Monday, April 11, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Apakah kamu ingin memanfaatkan fitur Siri di iPhone dan sedang mencari cara buat suara Siri di iPhone. Siri merupakan fitur yang dikeluarkan Apple untuk membantu para penggunanya. 

suara google siri di iphone dan cara menggunakannya
suara google siri di iphone dan cara menggunakannya

Perlu kamu tahu, Siri tidak hanya dapat digunakan pada iPhone saja,melainkan iPad, Apple Watch, dan Mac. Maka dari itu penting untuk tahu bagaimana cara menggunakannya.


Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena di sini kamu akan mengetahui dengan detail tentang teknologi Siri serta cara buat suara Siri di iPhone.

Apa Itu Teknologi Suara Siri di iPhone?

Sebelum masuk ke cara buat suara Siri di iPhone, ada baiknya kamu tahu dulu apa sih Siri itu? Siri merupakan teknologi berupa assistant mirip seperti Google Assistant yang biasa kamu pakai ketika browsing.


Fitur Siri memudahkan para pengguna iPhone ketika melakukan aktivitas, cukup dengan perintah suara maka semua hal yang diminta akan langsung dilakukan.  


Ketika kamu mengucapkan perintahnya, Siri bisa mengenal perintah tersebut dengan mudah. Setelah itu nanti keluar suara bahwa perintah tersebut akan segera dilakukan.


Untuk bisa menggunakan teknologi Siri, tentu kamu harus mengaktifkan terlebih dulu. Caranya mudah saja, hanya perlu masuk Settings > Siri > klik tombol warna hijau untuk mengaktifkan > Enable Siri > Selesai.

cara menggunakan suara siri di iphone (sumber gambar apple.com)
cara menggunakan suara siri di iphone (sumber gambar apple.com)

Apabila sudah diaktifkan baru bisa kamu gunakan. Lalu apa saja kegunaan Siri di iPhone? Ini dia beberapa kegunaannya.

Kegunaan Suara Google Siri di iPhone

Untuk kamu yang bingung hendak menggunakan Siri untuk apa, di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan Siri di iPhone.

#1 Pengingat Jadwal

Yang pertama yaitu sebagai pengingat jadwal atau aktivitas pada kalender kamu. Agar lebih efektif, kamu tidak perlu membuka kalender terlebih dulu dan cukup berikan perintah lewat Siri.


Misalnya seperti “Kapan Jadwal Meeting Saya” maka setelah itu Siri akan memberikan jawabannya. Selain sebagai pengingat, kamu juga bisa menjadwalkan atau membuat alarm lewat Siri. Contohnya dengan instruksi sebagai berikut.


Buat alarm besok pada jam 14.30”. Mudah dan simple sekali kan?

#2 Menavigasi Jalan

Kegunaan selanjutnya yaitu untuk membantu perjalanan kamu. Ketika hendak pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi tentu kamu akan mencari rutenya lewat maps terlebih dulu.


Namun, dengan Siri kamu hanya perlu berikan instruksi seperti “Cari jalan menuju mall Plaza Indonesia” 


Selain petunjuk rute, kamu juga dapat menanyakan kondisi lalu lintas pada tujuan kamu “Bagaimana kondisi lalu lintas pada jalan [nama jalan]”

#3 Mendapatkan Informasi Umum

Selain menavigasi jalan, mengingatkan jadwal, Siri juga bisa  kamu manfaatkan untuk mendapatkan segala hal atau informasi yang kamu butuhkan. Tentang apapun itu yang tidak kamu ketahui, kamu bisa tanyakan pada Siri.


Berikan instruksi pada Siri, setelah itu Siri akan langsung memberikan jawabannya. Pada contoh ini membuktikan bahwa teknologi Siri mirip dengan Google Assistant ketika penggunanya menanyakan sesuatu di Google.

#4 Mencari Foto

Kamu sedang membutuhkan foto namun tidak ada waktu untuk scroll galeri untuk mencarinya? Tenang saja, Siri bahkan bisa membantu mencarikan foto juga.


Siri dapat menunjukkan foto apapun yang kamu inginkan, asalkan dengan instruksi yang jelas. Misal seperti perintah berikut “Tunjukkan foto saya ketika tanggal 5 April 2022” atau “Tunjukkan foto saya ketika di Singapura”.

#5 Mencari Email

Selanjutnya adalah untuk mencari email, sama seperti foto, ketika mencari email maka kamu harus scroll ke bawah sampai menemukannya atau menggunakan fitur filter. 


Namun, jika dengan Siri kamu hanya perlu sebutkan hendak mencari email seperti apa. Cukup berikan perintah seperti “Temukan email dari [nama pengirim email]”, atau “Temukan email kemarin”.


Bagaimana, fitur Siri ini sangat memudahkan aktivitas kamu kan? Tidak hanya lima aktivitas itu saja, ada satu hal yang akan sangat berguna ketika menggunakan Siri yaitu dalam menyebutkan nama penelepon ketika ada telepon masuk.


Lalu bagaimana cara buat suara Siri di iPhone agar nama peneleponnya disebutkan?

Cara Buat Suara Siri jadi Nada Notifikasi Sebut Nama di iPhone

Ketika mendapat telepon, tentu kamu tidak tahu jika telepon tersebut berasal dari siapa, apabila belum di cek langsung.


Lantas bagaimana jika kamu sedang sangat sibuk dan hanya ingin menjawab panggilan yang penting saja. Nah, caranya adalah dengan membuat nada dering iPhone kamu menyebutkan nama kontak yang menelepon. Teknologi ini juga merupakan bagian dari Siri. 


Apabila kamu menggunakan ponsel Android, kamu bisa pelajari di tulisan sebelumnya perihal nada dering sebut nama di hp Android. Langsung saja berikut cara buat suara Siri di iPhone. Namun, pastikan kamu memakai iOS 10 atau di atasnya. 


  1. Buka menu Settings, kemudian pilih Phone.
  2. Di bagian Cell pilih Announce Calls.
  3. Setelah itu dari beberapa opsi yang ada, pilih yang Always.
Cara Buat Suara Siri di iPhone
Cara buat nada dering sebut nama di iPhone


Selesai, sampai sini nama penelepon sudah bisa dibacakan oleh Siri iPhone. Tapi, fitur ini bisa digunakan apabila hp tidak dalam mode silent atau getar, jadi pastikan nada dering jangan dimatikan.


Lantas bagaimana jika tidak ada nama pada nomor tersebut? Maka iPhone akan membacakan nomornya atau menyebutkan dengan A None Caller. Lebih lanjut mengenai topik ini dapat kamu lihat lewat ulasan nada dering sebut nama di iPhone dari tim APEC2013 ini. 


Nah, itulah cara buat suara Siri di iPhone agar kamu mengetahui siapa yang menelepon dari Sebuahutas.com. Mudah sekali kan? Kalau begitu, segera praktekkan di iPhone kamu dan selamat mencoba. Jangan lupa juga untuk terus ikuti tutorial teknologi lainnya pada situs kami.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×