Saturday, May 28, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

[Update] Semua pendaftaran merchant Shopee Food mulai Mei 2022 ini dilakukan melalui aplikasi Shopee Partner yang tersedia di Google Play dan Apps Store. Silakan unduh aplikasinya lewat link download dibawah ini dan lakukan registrasi sesuai panduan di aplikasi tersebut. 

Kamu sedang mencari cara daftar Shopee Food 2022? Jika benar, kamu tidak perlu khawatir karena di sini akan dijelaskan mengenai hal tersebut.

cara daftar shopee food merchant terbaru april 2022
cara daftar shopee food merchant terbaru april 2022

Shopee Food memang menjadi salah satu platform jual beli makanan online yang tengah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Nah, jika kamu memiliki bisnis kuliner maka sangat disarankan untuk mengembangkannya melalui aplikasi asal Singapura ini. 


Mengingat saat ini ada banyak jenis bisnis yang bisa dikembangkan melalui aplikasi online, salah satunya adalah kuliner. Shopee Food menawarkan banyak keuntungan dengan menjadi mitranya, salah satu yang utama adalah memperluas jangkauan pasar.


Memasarkan produk di aplikasi Shopee Food memang sangat menjanjikan. Kamu bisa meningkatkan penjualan produk dengan memasarkannya lewat marketplace ini. Tidak heran jika banyak orang yang berminat menjadi mitra Shopee Food.

Apa Itu Shopee Food?

Shopee Food adalah sebuah fitur dalam aplikasi Shopee yang menyediakan layanan pesan antar makanan. Kamu mungkin saja sudah kenal dengan GoJek atau Grab terlebih dahulu. Jika benar, maka Shopee Food adalah layanan yang sama seperti dua kompetitornya itu.


Lihat juga: Cara Cek Resi Grab Same day Service


Shopee Food mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak Januari 2021. Sejak kemunculannya Shopee Food mendapat respon yang luar biasa dari para penggunanya. Tidak heran, sebab Shopee Food memberikan berbagai macam potongan harga atau diskon, serta voucher menarik yang pastinya membuat para penggunanya tergiur.


Sejak pandemi yang terjadi pada awal 2020, Shopee Food benar-benar menjadi pilihan masyarakat untuk memesan makanan tanpa harus repot-repot keluar rumah. Nah, peluang bisnis yang terdapat di dalamnya tentu saja menarik pebisnis kuliner untuk ambil bagian.

Fitur Shopee Food

Shopee Food diresmikan pada April 2021. Sejak saat itu Shopee Food terus menjadi primadona di antara layanan pesan antar makanan. Semua itu tentu saja tidak lepas dari berbagai fitur menarik yang diberikannya. Apa saja fitur-fitur Shopee Food? Berikut adalah penjelasannya untuk kamu.

#1. Voucher Diskon Gila-gilaan

Fitur Shopee Food yang pertama adalah voucher diskon hingga 60%. Fitur ini paling sering dicari dan digunakan oleh konsumen. Bayangkan, setiap pembelian makanan kamu bisa mendapatkan diskon hingga 60% dengan nominal maksimal Rp 25 ribu.


Selain voucher tersebut, Shopee Food juga menyediakan voucher diskon 50% dan 30% yang bisa digunakan dengan maksimal potongan sebesar Rp 20 ribu.

#2. Voucher Gratis Ongkir

Selain voucher potongan harga di atas, fitur lainnya yang dapat kamu pakai adalah voucher gratis ongkos kirim atau ongkir. Voucher gratis ongkir ini tersedia setiap hari sehingga kamu tidak perlu memilih hari tertentu jika ingin mendapatkannya. Shopee Food memberikan potongan ongkir tersebut hingga Rp 12 ribu setiap hari.

#3. Banyak Menu dan Merchant

Menu makanan di Shopee Food begitu bervariasi. Hal itu karena di Shopee Food terdapat ribuan Merchant. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin memilih menu yang berbeda setiap harinya.

#4. Pengiriman Cepat

Seiring berjalannya waktu, Shopee Food telah memiliki banyak driver yang siap mengirim makanan kamu. Shopee Food menjamin layanannya cepat sampai ke tangan pelanggan.

