Wednesday, June 8, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Opera Mini merupakan aplikasi browser yang telah dirilis sejak tahun 2005 silam. Opera Mini menjadi aplikasi terbaik hingga saat ini  untuk pengguna HP bahkan sebelum Android dirilis.


Opera Mini APK juga menjadi salah satu browser web paling populer di dunia karena bisa digunakan hampir di semua perangkat, seperti desktop Windows, Linux, Mac dan  sebagai aplikasi mobile Android, Windows, serta IOS. Opera Mini secara otomatis juga dilengkapi dengan jejaring sosial lainnya seperti Facebook, dan Twitter.


Penggunaan Opera Mini pada ponsel juga diklaim mampu menghemat hingga 90% dari penggunaan data karena dilengkapi dengan fitur data savings. Selain itu, sesuai dengan namanya Opera Mini tidak memakan ruang penyimpanan yang cukup banyak, sehingga aman digunakan pada ponsel dengan kapasitas minimum.

Download opera mini official mod apk latest version 2022
Download opera mini official mod apk latest version 2022

Sebelum populer di kalangan pengguna Android, Opera Mini sudah dikenal oleh pengguna Java dan Symbian. Meskipun teknologi semakin berkembang, namun nyatanya aplikasi ini tidak pernah mati.


Kamu bisa mengunduh aplikasi terbarunya di Google Play Store. Ukurannya minimalis hanya sekitar 14 MB saja. Aplikasi ini juga sudah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna Android.

Perbedaan Opera Mini dan Opera Browser

Berdasarkan data di Google Play Store, aplikasi browser Opera ada beberapa macam. Dua aplikasi Opera yang paling populer adalah Opera Mini dan Opera Browser. Meskipun sama-sama aplikasi browser Opera, namun ada beberapa perbedaannya yaitu sebagai berikut:

1. Interface

perbedaan tampilan dan performa penghematan data di opera mini orginal
perbedaan tampilan dan performa penghematan data di opera mini orginal
Perbedaan utama dari keduanya terletak pada interface atau tampilan. Opera Mini merupakan aplikasi berukuran mini atau kecil yang bisa diunduh di berbagai tipe smartphone lawas.


Jadi tidak heran apabila tampilannya terlihat sederhana dan terasa kurang tertata. Sementara Opera Browser lebih mengedepankan fungsionalitas dan kecanggihan fiturnya, jadi agak sulit untuk pemula.

2. Performa

Fitur Opera Browser lebih lengkap dan canggih. Karena hal tersebut, Opera Browser terasa lebih berat saat dijalankan. Sedangkan fitur sederhana pada Opera Mini malah memberikan keuntungan. Pasalnya dengan kesederhanaan tersebut, Opera Mini terasa ringan dan cepat untuk browsing. Selain itu, Opera Mini juga tidak membutuhkan memori internal ataupun RAM yang besar.

Fitur dan Kelebihan dari Browser Opera Mini

Fitur yang dimiliki oleh Opera Mini secara umum terdiri dari beberapa hal di bawah ini:

akses internet lebih cepat dan murah dengan aplikasi opera mini
akses internet lebih cepat dan murah dengan aplikasi opera mini

#1 Kompres Data

Fitur pertama yang dimiliki oleh Opera Mini jenis apapun adalah kompres data yang membuat data masuk menjadi lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan aplikasi sejenisnya.

Data yang lebih kecil akan membuat konsumsi dari data seluler menjadi lebih hemat. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak menggunakan koneksi WiFi.

#2 Aman Saat Browsing

Saat melakukan browsing atau membuka berbagai media sosial dengan memanfaatkan Opera Mini, prosesnya akan terenkripsi dengan sangat baik.

Jadi kemungkinan orang lain untuk melihat atau melakukan hack sangat kecil. Itulah kenapa sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Opera Mini jika ingin membuka berbagai website dengan akun penting.

