Friday, April 15, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kamu hendak membuat iklan, video pembelajaran, atau sebuah presentasi dan sedang membutuhkan audio untuk melengkapi video tersebut? Jika sebelumnya kamu pernah mendengar profesio voice over, merekalah yang melakukan tugas tersebut.

murf voice over suara google dengan kecerdasan buatan
murf voice over suara google dengan kecerdasan buatan

Voice over bertugas sebagai pengisi suara, di berbagai jenis kategori yang ada. Entah itu keperluan karakter, iklan atau yang lainnya. Semakin berkembangnya teknologi, saat ini muncul platform AI atau kecerdasan buatan untuk membantu menghasilkan voice over tersebut yaitu Murf.ai.


Namun, saat ini belum banyak yang mengenal platform tersebut. Maka dari itu, sekarang kita akan mengulasnya dengan detail apa itu Murf.ai.

Apa Itu Murf.ai

Secara sederhana Murf.ai merupakan teknologi pengubah dari teks menjadi suara atau text-to-speech. Namun lebih dari itu, suara yang dihasilkan oleh platform tersebut tidak seperti AI (Artificial Intelligence), bahkan hasil audionya seperti suara manusia biasa.


Murf.ai akan membantu mengubah dari teks menjadi suara yang lebih profesional dengan mudah dan cepat. Platform global ini menyediakan lebih dari 20 bahasa serta 100+ suara buatan yang akan membantu kamu.


Jadi, sampai sini sudah mulai ada gambaran kan seperti apa Murf.ai? Lalu untuk siapa platform ini dibuat?

Siapa yang Dapat Menggunakan Murf.ai?

Semua orang dapat menggunakan platform tersebut, tanpa persyaratan apapun. Namun, biasanya ada orang atau perusahaan yang memang khusus mencari platform voice over seperti ini.


Siapa saja yang biasa memanfaatkan teknologi ini? Diantaranya seperti:


  • Tenaga pendidik
  • Podcaster
  • Animator
  • Pengembang produk, dan masih banyak lagi

Lalu projek apa yang biasanya menggunakan teknologi tersebut?


  • Video pembelajaran
  • Video dokumenter
  • Iklan produk
  • Podcast
  • Video game, dan lain-lain

Ada banyak proyek yang bisa memanfaatkan teknologi ini. Apabila kamu memang membutuhkan audio yang profesional maka kamu bisa menggunakan Murf.ai ini.


Setelah mengetahui apa itu Murf.ai, kamu juga perlu tahu fitur-fitur yang ditawarkan oleh mereka, langsung saja simak berikut ini yuk!

9 Fitur Murf.ai Voiceover Premium

Berikut ini terdapat beberapa fitur dari platform Murf.ai yang bisa kamu gunakan. 

#1 AI Text to Speech

Fitur pertama yaitu text to speech, mengubah kalimat menjadi suara atau audio. Ini merupakan fitur paling basic pada Murf.ai. Kamu bisa memasukan teks yang diinginkan lalu convert menjadi audio.


Kamu dapat memilih lebih dari 20+ bahasa yang tersedia, dan kedepannya tentu akan semakin banyak bahasa lain. Ingin menggunakan text to speech gratisan dengan fitur lebih banyak? Kamu bisa mengikuti cara membuat suara Google berikut ini.

#2 Voice Over Video

Selanjutnya terdapat fitur voice over untuk video. Di sana kamu hanya tinggal memasukan beberapa gambar atau video, lalu masukan teks untuk melengkapi video tersebut.


Atur pada beberapa bagian, dan putar maka kamu sudah berhasil membuat voice over untuk video. Selain itu juga terdapat backsound tambahan yang bisa  kamu pilih secara gratis.

#3 Voice Cloning

Cloning merupakan membuat sesuatu baru dari yang sudah ada sebelumnya, dalam hal ini yaitu suara. Apabila kamu memiliki aktor favorit, dan kamu ingin mendapatkan suaranya, maka kamu bisa menggunakan fitur voice cloning ini.


Kamu hanya perlu memberikan script naskah dari suara tersebut, setelah itu berikan pada tim Murf.ai dan tunggu sampai mereka selesai membuatkan, mudah sekali kan?

#4 Voice Over Google Slides Add-on

Ketika membuat presentasi, terkadang perlu audio untuk mendukung slide presentasi tersebut. Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan add-on milik Murf.ai untuk langsung membuat voice over pada Google Slides.


Caranya, kamu tinggal unduh add-on Murf.ai di sini lalu pasang ekstensi pada browser kamu. Buka Google Slides dan ketikan naskah yang akan dijadikan audio kemudian build video untuk menghasilkan voice over.

#5 Transcription

Fitur berikutnya yaitu transcription. Setelah merekam suara, biasanya terdapat bagian yang dirasa kurang sehingga ingin kamu hapus.


Nah, dengan fitur transcription, kamu dapat menghapus bagian tersebut dengan mudah. Kamu hanya perlu upload file rekaman, pilih Transkripsi, setelah itu akan berubah menjadi teks, lalu hapus bagian yang diinginkan, kemudian render file.

#6 Voice Changer

ubah suara rekaman sederhana jadi voice over profesional dengan murf
ubah suara rekaman sederhana jadi voice over profesional dengan murf

Apabila sebelumnya kamu sudah pernah merekam suara, namun merasa kurang puas kamu bisa mengganti  suara tersebut dengan suara AI lewat Murf.ai. Voice changer dapat mengganti suara rekaman kamu tadi dengan bantuan AI dan naskahnya akan tetap sama.

