bahkan Mac. Fitur backup file yang dimiliki oleh iCloud juga memudahkan para pengguna saat akan ganti perangkat. Perpindahan data bisa dilakukan dengan seamless.

d. Akses File di Semua Perangkat

Akses File Di Semua Perangkat
Akses File Di Semua Perangkat

iCloud bisa diakses dari perangkat manapun karena filenya disimpan di server Apple. Dengan begitu, kamu nggak perlu memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain dengan cara-cara jadul. Tidak ada lagi cerita memindahkan file dengan kabel data, flashdisk, atau semacamnya.

Jika ada file yang ditambahkan dari satu perangkat, maka data akan langsung tersinkronisasi dan perangkat yang lain juga akan mengupdate data secara realtime.

e. Berbagi Fitur dengan Orang Lain

Berbagi Fitur Dengan Orang Lain
Berbagi Fitur Dengan Orang Lain

Apple menyediakan satu layanan yang disebut sebagai Family Sharing. Kamu bisa mendaftarkan beberapa akun iCloud sekaligus sebagai satu keluarga. Keuntungan yang bisa didapatkan dari fitur ini sebenarnya sangat banyak.


Kamu bisa membagikan berbagai fitur Apple dengan seluruh anggota keluarga. Berikut ini beberapa benefit yang bisa diperoleh dengan menggunakan Family Sharing:


  • Pembelian iTunes Store
  • Pembelian aplikasi di App Store
  • Pembelian buku di Apple Books
  • Langganan Apple Music
  • Paket penyimpanan iCloud
  • Langganan Apple News+
  • Apple Arcade
  • Membantu menemukan perangkat anggota keluarga yang hilang
  • Berbagi album foto dan kalender

f. Sinkronisasi Kontak

Sinkronisasi Kontak
Sinkronisasi Kontak

Selain memindahkan data, memindahkan kontak dari satu perangkat ke perangkat lain akan sangat merepotkan kalau dilakukan secara manual. Tapi, pengguna Apple tidak perlu khawatir karena fitur sinkronisasi kontak yang dimiliki oleh iCloud.


Jadi, saat kamu login akun iCloud di suatu perangkat, kontak bisa disinkronisasi secara otomatis. Kalau kamu menyimpan nomor baru atau menghapus kontak, perubahan ini akan langsung disinkronisasikan dengan perangkat lain yang login menggunakan satu akun iCloud.

g. Menyimpan Catatan

Menyimpan Catatan
Menyimpan Catatan

Bagi sebagian pengguna iPhone, menyimpan catatan merupakan satu hal yang sangat penting. Kamu bisa menyimpan catatan di cloud storage milik Apple. Catatan tersebut akan tersimpan selamanya di sana kecuali kamu menghapusnya.

Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir akan kehilangan catatan tersebut karena sudah tersimpan dengan sangat aman.

h. Reminder dan Kalender

Reminder Dan Kalender
Reminder Dan Kalender

Fungsi iCloud yang selanjutnya adalah akses ke kalender melalui fitur iCloud Calendar. Selain bisa melihat tanggal berapa hari ini, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuat agenda atau reminder mengenai suatu acara atau hari penting.

i. Menemukan Perangkat yang Hilang

Menemukan Perangkat Yang Hilang
Menemukan Perangkat Yang Hilang

Semua orang pasti nggak ingin gadget kesayangannya hilang. Tapi, hal ini sangat mungkin terjadi. Untuk mengantisipasi kehilangan semacam ini, Apple sudah merancang fitur Find My untuk melacak perangkat.


Lihat juga: Solusi iPhone tidak Mau Ngecas dan Tandanya Saat Mati


Fitur Find My bisa digunakan dengan cara login menggunakan akun iCloud. Selanjutnya, kamu bisa melacak lokasi terbarunya, membunyikan, mengunci, bahkan menghapus data-data dari perangkat tersebut supaya nggak disalahgunakan oleh orang lain.


Ya, sampailah di bagian akhir pembahasan ini. Kamu pasti sudah bisa menyimpulkan apa saja fungsi utama iCloud di iPhone dan cara kerjanya berdasarkan ulasan Sebuahutas.com ini. Jadi, mulai sekarang kamu bisa memaksimalkan iCloud di perangkat Apple.

Next article Next Post
Previous article Previous Post