#3 Ad Block

Tersedia fitur ad block yang akan membuat Anda lebih nyaman saat melakukan browsing ke berbagai situs. Apalagi saat ini banyak sekali situs yang memiliki iklan mengganggu dan sering muncul mendadak dalam bentuk pop up.

#4 Downloader

Tersedia juga fitur untuk download yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh berbagai jenis file dengan mudah dan juga cepat. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mendownload karena memiliki fitur untuk mempercepat berbagai proses download.

#5 Lebih Cepat

Saat membuka berbagai jenis situs menggunakan Opera Mini, proses loading dari halaman berjalan dengan cepat. Jadi jika Anda berada di kawasan yang susah sinyal kemungkinan tidak akan ada masalah saat melakukan browsing. 

fitur built in mode terang dan mode gelap opera mini
fitur built in mode terang dan mode gelap opera mini

Hal ini juga membuat aplikasi Opera Mini banyak disukai oleh para pengguna.

Kelebihan Opera Mini

Kelebihan dari Opera Mini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk beberapa hal berikut ini:


  • Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan fitur yang ada di dalamnya cukup premium.
  • Proses update berjalan secara terus-menerus dan akan ada fitur terbaru yang ditawarkan.
  • Aplikasi aman digunakan untuk melakukan apapun, bahkan Anda juga bisa membuka website secara incognito.

Perbedaan Versi Baru dan Lama

Perbedaan versi lama dan baru biasanya bisa dilihat dari sejauh mana versi lawas yang akan Anda gunakan. Apabila menggunakan versi yang sedikit lebih lama, kemungkinan besar perbedaannya cukup signifikan. Simak selengkapnya di bawah ini:

Opera Mini Versi LamaOpera Mini Versi Baru
Apabila menggunakan versi lama kemungkinan besar aplikasi cenderung lebih stabil. Aplikasi juga bisa digunakan di sebagian besar ponsel yang spesifikasinya cukup rendah. Jika Anda menggunakan ponsel yang cukup lama, masih bisa menggunakan Opera Mini jenis lama karena spesifikasinya bisa sesuai.Apabila menggunakan versi terbaru kemungkinan besar harus memanfaatkan konsep generasi anyar.  Meski demikian, tidak akan ada masalah apabila menggunakan versi lama meski kemungkinan akan ada sedikit hambatan. Hal paling penting adalah mencobanya terlebih dahulu dan dilihat apakah ada masalah atau tidak.
Apabila menggunakan versi yang lebih lama kemungkinan besar tidak akan memiliki fitur elektronik atau pemblokir dari iklan. Blokir iklan ini sangat penting agar Anda bisa menikmati pengalaman browsing tanpa terganggu sama sekali.Aplikasi versi terbaru kemungkinan besar akan terlindung dari berbagai jenis iklan atau pop-up yang mengganggu ketika membuka situs. Terdapat fitur yang bisa melakukan blokir pada berbagai jenis iklan sehingga situs yang dibuka menjadi lebih bersih.
Aplikasi versi lama akan sedikit sulit untuk digunakan untuk mereka yang memiliki koneksi internet sangat terbatas atau lemot. Koneksi yang sangat terbatas bisa membuat boros karena proses kompresi data yang belum maksimal dibandingkan versi baru.Apabila menggunakan versi baru proses kompresi akan berjalan dengan baik sehingga tidak ada masalah membuka berbagai situs. Selain itu, proses kompresi data juga akan mempercepat proses loading dari halaman sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama.
Aplikasi versi apk kemungkinan besar tidak aman apalagi jika didapatkan dari luar.  Bisa saja memiliki virus yang berbahaya apabila digunakan pada ponsel.Aplikasi akan aman untuk digunakan sehingga pengguna tidak perlu khawatir . Aplikasi aman jika melakukan pemasangan aplikasi versi terbaru dari Play Store.

