Friday, June 17, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Suara Google Translate sempat menjadi viral di kalangan content creator baik itu aplikasi TikTok, Youtube, dan lain sebagainya. Suara bot dari Google Translate memang terasa unik dan khas, tidak heran jika konten-konten yang mereka buat menjadi lebih menarik. Selain dijadikan konten, suara Google Translate juga bisa kamu jadikan sebagai nada dering wa atau nada dering sebut nama.


Jika ringtone teman-temanmu terasa kurang menarik, maka dengan suara Google, nada dering WhatsApp milikmu akan sangat berbeda. Kamu bahkan bisa berkreasi untuk menghasilkan nada pesan yang semakin unik dan menarik setiap kali ada chat wa masuk.

buat Nada Dering WA dengan Suara Google
buat Nada Dering WA dengan Suara Google
Oleh karenanya, lewat panduan singkat ini, Sebuahutas akan memberikan panduan sederhana bagaimana cara mengganti nada dering WhatsApp dengan suara Google tanpa harus melakukan install aplikasi apapun di ponsel Android kamu. Penasaran bagiamana cara melakukannya? Simak tutorial nada dering WA suara Google dibawah ini hingga tuntas. 

Cara Membuat Notifikasi WA Suara Google

Hal pertama yang perlu kamu siapkan untuk membuat nada dering suara Google dari teks adalah koneksi internet. Karena, teknologi text to speech yang akan kamu gunakan di tutorial ini hanya bisa dijalankan jika kamu terhubung dengan koneksi internet.

Setelahnya, kamu juga perlu menyiapkan tulisan yang nantinya akan dibuat menjadi suara nada dering notifikasi seperti: "kang mas [nama sendiri], buka WhatsApp-nya, ada pesan masuk". Jika kedua hal tersebut sudah kamu siapkan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat nada dering keren di aplikasi WhatsApp kamu:

  1. Buka situs text to speech seperti voiceoftext.com ataupun soundoftext.com
    cara pakai situs sound of text
    cara pakai situs sound of text
  2. Pilih bahasa dari teks yang sudah kamu siapkan, misalnya bahasa Indonesian pada kolom Voice
  3. Ketik atau salin-tempel teks notifikasi yang akan diubah menjadi suara atau file mp3 pada kotak teks yang tersedia
  4. Klik tombol "Convert to Voice"
  5. Tekan icon unduh dan tunggu hingga muncul auido player dari suara Googl hasil konversi tadi
  6. Klik menu titik tiga di kotak player, tekan tombol Download untuk mengunduh file suara dalam format MP3
  7. Simpan file MP3 suara Google dari teks tersebut di memori internal hp Anda

Sampai disini, kamu sudah punya suara Google untuk dijadikan nada dering WhatsApp sesuai kebutuhan kamu. Selanjutnya, kamu perlu mengganti ringtone bawaan dari aplikasi WhatsApp menggunakan file suara yang sudah kamu dapatkan di tahap sebelumnya.

Download Nada Dering WA Keren Suara Google

Selain menggunakan situs pembuat suara Google diatas, ada beberapa pilihan nada dering wa keren yang bisa kamu buat menggunakan suara buatan alias text to speech. Berikut beberapa situs alternatif lainnya yang cocok untuk dijadikan nada dering wa suara Google:

  • Suara Google Doraemon: myinstants.com
  • Suara Google anak kecil: voicemaker.in
  • Suara robot wanita formal: botika.online
  • Suara buatan mirip pria keren: freetts.com

Cara Mengganti Nada Dering WA Dengan Suara Google

Untuk mengubah nada dering WhatsApp menggunakan suara Google, ada dua tahapan yang perlu kamu lakukan. Tahap #1: kamu perlu menambahkan file mp3 suara Google menjadi pilihan ringotone ponsel Android. Selanjutnya masuk ke tahap #2: kamu tinggal mengubah nada dering notifikasi WA dari mode default menjadi file MP3 suara Google yang sudah berhasil kamu tambahkan.

Tahap #1: Menambahkan Nada Dering di Android

Berikut langkah-langkah detil dari cara mengubah nada dering WhatsApp hingga dapat menggunakan suara Google berformat MP3 sebagai notifikasi pesan masuk:

  1. Buka aplikasi File Manager seperti My Files di ponsel Android keluaran baru
  2. Cari folder Notifications atau Ringtones lalu pindahkan suara Google MP3 yang sudah diunduh tadi ke dalam folder tersebut
    folder notifikasi di Android
    folder notifikasi di Android
  3. Jika sudah, seharusnya file MP3 suara Google sudah berhasil ditambahkan dalam daftar ringtone ponsel Android kamu
  4. Cara lainnya, kamu dapat masuk ke pengaturan (Settings), pilih menu Sounds and vibrations, klik opsi Ringtone, cari tombol plus atau menu add dan pilih file mp3 suara Google untuk ditambahkan sebagai nada dering.
    cara add ringtone di Android
    cara add ringtone di Android
Setelah melakukan tahapan diatas, suara Google yang tadi diunduh sudag dapat dijadikan sebagai nada dering di semua aplikasi yang memiliki fitur ringtone.

Tahap #2: Ganti Nada dering Notifikasi WA

Langkah selanjutnya adalah mengubah nada dering di aplikasi whatsapp menjadi suara Google dalam format mp3. Caranya lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi whatsapp
  2. Klik icon titik tiga di ssebelah atas lalu pilih Settings untuk masuk ke pengaturan wa
  3. Pilih 'Notifications'
    Cara mengganti nada dering notifikasi WA
    Cara mengganti nada dering notifikasi WA
  4. Ketuk menu sesuai nada dering yang ingin kamu ubah. Untuk mengubah nada dering pesan masuk, pilih Notification tone pada bagjan messages
  5. Pilih nama file mp3 suara Google
  6. Selesi, nada dering notifikasi pesan masuk di WhatsApp kamu telah menggunakan suara Google buatan sendiri

Tidak terlalu sulit bukan? Dengan cara Sebuahutas.com ini pula, kamu dapat membuat nada dering WA suara Google yang mampu menyebutkan nama kamu sendiri sesuai dengan format yang disediakan diatas. Selamat mencoba di WA kamu masing-masing!

Bagaimana cara mengambil suara Google tanpa aplikasi?

Untuk mengambil suara Google, kamu bisa memanfaatkan Google Translate agar tidak perlu menginstal aplikasi lain. Untuk membuatnya, kamu cukup membuka situs Google Translate, ketikkan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara Google, lalu ketuk icon speaker di bagian bawah agar suara Google dapat kamu dengar.

Bagaimana cara merekam suara Google Translate?

Pertama-tama, buka aplikasi Google Translate di smartphone. Pada kolom sebelah kiri, kamu bisa mengetikkan kata-kata dalam bahasa Indonesia atau yang lainnya. Sebelum menekan tombol speaker, kamu bisa membuka aplikasi recorder untuk merekam suara. Kemudian kamu bisa mengaktifkan aplikasi tersebut lalu tekan icon speaker dan suara akan terekam secara otomatis.

Next article Next Post
Previous article Previous Post