#5. Mudahnya Sistem Pemesanan dan Pembayaran

Kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan jika ingin membayar pesanan makanan, karena Shopee telah memiliki sistem pembayaran bernama ShopeePay. Dengan menggunakan ShopeePay, orderan milikmu akan bisa dibayar dengan praktis.

Syarat Pendaftaran Merchant Shopee Food

Selain menjadi konsumen, kamu juga bisa mendaftarkan diri dan bisnis kuliner menjadi merchant. Nah, ada beberapa syarat jika kamu ingin mendaftar sebagai merchant Shopee Food. Jika kamu ingin mengetahui apa saja syaratnya, berikut penjelasannya:

#1. Jenis Usaha Perseorangan

Berikut syarat mendaftar sebagai merchant Shopee Food dengan jenis usaha perseorangan:


  1. KTP atau KITAS
  2. Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD)
  4. Foto halaman depan buku tabungan
  5. Foto menu makanan dengan dimensi 720 x 720 pixel dan format JPG/JPEG/PNG

#2. Jenis Usaha Berbadan Hukum

Berikut syarat mendaftar sebagai merchant Shopee Food dengan jenis usaha berbadan hukum:


  1. KTP atau KITAS
  2. SIUP/TDUP
  3. TDP/NIB
  4. Akta Pendirian
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  6. Foto halaman depan buku tabungan
  7. Surat keterangan domisili jika outlet di luar Jakarta

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar sebagai merchant Shopee Food. Apa saja tahap-tahapnya? Berikut penjelasannya:

Cara Daftar Shopee Food

cara pendaftaran merchant shopeefood terbaru via aplikasi partner
cara pendaftaran merchant shopeefood terbaru via aplikasi partner
Cara mendaftar sebagai merchant di Shopee Food sangat mudah, namun kamu harus menginstal aplikasi Shopee Partner terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silakan download dan ikuti langkah-langkah pendaftarannya hingga selesai.

Nama AplikasiShopee Partner APK
DeveloperPT AIRPAY INTERNATIONAL
Ukuran file66 MB
Versi terbaru28 Mei 2022
Link Download[Unduh]

#1.  Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Food

form pendaftaran merchant shopeefood terbaru
form pendaftaran merchant shopeefood terbaru
Jika kamu ingin mendaftar Shopee Food, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengisi formulir pendaftaran. Kamu bisa mengaksesnya di sini:


  • Unduh aplikasi Shopee Partner, lakukan instalasi, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah pendafartarannya via aplikasi tersebut.

#2. Mengisi Data Diri

Jika kamu sudah membuka link pendaftaran Shopee Food, kamu harus mengisi data diri sesuai dengan formulir tersebut. Jika sudah, klik Next dan kamu akan diantar ke halaman untuk mengisi apakah sebelumnya sudah terdaftar di merchant Shopee Food atau belum. Jika belum maka pilih Tidak lalu klik Next.

#3. Mengisi Alamat Lokasi

Sebelum mendaftar, pastikan lokasi usaha resto kamu masuk dalam area layanan Shopee Food, untuk melihat daftar lengkap daerah yang sudah mendukung layanan Shopee Food, kamu bisa buka link berikut ini: https://bit.ly/3Lp4NWZ.


Langkah selanjutnya adalah mengisi alamat lokasi merchant. Kamu harus mengisinya dengan detail. Jika alamat lokasi tidak tercantum pada pilihan maka kamu harus pilih Other dan isi alamat dengan manual. Kemudian klik Next.

#4. Mengisi Nama, Menu Makanan, dan Jenis Usaha

contoh menu makanan yang dapat didaftarkan sebagai merchant shopee food
contoh menu makanan yang dapat didaftarkan sebagai merchant shopee food
Selanjutnya kamu harus mengisi nama dan jenis usaha yang dimiliki. Pastikan semua informasi yang diberikan benar berikut dengan jenis usaha. Setelah jenis usaha sudah terisi, selanjutnya kamu perlu mengisi alamat kantor pusat, termasuk kota dan kode pos. Kemudian klik Next.

#5. Kategori dan Bentuk Usaha

Cara mendaftar merchant berikutnya adalah dengan mengisi kolom kategori dan bentuk usaha milik kamu. Pilih kategori usaha apakah sendiri, badan usaha atau franchise. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan jumlah cabang yang dimiliki. Kemudian untuk bentuk usaha pilih restoran atau rumah makan, catering rumah atau bentuk usaha mikro. Selanjutnya pilih Next.