#7 Voice Over PPT

Fitur berikutnya yaitu voice over PPT, sebenarnya fitur ini mirip dengan voice over Google Slides. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memasukan rekaman voice over ke dalam slide presentasimu. 

#8 E-Learning Narration

Kamu perlu membuat video pembelajaran untuk e-learning namun enggan untuk menggunakan suara sendiri? Jika begitu kamu bisa gunakan fitur Murf.ai ini. Kamu hanya perlu memasukan skrip, memilih suara, bahasa dan tunggu Murf.ai mengerjakannya.


Itulah deapan fitur Murf.ai yang bisa kamu pilih ketika nanti membutuhkan. Setelah mengetahui fitur-fiturnya, berikut ini terdapat kelebihan serta kekurangan dari platform tersebut.

Kelebihan & Kekurangan Murf.ai

Setiap platform tentu memiliki kurang dan lebihnya masing-masing. Di bawah ini akan kita ulas kekurangan serta kelebihan Murf.ai.

Kelebihan Murf.ai

  • Proses daftar akun yang mudah (dapat akun Google atau akun Facebook)
  • Terdapat versi gratis
  • Tidak perlu menginstal aplikasi
  • Antarmuka yang friendly
  • Terdapat banyak pilihan suara dan bahasa

Kekurangan Murf.ai

  • Belum banyak video tutorial penggunaan
  • Versi gratis yang sangat terbatas, maksimal hanya 10 menit percobaan voice over
  • Harga yang cukup mahal, apabila digunakan pribadi

Nah, itulah beberapa kelebihan serta kekurangannya. Selanjutnya mari ketahui harga untuk berlangganan platform ini.

Harga Langganan Murf.ai

Murf.ai menawarkan dua jenis paket yaitu bulanan dan tahunan. Masing-masing jenis tersebut dibagi lagi menjadi beberapa yaitu di bawah ini untuk bulanan.

Review Murf.ai
Harga Paket Bulanan

Dan ini untuk paket tahunan.

Review Murf.ai
Harga Paket Tahunan

Itulah harga paket untuk berlangganan Murf.ai, ya harga tersebut memang dalam dollar, karena Murf.ai sendiri pusatnya di luar negeri, yaitu Amerika Serikat.

Cara Menggunakan Murf.ai

Setelah mengetahui apa itu Murf.ai, mengenali fiturnya, serta kelebihan dan kekurangan sekarang saatnya kamu untuk belajar bagaimana cara menggunakan Murf.ai khususnya untuk membuat voice over video.


Tutorial berikut dapat diterapkan untuk video apapun, entah itu video produk, iklan, animasi atau yang lainnya.


  1. Kunjungi situs Murf.ai pada link berikut https://murf.ai/.
  2. Kemudian Login atau Daftar akun.
  3. Setelah itu, kamu akan otomatis masuk ke Studio milik kamu dan seperti ini tampilannya lalu klik Create a new project.
Review Murf.ai
Klik Create a new project
  1. Kemudian buat nama projek, dan klik Browse untuk masukan file yang akan diberi voice over. Bisa berupa gambar atau langsung file video. 
  2. Pilih Start Upload untuk mengunggah file.
Review Murf.ai
Masukan Nama Projek dan File - Klik Start Upload
  1. Setelah itu masukan teks, dan pilih voices. Di sini kami menggunakan bahasa Inggris, karena untuk bahasa Indonesia hanya terdapat pada paket berbayar.
Review Murf.ai
Masukan Teks - Pilih Voice
Review Murf.ai
Beragam Opsi Voice
  1. Lalu atur kecepatan dan volume yang diinginkan. 
  2. Kemudian klik tombol Play untuk mendengarkan hasil voice over.
Review Murf.ai
Atur Kecepatan dan Volume - Klik Play
  1. Selanjutnya di sini kita akan menambahkan sedikit soundtrack, klik pada menu Soundtrack > Gallery.
Review Murf.ai
Pilih Soundtrack - Klik Gallery
  1. Setelah itu muncul beragam pilihan soundtrack yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kemudian klik Add to project.
Review Murf.ai
Cari Soundtrack - Pilih Add to Project
  1. Berikutnya, soundtrack akan muncul seperti berikut dan bisa kamu potong sesuai durasi video
Review Murf.ai
Potong Soundtrack
  1. Apabila video sudah dirasa selesai dan sempurna, sekarang kamu bisa  klik Build Video untuk mulai rendering, jika sudah klik Export.
Review Murf.ai
Klik Build Video - Export
  1. Nah, setelah muncul berbagai pilihan file, lalu pilih Video dan klik Download.
  2. Tunggu sampai proses download selesai.
Review Murf.ai
Pilih File - Klik Download

Itulah cara menggunakan Murf.ai, mudah sekali kan? Namun, apabila kamu menggunakan versi gratis maka tidak bisa melakukan download, hanya dapat mencoba membuat voice over video saja.


Masih banyak tools pada studio Murf.ai, harapannya kamu dapat meng-explore sendiri kedepannya sembari belajar. Yuk, segera daftarkan akun pada Murf.ai dan buat voice over profesional di sana. Demikianlah review Murf.ai, platform voice over dengan teknologi AI dengan beragam pilihan dari Sebuahutas.com.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×