Wednesday, April 6, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Ketika kamu hendak melamar kerja, magang ataupun organisasi hal pertama kali yang dicari tahu yaitu bagaimana cara membuat CV dan seperti apa sih contoh CV atau resume.

contoh cv lamaran kerja terbaru agar lolos applicant tracking system
contoh cv lamaran kerja terbaru agar lolos applicant tracking system

CV atau resume merupakan salah satu dokumen yang memang wajib ada di sebuah berkas lamaran. Maka dari itu penting untuk diketahui baik para jobseeker, maupun mahasiswa.


Nah, jika kamu belum mengetahui apa - apa soal CV, tenang saja kali ini kita memiliki beberapa contoh CV dan resume serta tips penting agar lamaran kamu diterima. Yuk langsung saja kamu simak.

Download Contoh CV Lamaran Kerja

Untuk mengunduh CV atau resume dalam format docx, kamu dapat mengunduh berkas dibawah ini:



Lebih lanjut, kami menyediakan beberapa contoh CV menarik buatan sendiri. Contoh CV tersebut nantinya bisa menjadi gambaran ketika kamu menyusun CV versi sendiri. Namun, disini kita akan mencontohkan yang berupa satu halaman saja atau resume. 

#1 Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh yang pertama yaitu untuk lamaran kerja. Seperti contoh di atas, terdapat beberapa informasi yang harus kamu masukan. Beberapa data yang penting seperti riwayat pendidikan terakhir, skill yang berkaitan dengan posisi, dan pengalaman kerja jika ada.


Kamu juga dapat menambahkan piagam jika memiliki serta tambahkan juga link portfolio. Portfolio akan sangat penting apalagi jika kamu berada di industri kreatif.

#2 Contoh CV Menarik

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Menarik

Contoh yang kedua cukup berbeda dengan sebelumnya. Jika tadi tidak terlalu banyak model dan hanya menggunakan beberapa bentuk saja seperti garis dan icon. Untuk contoh kali ini dibuat lebih menarik.


Misalnya seperti ikon bulat yang menunjukkan hobi, atau bar untuk menunjukkan seberapa besar skill kamu. Namun, kamu juga harus pastikan jangan terlalu banyak item, karena nanti justru akan mengalihkan informasi terpentingnya.


Gunakan secukupnya namun tetap bisa menyampaikan informasi tentang diri kamu.

#3 Contoh CV untuk Beasiswa

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Beasiswa

Bagi kamu yang berminat mendaftar beasiswa, entah beasiswa kuliah ataupun yang lain pasti biasanya diminta untuk mencantumkan CV. Nah, kamu tidak perlu bingung - bingung apalagi jika tidak ada pengalaman sebelumnya.


CV beasiswa kebanyakan justru berisi informasi prestasi akademik, penghargaan hingga organisasi. Maka dari itu seperti contoh di atas, kebanyakan informasinya seputar itu.


Kamu bisa buat dan kemas pengalaman dan prestasi sedemikian rupa agar recruiter tertarik lebih jauh pada kamu.

#4 CV untuk Fresh Graduate

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Fresh Graduate

Selanjutnya adalah CV untuk kamu para fresh graduate. Kebanyakan para lulusan saat ini mengeluhkan jika mereka bingung hendak mengisi CV dengan apa, karena belum banyak pengalaman dan mungkin hanya magang saja.


Nah, tapi kamu tidak perlu khawatir karena bagaimanapun juga HRD akan maklum karena kamu masih baru lulus. Di CV tersebut nantinya kamu dapat melampirkan pengalaman magang sebelumnya jika pernah, skill yang kamu kuasai serta pengalaman organisasi.


CV di atas hanyalah contoh saja, kamu bisa jadikan pedoman namun jangan terlalu terpaku, karena sangat bisa kamu kembangkan lagi.

#5 Contoh CV untuk Magang

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Magang

Magang merupakan salah satu kegiatan penting baik kamu yang masih mahasiswa ataupun sudah lulus. Dengan memiliki pengalaman magang akan menambah nilai plus untuk kamu. Maka dari itu setelah lulus tidak ada salahnya kamu mencari magang lagi, dan pastikan buat CV yang menarik namun berbobot.


Pada CV magang, kamu bisa masukan skill yang dikuasai, jangan hanya satu namun beberapa. Selain itu tambahan sertifikasi atau kursus tentu akan menjadi peluang besar kamu diterima magang.

#6 CV untuk Mahasiswa

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Untuk Mahasiswa

Ketika menjadi mahasiswa, tentu biasanya timbul keinginan untuk mendaftar menjadi asisten lab, asisten dosen, atau yang lain. Proses pendaftaran tersebut di beberapa kampus biasanya akan meminta CV.


