Monday, March 28, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Youtube merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan pengguna, yaitu sekitar 94% pengguna internet mengakses Youtube pada tahun 2020 lalu. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Youtube cocok digunakan sebagai platform mengiklan produk dengan fitur Youtube Ads nya. Dan mungkin kamu juga sudah sering mendengar hal tersebut.


Nah, di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu Youtube Ads, jenis iklan Youtube Ads hingga cara menggunakannya.

panduan lengkap youtube ads jenis iklan dan cara menggunakannya
panduan lengkap youtube ads jenis iklan dan cara menggunakannya

Apa Itu Youtube Ads?

Youtube Ads merupakan salah satu fitur dari Youtube untuk para brand yang ingin mempromosikan atau memasang iklan produk mereka. Iklan yang kamu pasang nantinya akan muncul di tengah - tengah video YouTube. Tentu iklan ini bekerja secara daring, jadi jika kamu menggunakan cara download video YouTube ke ponsel atau PC, tentu iklan di video tidak akan muncul.


Namun begitu, kamu bisa membuat campaign iklan Youtube sesuai kebutuhan, dengan menentukan target audiens, lokasi, dan anggarannya. Apabila iklan sudah muncul dan audiens menonton iklan kamu sampai selesai maka Youtube akan membebankan biaya iklan kepada kamu yang harus dibayar.


Setelah mengetahui pengertiannya, lalu apa kelebihan Youtube Ads?

Keunggulan Youtube Ads

youtube ads cocok dengan tren work from home saat ini
youtube ads cocok dengan tren work from home saat ini
Berikut ini beberapa keunggulan jika kamu beriklan di Youtube Ads.

#1 Hanya Membayar Iklan yang Ditonton

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, kamu hanya perlu membayar iklan yang ditonton oleh audiens, kurang lebih selama 30 detik atau sampai selesai. Jika penonton melewatkan atau skip iklan kamu, maka kamu tidak perlu membayarnya.


Sehingga kamu hanya perlu membayar untuk mereka yang memang tertarik saja.

#2 Target Jelas dan Relevan

Ketika membuat campaign Youtube Ads kamu akan diminta untuk memilih gender, umur hingga lokasi. Sehingga iklan yang kamu buat akan ditampilkan pada pengguna yang relevan saja.


Misalnya iklan hijab hanya akan ditampilkan pada pengguna Youtube dengan gender wanita saja.

#3 Terdapat Laporan yang Akurat

Dalam akun Google Ads, nantinya kamu dapat melihat apakah kamu sudah menjangkau audiens dengan tepat atau belum. Di sana terdapat informasi detail dari mulai detail penayangan, anggaran, dan yang lain.


Selain itu, kamu juga dapat melihat pada tab Analytics di akun Youtube. Di sana kamu dapat melihat video mana yang paling sering ditonton dan berapa lama mereka menonton.


Dengan segala keunggulan Youtube Ads, maka sangat cocok kamu jadikan pilihan untuk mengiklan produk.

Jenis - Jenis Iklan Youtube Ads

Iklan Youtube Ads dibagi menjadi beberapa, yang mungkin bentuknya juga sudah sering kamu temui di Youtube. Diantaranya sebagai berikut.

1. Skippable in - stream Ads

Jenis iklan Youtube Ads yang pertama mungkin sering kamu temui di konten - konten. Iklan jenis ini dapat di skip oleh penonton, biasanya setelah detik ke 5. Sedangkan panjang durasi iklan ini maksimum 12 menit dan minimum 3 menit.

Contoh iklannya seperti gambar di bawah.

Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Contoh Skippbale In Stream Ads

Karena terdapat tombol skip dan berpotensi besar penonton akan melewati, maka dari itu kamu harus membuat video iklannya semenarik mungkin.

2. Non - Skippable Ads

Berbeda dengan sebelumnya, iklan jenis ini tidak dapat di skip sama sekali. Maka dari itu konten iklan ini isinya lebih lengkap dari sebelumnya. 

Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Contoh Non Skippable Ads

Namun, non - skippable ads dibagi lagi menjadi beberapa diantaranya yaitu.


  • Pre-roll Ads: iklan ini muncul sebelum video dimulai seperti contoh di atas, kurang lebih selama 15-20 detik.
  • Mid-roll Ads: iklan ini muncul kira - kira 10 menit setelah dimulai, durasinya masih sama 15-20 detik.
  • Bumper Ads: iklan ini muncul di awal, tengah, atau akhir video dengan durasi hanya 6 detik saja.

