Sunday, April 3, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]
Aplikasi taspen otentikasi merupakan salah satu aplikasi yang mudah bagi para pensiunan untuk mengklaim dananya. Sesuai dengan namanya aplikasi ini tentunya digunakan khusus untuk otentikasi dana pensiun. Proses autentikasi merupakan salah satu proses verifikasi untuk penerima dana pensiun agar dapat memastikan statusnya.

Pentingnya Proses Otentikasi

Proses ini terbilang cukup penting karena ditujukan agar dana pensiun benar-benar tepat sasaran dan diterima oleh yang berhak mendapatkannya. Oleh karena itu proses ini wajib untuk dilakukan setiap pensiunan sebelum mendapatkan dana pensiun secara resmi.

otentikasi taspen apk terbaru 2022
otentikasi taspen apk terbaru 2022

Jika tidak dilakukan maka anak atau keluarga tidak bisa menarik uang pensiunan tersebut. Biasanya proses ini secara rutin dilakukan dan kini bisa melalui aplikasi saja. Anda hanya tinggal menginstal aplikasi ini di perangkat.

Kemudahan Menggunakan Aplikasi Taspen Otentikasi

Aplikasi Taspen otentikasi diprakarsai oleh PT TASPEN (PERSERO) berusaha memberi kemudahan bagi masyarakat salah satunya dengan fitur didalamnya. Anda dapat menginstal secara langsung di perangkat yang dimiliki. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan ini!

aplikasi otentikasi taspen apk terbaru 2022 untuk cek dan ambil dana pensiun
aplikasi otentikasi taspen apk terbaru 2022 untuk cek dan ambil dana pensiun

Dengan menggunakan aplikasi ini maka bisa dilakukan dimana saja oleh pensiunan. Perangkat yang digunakan juga cukup dengan smartphone. Diperuntukan bagi para pensiunan saja, aplikasi ini digunakan jika memasuki masa pensiun.


Aplikasi ini sendiri diciptakan agar lebih memudahkan para pensiunan. Prosesnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya dengan melalui smartphone. Tentunya digunakan agar proses autentikasi dapat dilakukan. Pada proses tersebut biasanya akan diminta untuk mengirimkan tiga jenis gerakan secara acak. Anda bisa mengulanginya lagi jika dalam prosesnya gagal.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Proses Otentikasi

Setelah mendownload aplikasi maka Anda akan diminta memasukkan NOTAS atau nomor taspen terlebih dahulu. Setelah itu bagi yang baru pertama kali login pada aplikasi tersebut tentunya akan ada proses otentikasi. Agar proses ini dapat berjalan lancar maka tentunya harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:


  1. Terlebih dahulu melakukan enrollment atau perekaman data biometrik yang dilakukan di kantor cabang Taspen ataupun mitra bayar
  2. Pastikan untuk berada di ruangan yang terang karena akan berpengaruh pada proses pendeteksi wajah.
  3. Koneksi internet harus lancar
  4. Menggunakan spesifikasi smartphone dengan kamera yang mumpuni

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi Taspen otentikasi. Perhatikan 4 hal diatas maka proses otentikasi dapat berhasil dan berjalan dengan lancar.

Download Aplikasi Taspen dan Lakukan Otentikasi dengan Menggunakan Aplikasi

Agar dapat menggunakan aplikasi ini maka Anda bisa mencarinya melalui Play store. Penggunaan ios dapat mendownload aplikasinya melalui app store. Cara lainnya, kamu dapat melakukan download dengan mengklik tautan unduhan berikut ini:

Nama AplikasiTaspen Otentikasi
DeveloperPT TASPEN (PERSERO)
Ukuran file9.4 MB
Versi terbaruv1.64 (2022-03-01)
Link DownloadDownload

Cara Menggunakan Aplikasi Taspen Otentikasi

Berikut ini beberapa langkah proses melalui aplikasi untuk otentikasi:


