Sunday, March 13, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pada artikel kali ini akan dibahas seputar pengertian, cara kerja, dan fungsi processor pada perangkat komputer. Jadi processor adalah salah satu komponen komputer yang memiliki peranan sangat penting.

Mengenal Fungsi Processor Pengertian dan Cara Kerja nya
Mengenal Fungsi Processor Pengertian dan Cara Kerja nya

Bisa dikatakan jika processor merupakan otak dari sebuah perangkat komputer. Apapun semua proses yang terdapat di komputer, pasti akan berpusat di komponen ini. Untuk kamu yang ingin memahami lebih dari pengertian processor, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Apa Itu Processor

Pengertian Prosesor
Pengertian Prosesor

Prosesor merupakan otak komputer yang mempunyai fungsi untuk menjalankan perintah atau melakukan perhitungan yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Atau bisa juga, prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol semua jalannya sistem komputer. 


Mulai dari fungsi menjalankan tugas, perintah, ataupun melakukan perhitungan. Jadi, dalam sebuah perangkat komputer, prosesor seperti mesin yang kinerjanya harus didukung oleh komponen lain. Seperti memory, mainboard, dan lain sebagainya.


Prosesor sendiri terletak di socket motherboard. Sehingga, kamu bisa melakukan upgrade atau downgrade prosesor selama socket yang terdapat di motherboard sama atau sesuai. 


Kapasitas dan jenis prosesor juga berpengaruh pada kecepatan dari komputer itu sendiri untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi. Prosesor juga berfungsi untuk melakukan manajemen arus data supaya terhindari stack data ketika sedang melakukan operasi komputer.

Cara Kerja Processor 

Cara Kerja Processor
Cara Kerja Processor

Seperti yang diketahui sendiri jika kecepatan prosesor dilihat dari seberapa cepat dalam melakukan proses data dengan satuan Hertz. Misalnya 500 GigaHertz yang berarti processor pada perangkat komputer bisa menjalankan perintah 5000 miliar dalam sekali kerja. 


Dengan banyaknya jumlah data yang diproses, tidak mungkin bagi manusia untuk menjalankan secara manual. Saat ini perangkat komputer mempunyai dua prosesor andalan yaitu AMD dan Intel. 


Kedua perusahaan raksasa hari ini selalu menghadirkan processor atau otak komputer terbaru dengan teknologi canggih. Kedua perusahaan processor ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Namun untuk soal ketahanan dipakai berjam-jam ataupun berhari-hari, processor Intel lebih unggul. Sedangkan untuk processor AMD lebih banyak dipakai untuk mengoperasikan atau menjalankan game karena mempunyai teknologi yang lebih unggul dalam hal memproses grafik. 


Namun untuk secara garis besar, processor mempunyai cara kerja seperti: 


  • Berpindah dalam mengambil keputusan ke perintah lain berdasarkan keputusan tersebut. 
  • Lewat ALU yang mengoperasikan data berupa angka serta statistik, pembagian, pengurangan, penjumlahan, perkalian, melakukan operasi matematika angka yang rumit. 
  • Singkatnya, cara kerja prosesor yaitu menerima perintah atau umpan masuk input baik dari keyboard, mouse, ataupun alat menginput data lain yang masih terhubung. 
  • Kemudian memproses data-data perintah tersebut atau menterjemahkan untuk meneruskan atau mengeluarkan outputnya ke software atau hardware terkait.

5 Fungsi Processor dalam Sebuah Komputer

Fungsi Processor
Fungsi Processor

Intinya processor mempunyai fungsi sebagai pemroses data yang bisa dari inputan atau masukan dan nantinya akan menghasilkan sebuah output. Processor merupakan komponen penting dari perangkat komputer. 


Namun, perangkat ini tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan komponen lain seperti RAM dan hardisk. Dengan adanya dukungan dari perangkat lain, maka prosesor bisa melakukan proses data secara cepat. Untuk fungsi processor sendiri ada banyak, berikut pembahasan lengkapnya: 

#1 CU (Control Unit)  

Control unit merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah prosesor. Komponen ini mempunyai fungsi sebagai pengendali utama dalam mengatur semua bagian pada perangkat komputer. 


Control unit menjadi pengendali utama, kapan alat input bisa menerima atau menjalankan, memproses dan memperlihatkan hasil dari proses suatu data yang telah dilakukan. 

#2 Arithmetic And Logical Unit (ALU)  

ALU adalah salah satu komponen terpenting lain dalam sebuah prosesor yang mana fungsinya menjalankan setelah perintah control unit diberikan. Sesuai dengan namanya, ALU memproses sebuah data berupa angka baik dalam operasi data statistik atau perhitungan. 


Lhat juga: Ini Online Android Emulator Terbaik untuk Laptop atau PC

#3 Register (Registry)  

Register pada prosesor mempunyai fungsi yang tidak kalah penting jika dibandingkan dengan control unit ataupun ALU. Dimana register mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan data.


Dengan mengakses penyimpanan secara cepat, register bisa menyimpan data sesuai dengan seberapa besar register mampu menyimpan data yang sudah diproses oleh control unit dan ALU. 


Nantinya, data yang tersimpan di dalam register biasanya berupa data sementara yang akan disimpan di memori utama pada processor.

#4 Mengintegrasikan Komponen Internal  

Fungsi lain dari prosesor yaitu mengintegrasikan semua komponen internal yang terdapat di komputer. Komponen ini meliputi VGA, RAM, hardisk, chipset, dan komponen lainnya. 


Dengan begitu, semua komponen tersebut dapat bekerja sesuai dengan tugasnya dan saling integrasi antara satu dengan yang lain. Seluruh komponen nantinya akan terhubung dengan komponen processor lain sehingga bisa terintegrasi. 

#5. Mencegah Overlapping  

Fungsi lain dari prosesor yaitu mencegah supaya tidak terjadinya overlapping pada seluruh komponen komputer. 


Pada saat kamu mengakses sebuah data atau informasi, maka prosesor akan memastikan terlebih dahulu jika komponen yang akan bekerja merupakan komponen hardisk, dan bukan komponen lain yang tidak berkaitan dengan proses pengambilan data. 


Tentunya hal ini sangat berhubungan erat dengan fungsi dari suatu prosesor untuk mengintegrasikan seluruh komponen perangkat komputer yang ada di dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya di dalam suatu sistem kerja komputer.


Intinya prosesor merupakan otak dari perangkat komputer atau yang dikenal dengan Central Processing Unit. Dimana fungsi dari prosesor yaitu mengolah input, mengeksekusi perintah, serta menjadi pusat semua kegiatan komputer. 


Kurang lebih seperti itu pembahasan di atas mengenai pengertian, cara kerja, dan fungsi processor dari  Sebuahutas.com. Apakah dengan ulasan di atas kamu sudah paham? Processor adalah bagian yang sangat penting pada komputer.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×