Tuesday, May 31, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kamu pasti sudah tidak asing dengan salah satu aplikasi Microsoft Office. Contohnya Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya. Kalau diperhatikan, di bagian tampilan Office selalu ada ikon menu. Namun, masih banyak yang belum tahu ikon save redo dan undo merupakan bagian menu dari.

Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu dari Ini
Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu dari Ini

Padahal mengetahui bagian-bagian dari tampilan dan menu di Office itu, penting. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan penjelasan untuk kamu mengenai ikon-ikon save, redo, dan undo adalah bagian dari menu apa. Jadi, simak terus penjelasan ini sampai akhir.

Ikon Save Redo dan Undo Merupakan Bagian Menu dari?

Pertanyaan yang sudah dibahas sejak awal tadi akan langsung dijawab pada bagian ini. Jadi, ikon save, redo, dan undo adalah bagian dari menu yang disebut sebagai Quick Access Toolbar.


Pengertian dari Quick Access Toolbar adalah sekumpulan menu atau perintah umum yang ditujukan supaya mudah diakses oleh pengguna. Biasanya, Quick Access Toolbar berisi menu-menu yang umum dan sering dipakai seperti Save, Redo, dan Undo.


Apakah kamu tahu fungsi dari masing-masing menu tersebut? Untuk menambah wawasan mengenai Office, fungsi dari menu tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

1. Save

Save
Save

Menu Save jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna Simpan. Jadi, jika menu ini diklik atau dipilih, dokumen yang sedang kamu buka saat ini akan tersimpan perubahannya.


Apabila kamu sedang membuka dokumen baru dan belum pernah disimpan di penyimpanan, kamu akan diarahkan untuk memilih folder dan memberikan nama untuk dokumen tersebut setelah ikon Save diklik.


Namun lain halnya kalau kamu membuka file yang memang sudah pernah disimpan. Kalau ikon Save diklik, kamu mungkin nggak akan merasakan aksi apapun karena memang nggak kelihatan. 


Meski nggak terlihat, menu ini bekerja untuk menyimpan perubahan yang kamu buat pada sebuah dokumen.

2. Undo

Undo
Undo

Ketika sedang mengedit dokumen, baik di Word, Excel, maupun PowerPoint, kesalahan mungkin saja terjadi. Entah kamu tidak sengaja menghapus bagian penting, salah ketik, memasukkan gambar yang salah, dan sebagainya.


Jika kesalahan terjadi, kamu nggak perlu panik karena ada menu bernama Undo. Fungsinya adalah untuk membatalkan aksi atau perubahan terakhir yang kamu buat. Dengan begitu, dokumen akan kembali seperti sebelumnya ketika kamu mengklik menu Undo.

3. Redo

Redo
Redo

Redo adalah menu yang sifatnya berbanding terbalik dengan Undo. Jika Undo bersifat membatalkan perubahan yang dibuat ke kondisi sebelumnya, Redo digunakan untuk membatalkan Undo. Bingung? Simak penjelasan berikut supaya lebih paham.


Sebagai contoh, kamu sedang membuat sebuah presentasi menggunakan PowerPoint. Kamu menggunakan font Comic Sans. Kemudian kamu mengubahnya menjadi Arial. 


Untuk membandingkan, kamu mengklik ikon Undo sehingga tampilan teks kembali menggunakan Comic Sans. Karena kamu menganggap bahwa font Arial jauh lebih formal, kamu ingin tetap menggunakan font tersebut. 


Untuk membatalkan Undo yang tadi kamu lakukan dan kembali ke font Arial, kamu perlu mengklik menu Redo. Sampai di sini, apakah kamu sudah bisa memahaminya?

Menu Lain di Quick Access Toolbar

Dari penjelasan di atas, terjawab sudah bahwa ikon save redo dan undo merupakan bagian menu dari Access Toolbar. Perlu kamu pahami bahwa menu di Quick Access Toolbar sangat banyak jenisnya, bukan cuma 3 menu yang tadi dibahas.


Di bawah ini terdapat beberapa menu paling populer dan kerap ditampilkan di Quick Access Toolbar.

1. New

New
New

Menu New dapat dipakai oleh pengguna untuk membuat sebuah file baru pada aplikasi Office tersebut. Jika menu ini diklik, pengguna akan langsung diarahkan untuk ke jendela yang baru berisi blank document atau dokumen yang masih kosong.

2. Open

Open
Open

Menu Open, dalam bahasa Indonesia artinya Buka. Tentu saja menu ini berfungsi untuk membuka file yang didukung oleh aplikasi Office tersebut. Apabila kamu mengklik menu ini, maka akan diarahkan ke halaman Open untuk memilih file yang ingin dibuka.

3. E-mail

E Mail
E Mail

Seperti namanya, menu E-mail berfungsi untuk mengirimkan dokumen yang sedang kamu buka tersebut melalui surat elektronik atau e-mail. Secara default, kamu akan diarahkan ke aplikasi Outlook yang masih menjadi bagian dari Office.

4. Quick Print

Quick Print
Quick Print

Jika ingin mencetak atau mengeprint dokumen yang sedang kamu buka saat ini, klik ikon Quick Print di Quick Access Toolbar. Menu ini digunakan mencetak dokumen dengan cepat, tanpa perlu melakukan banyak pengaturan.

5. Print Preview and Print

Print Preview And Print
Print Preview And Print

Berbeda dengan Quick Print, Print Preview and Print digunakan untuk melihat gambaran dokumen jika sudah dicetak menggunakan kertas. Selain bisa melihat gambaran hasil print, kamu juga dapat mengatur beberapa konfigurasi sebelum mencetak dokumen.

6. Automatically Save

Automatically Save
Automatically Save

Jika diaktifkan, kamu akan melihat menu Autosave dengan toggle On/Off. Jika diaktifkan, kamu nggak perlu repot menggunakan menu Save terus menerus untuk menyimpan file. Pasalnya, perubahan sekecil apa pun akan langsung disimpan.


Untuk mengaktifkan Autosave, kamu harus login terlebih dahulu menggunakan akun Microsoft dan menyimpan file atau dokumen di OneDrive. Opsi Autosave nggak berlaku untuk dokumen-dokumen yang disimpan di penyimpanan lokal.

Cara Mengubah Quick Access Toolbar

Cara Mengubah Quick Access Toolbar
Cara Mengubah Quick Access Toolbar

Untuk mengubah, menampilkan, atau tidak menampilkan menu, caranya sangat mudah. Klik saja ikon panah ke bawah di samping menu-menu Quick Access Toolbar. Beri tanda centang untuk menu-menu yang ingin ditampilkan.


Sedangkan untuk menu yang tidak ingin ditampilkan, kamu bisa menghilangkan tanda centangnya dengan cara mengklik.


Sampai di sini, kamu tentu sudah bisa memahami bahwa ikon save redo dan undo merupakan bagian menu dari Quick Access Toolbar sebagaimana ulasan tim Sebuahutas.com diatas. Baris menu ini sangat bermanfaat untuk mempermudah kamu ketika menggunakan aplikasi Office. Jadi, gunakanlah semaksimal mungkin.

Next article Next Post
Previous article Previous Post