  1. Buka aplikasi Otentikasi Taspen
  2. Jika perizinan muncul maka pilih izinkan
  3. Masukkan nomor Taspen atau notas pada kolom yang telah disediakan
    masukan nomor taspen dan klik tombol otentikasi
    masukan nomor taspen dan klik tombol otentikasi
  4. Klik otentikasi
  5. Hadapkan HP tepat pada wajah untuk melakukan otentikasi, posisi wajah harus masuk keseluruhan pada bingkai yang telah disediakan.
  6. Setelah berhasil biasanya Anda diharuskan untuk melakukan beberapa gerakan.
  7. Tiga gerakan yang diminta tersebut harus diikuti hingga proses berhasil seperti mengucapkan huruf menganggukan kepala atau sekedar mengedipkan mata.
    simbol centang jika berhasil verifikasi di otentikasi taspen
    simbol centang jika berhasil verifikasi di otentikasi taspen
  8. Jika gagal maka Anda akan mengulang proses dari awal.
  9. Update data akan segera diproses jadi harus disertai koneksi internet yang lancar.

Jika berhasil maka Anda akan mendapatkan notifikasi serta informasi untuk pensiunan. Proses ini bisa saja gagal dilakukan misalnya karena traffic dari pengguna aplikasi yang banyak menggunakan, spesifikasi smartphone yang kurang memadai atau aplikasi sedang dalam perbaikan.


Proses otentikasi dengan aplikasi tentunya harus didukung dengan spesifikasi smartphone yang mumpuni. Selain itu perlu juga melakukan perekaman biometrik terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang Taspen ataupun mitra bayar. Pengguna dapat melaporkan atau melakukan otentikasi di kantor berwenang secara langsung jika terdapat kendala pada aplikasi.

Tanya-Jawab TASPEN Otentikasi Dana Pensiun

Seiring dengan banyaknya kendala yang ditemukan para nasabah pensiunan PNS dalam menarik dana simpanan pensiunan melalui TASPEN, beriikut beberapa pertanyaan populer dan solusinya yang dikumpulkan oleh tim SebuahUtas.

Kenapa otentikasi Taspen gagal?

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat proses otentikasi Taspen gagal, diantara yang paling sering terjadi adalahmunculnya peesan berikut "koneksi ke server bank/pos sedang sibuk" dengan kode error 14 atau 68. Jika hal itu terjadi, maka saat itu beban kerja server sedang tinggi, sehingga transaksi melalui aplikasi Taspen tidak bisa dilakukan. Solusinya adalah menunggu hingga koneksi aplikasi ke server berjalan lancar kembali, jika hhal ini terus berlanjut, kamu bisa menghubungi call center PT Taspen ke nomor (021) 424 1808 atau email ke taspen@taspen.co.id.

Berapa lama pencairan dana Taspen?

Jika klaim yang kamu ajukan sudah memenuhi syarat, proses administrasi klaim tunai berlangsung sekitar 60 menit (1 jam). Adapun proses klaim metode pembayaran lewat transfer maksimal berlaku selama 2x24 jam (2 hari).

Berapa bulan sekali otentikasi Taspen harus dilakukan?

Otentikasi Taspen berkala dilakukan bergantung pada kriteria penerima pensiun. Untuk Penerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan harus dilakukan satu bulan sekali, untuk penerima pensiun yang tidak mempunyai ahli waris tertunjang otentikasi dilakukan dua bulan sekali, dan untuk  penerima pensiun yang masih mempunyai ahli waris tertunjang otentikasi dilakukan tiap tiga bulan sekali.

Apakah setiap PNS otomatis menjadi peserta Taspen?

Sesuai dengan UU Nomor 11 tahun 1969, maka setiap warga sipil yang diangkat menjadi PNS secara otomatis menjadi peserta Taspen dan berhak mendapatkan dana pensiun dari Usaha Perasuransian yang telah ditunjuk oleh Pemerintah RI. 

Ketentuan proses otentikasi TASPEN dari Sebuahutas.com diatas harus dipenuhi seluruhnya agar tidak terjadi penundaan untuk pencairan dana ataupun beberapa hal yang tidak diinginkan. Itulah pembahasan mengenai aplikasi taspen otentikasi untuk pensiun. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat segenap pensiunan PNS semua.

Next article Next Post
Previous article Previous Post