Tuesday, April 5, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Ada banyak aplikasi penerjemah di Play Store. Salah satunya adalah Google Translate, Google Translate mengetahui kurang lebih 100 bahasa di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2006 sampai sekarang, Aplikasi Google Translate telah berkembang pesat dan memiliki banyak sekali fitur. Fitur yang tersedia tidak hanya translate menggunakan teks, namun bertambah seperti speak to translate, instant camera tranlation, speech, dan lain sebagainya.

7 Cara Translate Inggris - Indonesia Terbaru di 2022
7 Cara Translate Inggris - Indonesia Terbaru di 2022

#1 Speak to Translate

Tidak perlu bersusah payah menulis, Google Translate telah memiliki fitur speak to translate! Buka Google Translate yang sudah terinstall di ponselmu, maka akan muncul tampilan seperti gambar di sebelah kiri, klik ikon microphone, kemudian katakan sesuatu yang ingin kamu terjemahkan.

Blank 2 Grids Collage
Fitur Speak to Translate

Fitur speak to translate kni telah berkembang memunculkan fitur baru bernama conversation.

#2 Conversation

Fitur Conversation
Fitur Conversation

Fitur conversation memungkinkanmu ngobrol secara langsung dengan seseorang. Google Translate akan mendeteksi ucapan melalui mikrofon ponsel, lalu menampilkan terjemahannya di layar. Untuk memulai, klik conversation. Pada layar bagian bawah, kamu dapat mengatur bahasa yang kamu dan orang lain gunakan.


Setiap orang dapat mengetuk ikon mikrofon untuk bahasa mereka masing-masing ketika mereka ingin berbicara. Terjemahan akan muncul secara real-time seperti di atas. Kamu bisa juga menggunakan opsi otomatis yang terdapat di antara ikon mikrofon seperti gambar di sisi kanan.

#3 Instant Camera Tranlation

Instant Camera Translation
Instant Camera Translation

Buat mahasiswa, fitur ini sangat bermanfaat untuk menerjemahkan jurnal bahasa asing secara instan. Untuk menggunakanya, buka Google Translate, kemudian klik ikon kamera di bagian bawah tampilan sisi kanan. Arahkan kamera pada teks yang ingin kamu terjemahkan.


Fitur ini mirip dengan Google Lens. Google Lens adalah teknologi image recognition yang dikembangkan oleh Google, dirancang untuk memunculkan informasi relevan terkait objek yang diidentifikasi menggunakan analisis visual. Google Lens bisa jadi alternatif kamu untuk menerjemahkan teks bahasa asing menggunakan kamera, menurut penulis sendiri terjemahan yang dihasilkan oleh Google Lens lebih akurat dari pada instan camera translation Google Translate.

#4 Websites Translation

Websites Translation
Websites Translation

Buka Google Translate versi web, pilih opsi websites di bagian kiri atas, kemudian cukup ketik URL situs web yang ingin kamu terjemahkan di kolom Google Translate. Pastikan kamu sudah memilih bahasa yang ingin kamu terjemahkan, dan klik translate. Dalam waktu singkat kamu akan melihat beranda situs web telah yang diterjemahkan.

#5 Documents Translation

Documents Translation 1
Documents Translation

Kamu juga dapat menerjemahkan dokumen Word, PDF, dan jenis file lainnya di Google Translate. Di bawah kotak teks, klik ikon documents. Pada halaman berikutnya, pilih bahasa asal dan bahasa yang kamu inginkan untuk menerjemahkan dokumen. Klik tombol browse, pilih file yang akan diupload, dan klik translate. Salinan dokumen yang diterjemahkan akan terbuka di jendela browser baru.

#6 Simpan Bahasa Secara Offline

Whatsapp Image 2022 04 04 At 11.40.30
Simpan bahasa secara offline

Kadangkala di saat bepergian, koneksi internet menjadi kurang stabil. Kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang kamu dapat mengunduh semua bahasa yang kamu perlukan. Caranya bukan aplikasi Google Translate, kemudian klik bahasa, maka akan muncul daftar bahasa di dunia. Kamu bisa pilih bahasa mana saja.


Untuk mengunduh bahasa, klik ikon download yang berada di sebelah kanan. Kamu bisa melihat bahasa yang kamu unduh dengan klik ikon foto profil gmail kamu di kanan atas, kemudian klik downloaded languages.

#7 Type to Translate tanpa Install Aplikasi

Type to translate merupakan fitur orisinil dari Google. Dengan fitur ini, kamu bahkan tidak perlu menginstall aplikasi Google translate di hp. Kerennya lagi, fitur ini berlaku untuk pengguna ponsel Android maupun iPhone.

langsung translate inggris indonesia lewat google search tanpa aplikasi
langsung translate inggris indonesia lewat google search tanpa aplikasi

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu cukup mengetik sesuatu dan menerjemahkannya ke bahasa lain yang kamu pilih. Lakukan ini langsung dari layar utama Google Search di browser hp maupun PC. Di sebelah atas merupakan bahasa yang kamu ketik dan hasil terjemahannya akan muncul di bawahnya. Kamu dapat mengubah pilihan bahasa dengan klik bahasa asal yang berada di sisi bawah atau pilih deteksi bahasa agar Google Translate secara otomatis mendeteksi bahasa yang akan kamu terjemahkan.


Selain itu, kamu bisa membuat phrasebook-mu sendiri, dengan cara klik ikon bintang pada kalimat yang ingin kamu simpan. Kamu dapat membuka terjemahan yang disimpan (phrasebook) kapan saja dengan mengeklik ikon bintang di sisi kiri atas Google Translate. Sekian tutorial lengkap cara translate Inggris-Indonesia dari Sebuahutas.com, selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×