3. Discovery Ads

Jenis selanjutnya yaitu Discovery Ads atau dulu yang bernama In - display Ads. Iklan ini ditayangkan di berbagai tempat, seperti di homepage Youtube, halaman hasil pencarian, atau di bawah video yang sedang kamu tonton.


Berikut contoh Discovery Ads yang berada di halaman hasil pencarian.

Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Contoh Display Ads

4. Non - Video Ads

Jika jenis - jenis sebelumnya kamu diharuskan membayar iklan di akhir apabila ditonton audiens. Maka berbeda dengan jenis ini, non - video Ads merupakan jenis iklan tanpa video.


Iklan jenis ini terbagi menjadi beberapa yaitu.


  • Sponsored card ads: iklan dengan bentuk gambar atau card yang muncul ketika penonton klik ikon “i” di pojok kanan layar. Jika gambar tersebut di klik, penonton akan diarahkan menuju video atau channel YouTube kamu.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Contoh Sponsored Cards Ads
  • Overlay ads: merupakan iklan berbentuk teks dalam box yang transparan berukuran 480 × 70 pixel. Iklan ini biasanya terletak di tengah video.
  • Display ads: iklan berbentuk gambar yang muncul di hasil pencarian YouTube. 

Itulah beberapa jenis iklan Youtube Ads yang nantinya bisa kamu pilih ketika membuat  campaign.

Cara Menggunakan Youtube Ads Terbaru 2022

Setelah mengetahui keunggulan dan jenis - jenisnya, kali ini kita akan mencoba menggunakan Youtube Ads. Pastikan kamu mengikuti langkah demi langkahnya di bawah ini.


  1. Buka situs Youtube Ads di link berikut https://www.youtube.com/ads/ setelah itu pilih Mulai Beriklan.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Klik Mulai Beriklan
  1. Setelah itu kamu akan diminta untuk login ke akun Google Ads, jika belum memiliki kamu bisa membuat terlebih dulu
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Pilih Akun Ads
  1. Kemudian, kamu bisa memilih diantara 2 opsi berikut. Contohnya yaitu mendorong jumlah tontonan video. Setelah itu masukan URL dan nanti akan muncul preview di sampingnya.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Pilih Salah Satu Opsi Dan Masukan Url Video
  1. Jika sudah, sekarang giliran untuk memasukan URL situs yang akan kamu arahkan selanjutnya klik BERIKUTNYA.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Masukan Url Situs Dan Klik Berikutnya
  1. Setelah itu nanti kamu akan diminta  untuk memilih Lokasi dan Bahasa yang sesuai dengan target audiens-nya. Kamu bisa memilih lebih dari satu lokasi dan bahasa.
  2. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih gender, usia hingga status keluarga seperti kolom merah berikut. Jika sudah pilih Berikutnya.

  3. Berikutnya pilih antara Jangkau orang dengan minat seluas mungkin atau Jangkau orang dengan minat spesifik. Jika dengan minat spesifik maka bisa pilih topiknya di bawah.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Pilih Jangkauan Audiens
  1. Langkah terakhir, kamu harus menetapkan berapa anggaran harian untuk iklan yang akan ditayangkan. Contohnya di sini yaitu Rp100.000.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Masukan Anggaran Harian
  1. Setelah semua terisi, nanti akan muncul halaman berisi tinjauan kampanye seperti berikut. Kamu bisa mengeceknya sekali lagi apakah sudah sesuai atau belum.
Youtube Ads Keunggulan Jenis Iklan Dan Cara Menggunakan
Tinjauan Kampanye

Apabila semua langkah sudah selesai, sekarang kamu tinggal membayar sesuai tagihan sehingga iklan bisa diproses oleh Youtube.


Itulah cara menggunakan Youtube Ads dalam membuat iklan dari Sebuahutas.com, setelah itu kamu bisa mengontrol iklan tersebut lewat dashboard https://ads.google.com/ mudah sekali kan?


Sampai sini kamu sudah tahu apa itu Youtube Ads, seperti apa keunggulannya hingga cara menggunakan Youtube Ads. Jadi, tunggu apalagi yuk segera coba pasang Youtube Ads di video kamu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×