Nah, maka dari itu meskipun masih mahasiswa tidak ada salahnya kamu memulai menyusun CV. Sehingga ketika membutuhkan berkas tersebut kamu bisa langsung melampirkan. Pengalaman seminar, workshop ataupun sertifikasi akan sangat membantu kamu.

#7 Contoh CV untuk Organisasi

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Untuk Organisasi

Selain mendaftar menjadi aslab atau asdos, mendaftar ke organisasi kampus juga diperlukan CV lho namun sesuai kebijakan masing - masing. Dengan dimintanya berkas CV ini dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan diri ke pengurus organisasi.


Apabila sebelumnya kamu sudah ikut organisasi, tidak masalah kamu juga bisa turut mencantumkannya. 

#8 Contoh CV untuk Lulusan SMK

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Lulusan Smk

Lulusan SMK memang sedikit banyak sudah dibekali skill untuk terjun ke dunia kerja. Maka dari itu banyak dari mereka yang sudah baru lulus SMK langsung mencari pekerjaan. Nah jika kamu hendak melamar, kamu bisa lihat contoh resume di atas.


Kamu dapat mencantumkan kemampuan yang didapatkan selama sekolah serta pengalaman magang ketika kelas SMK dulu.

#9 Contoh CV untuk PKL

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Pkl

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sekolah atau kampus biasanya memiliki program PKL untuk mahasiswa atau siswa. Untuk mengikuti program tersebut tentu kamu harus mendaftar, dan biasanya ada seleksinya atau tidak pasti semua diterima.

Nah, contoh di atas bisa untuk gambaran. Meskipun CV di atas belum banyak isinya dan modelnya masih terlalu sederhana. Kamu bisa percantik CV dengan beberapa tools yang ada seperti Canva, Corel Draw, atau situs pembuat CV.

#10 Contoh CV untuk Job Fair

Contoh Cv Dan Resume
Contoh CV dan Resume Job Fair

Ketika ada job fair, tentu tidak hanya ada satu jenis perusahaan atau posisi yang dibuka, melainkan banyak. Maka dari itu, apabila kamu hendak ikut, siasati CV kamu agar bisa dimasukan ke beberapa lowongan job yang kamu minati.


Caranya dengan memasukan tidak hanya satu pengalaman atau skill yang relevan, kamu bisa memasukan beberapa. Contohnya seperti CV di atas, background pendidikannya administrasi namun ada pengalaman marketing yang dicantumkan.


Oleh karena itu kamu juga jadi bisa mendaftar posisi yang marketing. Menarik bukan? Setelah mengetahui beberapa contohnya, kami juga akan memberikan beberapa tips membuat CV agar diterima kerja.

Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja

Di bawah ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika membuat CV.

Buat CV ATS Friendly

ATS atau applicant tracking system merupakan teknologi khusus untuk memindai CV yang masuk ke perusahaan. Sehingga yang masuk tahap selanjutnya hanyalah CV yang lolos ATS tersebut. Maka dari itu pastikan kamu membuat CV se ATS friendly mungkin. Berikut beberapa bonus tips agar cv kamu lolos ATS dan sampai ke meja HRD:


  • Cantumkan semua persyaratan dan kriteria yang dicari oleh perusahaan, pastikan profil kamu sesuai dengan kebutuhan mereka. 
  • Perhatikan format file yang diminta apakah pdf, docx, atau mungkin jpg berbentuk gamba, hal ini dikarenakan sebagian ATS baru mendukung format berkas berbasis teks.
  • Siisipkan pengalaman studi atau kerja dalam lingkup internasional. Sudah bukan rahasia lagi, jangkauan global menjadi faktor penting pertimbangan perusahaan bonafide dalam merekrut talenta baru.

Jangan Terlalu Banyak Design

Dengan banyak desain mungkin kamu berpikir akan lebih menarik, tapi justru jika kebanyakan HRD malah enggan untuk melirik. Hal tersebut sudah banyak disampaikan oleh para recruiter, jadi buatlah sesederhana mungkin, namun tetap enak dilihat layout nya.

Singkat dan Jelas

Maksudnya di sini yaitu tidak bertele - tele, sampaikan langsung  to the point. Selain itu yang paling sering ditemukan yaitu riwayat pendidikan yang terlalu banyak, padahal sebenarnya kamu cukup cantumkan pendidikan terakhir saja.


Namun, pada contoh di atas juga masih ada yang menyertakan seluruh pendidikan, itu tergantung dengan kebutuhan juga.


Nah, itulah beberapa tips ketika kamu membuat CV pribadi dan resume dalam melamar kerja dari tim Sebuahutas.com, sekarang saatnya kamu membuat CV dan lihat contoh CV dan resume di atas tadi. Selamat mencoba.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×