Saturday, April 9, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Akun Gmail merupakan akun yang sangat penting untuk siapapun yang ingin berselancar di dunia internet. Bukan hanya email, namun hampir semua layanan primer di dunia daring membutuhkan akun Gmail atau akun Google seperti YouTube, Google Drive, Google Docs, dan layanan lainnya. Oleh karenanya, sangat penting memiliki akun Gmail yang terintegrasi dengan seluruh layanan Google.

cara daftar akun gmail update terbaru 2022
cara daftar akun gmail update terbaru 2022

#1 Cara Daftar Akun Gmail

Membuat akun Gmail itu sangat mudah. Pertama, dimulai dengan membuat akun Google, dan selama proses pendaftaran pilih nama akun Gmail sesuai dengan pilihanmu. Berikut adalah tutorial lengkap bagaimana membuat akun Gmail dan bagaimana solusi dari berbagai masalah yang muncul.

  • Pertama-tama, buka google.com dan ketikkan Gmail atau ketuk icon login di pojok kanan atas browser. Selanjutnya, klik create an account.
klik untuk buat akun gmail baru
klik untuk buat akun gmail baru
  • Maka akan muncul jendela sign up. Ikuti instruksi yang ada.
isi form pendaftaran akun google
isi form pendaftaran akun google
  • Selanjutnya, masukkan nomor telepon untuk memverifikasi akun Gmail milikmu. Google menggunakan proses verifikasi dua langkah untuk keamanan akunmu.
verifikasi nomor hp
verifikasi nomor hp
  • Kamu akan menerima pesan teks dari Google dengan kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut untuk menyelesaikan verifikasi akun.
masukkan kode otp
masukkan kode otp
  • Selanjutnya, akan muncul jendela baru untuk memasukkan beberapa informasi pribadi, seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Kemudian setujui Terms & Condition, akun telah selesai dibuat.
login akun gmail dengan username dan password
login akun gmail dengan username dan password

#2 Cara Masuk dan Keluar Akun Gmail

Saat pertama kali membuat akun, makan kamu akan log in secara otomatis. Berikut adala tutorial masuk dan keluar akun Gmail.


Untuk masuk, buka gmail.com. Ketik nama pengguna (alamat email) dan kata sandi, lalu klik next.

Untuk sign out, di sudut kanan atas halaman, cari lingkaran yang memiliki inisial nama penggunamu atau menampilkan gambar avatar apabila kamu sudah menggantinya. Untuk keluar, klik lingkaran dan pilih sign out.

klik menu di pojok kanan atas untuk keluar
klik menu di pojok kanan atas untuk keluar

Kadang kala akan muncul beberapa masalah saat menggunakan Gmail. Salah satunya adalah kendala password atau kata sani. Kehilangan akses ke akun Gmail karena lupa kata sandi adalah hal biasa. Untungnya, ini juga salah satu masalah termudah untuk diperbaiki. Jika kamu tidak dapat masuk ke akun Google, ada beberapa opsi yang dapat dilakukan lakukan.


Lihat juga: Cara Login Facebook tanpa Password

#3 Cara Mengatur Ulang Kata Sandi tanpa Email Pemulihan

Google memiliki proses pemulihan untuk orang-orang yang tidak memiliki akses ke email verifikasi atau nomor telepon mereka.


  1. Masukkan email ke Account Recovery.
  2. Google akan mengajukan pertanyaan untuk memverifikasi bahwa akun tersebut milikmu. Pertanyaannya adalah tentang kata sandi sebelumnya yang dapat kamu ingat, pertanyaan keamanan, dan sebagainya. Jawab pertanyaan sebanyak mungkin.
  3. Untuk tujuan keamanan, tidak ada trik khusus untuk memulihkan kata sandi. Seseorang dari tim Google harus mengetahui, berdasarkan informasi yang kamu berikan, bahwa akun tersebut memenuhi syarat untuk pemulihan. Jika Anda tidak berhasil menjawab pertanyaan, maka coba lagi
cara recover akun gmail tanpa email recovery

Untuk menghindari lupa kata sandi lagi di masa mendatang, siapkan akun pemulihan (recovery account) terlebih dahulu:


  1. Masuk ke Gmail dan klik gambar profil di sudut kanan atas.
  2. Buka "Manage your Google account".
  3. Buka tabSecurity dan temukan opsi yang mengatakan, "Ways we can verify it’s you."
  4. Isi bidang Recovery Email dan Recovery Phone. Jika lupa kata sandi, kamu dapat menggunakan metode pemulihan ini untuk kembali ke Gmail.

#4 Two-Step Verification

Supaya akun Gmail-mu lebih aman, verifikasi dua langkah adalah cara yang harus dilakukan. Tetapi hal-hal tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan. Berikut adalah beberapa cara melakukan verifikasi dua langkah akun Gmail:

Gunakan Aplikasi Google Authenticator

Kamu dapat mengunduhnya dari Play Store dan menginstalnya di ponsel. Sangat mudah digunakan. Tiap masuk akun Gmail, kamu harus membuka aplikasi ini terlebih dahulu untuk mendapatkan kode verifikasi dua langkah.

Terima Panggilan Telepon untuk Verfikasi 2 Langkah

Jika opsi aplikasi juga tidak berfungsi untuk, kamu dapat memilih untuk menerima panggilan untuk verifikasi dua langkah.

#5 Akun Gmail Tidak Dapat Menerima Email

Mengirim dan menerima email adalah fungsi utama yang harus dari layanan email seperti Gmail. Jika koneksi internet stabil dan Gmail tidak menerima email, berikut adalah beberapa metode yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut:


  • Kosongkan Beberapa Ruang

Akun Gmail standar memberi penyimpanan 15 GB yang dibagi antara Google Drive, Google Foto, dan kotak masuk. Jika drive menyimpan banyak file, ini mungkin bisa jadi alasan akun Gmail milikmu tidak dapat menerima email.


  • Periksa Folder dan Filter

Ada kemungkinan pada saat menerima email, email tersebut tidak berada di tempat atau folder yang diinginkan. Bisa jadi masuk spam atau folder lainnya.

#6 Masalah Sinkronisasi Akun Gmail

Gmail dapat gagal menyinkronkan karena banyak alasan yang berbeda, dan kegagalan untuk menyinkronkan dapat memanifestasikan dirinya dalam beberapa cara. Berikut adalah beberapa contoh:


  1. Gmail di ponsel atau aplikasi email Anda tidak mengirim atau menerima email baru.
  2. Aplikasi yang terhubung ke Gmail sangat lambat atau tidak bekerja sama sekali.
  3. Proses sinkronisasi macet dalam pembaruan terus-menerus.

Berikut adalah beberapa cara untuk memecahkan masalah sinkronisasi:


  • Perbarui aplikasi Gmail: Terkadang versi aplikasi yang lebih lama dan usang dapat mengalami masalah saat menerima email dari Google.
  • Restart ulang ponselmu: Coba matikan dan hidupkan lagi ponselmu.
  • Verifikasi konektivitas Anda: Pastikan sinyal untuk akses akun Gmail stabil.
  • Periksa setelan Gmail: Pastikan bahwa opsi sinkronisasi telah aktif.

Sekian panduan lengkap cara pembuatan akun Gmail baru tanpa membutuhkan email recovery dari Sebuahutas.com. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat! 

Next article Next Post
Previous article Previous Post