#6. Unggah Foto Outlet

contoh foto merchant shopee food yang sesuai panduan
contoh foto merchant shopee food yang sesuai panduan (help.shopee.co.id)
Kamu harus mengunggah foto outlet pada tahap ini. Ada yang harus kamu perhatikan, karena pada sesi ini ada beberapa panduan yang harus diikuti pada saat melakukan pemotretan outlet. Sediakan dua foto outlet, yaitu tampak depan dan foto di dapur produksi. Klik Add File untuk menambah foto dan kemudian klik Next.

#7. Konfirmasi Pendaftaran

Jika kamu sudah mengunggah foto outlet, maka lakukan konfirmasi pendaftaran. Pada tahap ini kamu akan ditanya dari mana kamu tahu cara mendaftar merchant di Shopee Food. Kamu juga akan diminta mengisi pertanyaan bahwa seluruh data yang dimasukkan adalah benar. Kemudian klik Submit.

#8. Verifikasi

Setelah kamu melakukan proses pendaftaran maka tim Shopee Food akan melakukan verifikasi data milikmu. Tunggu proses ini sampai selesai dan kamu akan dihubungi Shopee Food melalui email atau nomor telepon yang sudah dimasukkan sebelumnya.

#9. Upload Berkas Formulir Merchant Baru

panduan pengisian formulir merchant shopee food
panduan pengisian formulir merchant shopee food

Saat proses verifikasi berlangsung, kamu diminta untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan, seperti Perjanjian Kerja Sama (PKS). Jika sudah, kirim kembali berkas tersebut ke Shopee Food dalam format softcopy melalui email dan hardcopy ke kantor Shopee. Untuk mengunduh berkas yang dibutuhkan, kamu dapat langsung mengakses tautan berikut ini:


  • Download formulir merchant Shopee [PDF]

Langkah selanjutnya tim Shopee Food akan mengunjungi outlet milikmu maksimal dalam waktu 15 hari kerja untuk melakukan training Shopee Food. Setelah proses training selesai maka kamu sudah bisa berjualan di Shopee Food.

QnA Terkait Pendaftaran Shopee Food 

#1. Berapa lama proses pendaftaran Shopee Food?

Proses pendaftaran akan segera dilakukan oleh tim Shopee Food jika data yang kamu ajukan sudah lengkap dan sesuai. Adapun estimasi pengerjaan sampai merchant kamu resmi aktif adalah maksimal 20 hari kerja sejak dokumen kelengkapan diterima oleh Shopee Food.

#2. Diskon Shopee Food ditanggung siapa?

Seluruh promo dan diskon menu di Shopee Food ditanggung sepenuhnya oleh merchant dan sistem komisi ditetapkan berdasarkan harga promo.

#3. Apakah menjadi driver Shopee Food menguntungkan?

Menjadi mitra Shopee Food sangat menguntungkan. Sebab, mitra Shopee Food juga mendapatkan penghasilan yang cukup besar karena menggunakan sistem bagi hasil. Maka, performa merchant Shopee Food juga mempengaruhi penghasilannya.

#4. Berapa gaji driver Shopee?

Jika kurir mampu konsisten mengirim sebanyak 80 paket dalam satu hari dalam waktu kerja 24 hari, maka besaran gaji kurir Shopee adalah: Rp 117.040 x 24 = Rp 2.808.960.


Nah, itulah langkah-langkah serta tanya jawab yang harus kamu pelajari jika ingin menjadi merchant Shopee Food dari tim Sebuahutas.com. Meski lumayan banyak, namun jika dikerjakan dengan sabar dan teliti maka hasilnya akan baik. Sebagai bukti, kini sudah ribuan merchant yang menjajakan dagangannya di Shopee Food.


Jika kamu sudah terdaftar dan resmi menjadi merchant di Shopee Food, jangan lupa untuk terus melakukan inovasi penjualan. Seperti riset makanan yang paling sering dicari, kemudian menyediakan bahan baku lebih untuk makanan tersebut. Serta memperbarui foto produk agar pelanggan lebih tertarik. Selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×