Cara Download Opera Mini

Apabila ingin download Opera Mini versi yang lebih lawas, ada baiknya untuk mengikuti beberapa langkah yang akan dibahas di bawah ini:


  • Anda tidak bisa download melalui Play Store karena hanya ada versi yang paling baru saja. Agar bisa mendapatkan versi lama, Anda harus menggunakan Google Chrome untuk membuka situs tertentu.
  • Setelah masuk kedalam halaman Google, segera ketik kata kunci: Opera Mini versi lama.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa situs yang menyediakan aplikasi dalam bentuk APK versi lama.
  • Pilih salah satu yang terbaik atau bisa dipercaya seperti Uptodown, di link ini https://opera-mini.id.uptodown.com/android/versions.
  • Setelah masuk ke dalamnya segera pilih old version atau versi lama.
  • Setelah itu, akan ada banyak sekali daftar versi dari Opera Mini.
  • Pilih salah satu lalu lakukan dulu seperti biasa hingga selesai.
  • Selanjutnya, segera lakukan proses instalasi.

Berikut dua aplikasi Opera Mini versi lama apk yang bisa kamu unduh dengan ukuran jauh lebih kecil dibanding versi terbaru (46 MB), sebagai perbandingan berikut ukuran Opera Mini APK versi lama yang kalian cari:
Nama AplikasiOpera Mini APK
DeveloperOpera Official
Ukuran file6 MB (Versi Lama 2019)
Tanggal update13 April 2022
Link Download[Unduh]
Download Versi lama[Versi 2020] [Versi 2019]

Cara Instalasi Opera Mini Versi Lama

Proses instalasi untuk Opera Mini versi lama sebenarnya mudah dilakukan karena termasuk aplikasi asli. Jadi tidak perlu melakukan proses pengaturan pada ponsel sehingga aplikasi dalam bentuk APK bisa langsung dipasang. 

Untuk melakukan proses instalasi versi lama simak selengkapnya di bawah ini:


  • Apabila ingin memasang aplikasi versi lama, syarat utama yang harus dipenuhi adalah tidak ada Opera Mini versi baru yang terpasang di ponsel. Apabila ada aplikasi tersebut Anda harus melepasnya terlebih dahulu agar proses pemasangan tidak sia-sia.
  • Setelah itu, buka Play Store untuk mengubah terlebih dahulu pengaturan agar tidak melakukan proses update secara otomatis. Apabila proses update otomatis tetap berjalan kemungkinan besar Opera Mini yang terpasang akan langsung update ke versi yang lebih baru.
  • Siapkan file APK dari Opera Mini yang sudah didapatkan dengan menggunakan cara sebelumnya.
  • Klik pada file tersebut agar bisa melakukan proses instalasi secara otomatis. Jika muncul notifikasi, aktifkan pengaturan install dari sumber tidak dikenal pada setting Android
  • Tunggu proses instalasi berjalan hingga selesai.
    install dari sumber tidak dikenal di pengaturan android
    install dari sumber tidak dikenal di pengaturan android
  • Setelah itu, coba buka aplikasi Opera Mini lalu jalankan dan pastikan apakah sudah terpasang dengan baik atau belum.
  • Jika belum terpasang dengan baik ulangi lagi saat di atas.

Tanya Jawab Aplikasi Opera Mini

Berikut beberapa pertanyaan yang banyak diajukan terkait Opera Mini APK official download dan cara installnya:

Apakah Opera Mini APK bisa di download?

Opera Mini bisa kamu download baik dari laman SebuahUtas diatas atau via Google Play Store. Pengunduhnya kini mencapai lebih dari 600 ribu di Google Play Store atau di App Store dari seluruh dunia.

Apakah Opera Mini Browser aman untuk digunakan?

Dari sekian browser yang bukan bawaan smartphone, Opera Mini tergolong media penjelajahan yang aman. Sebab di dalam browser tersebut kamu bisa menikmati adanya Virtual Private Number (VPN).


Dengan adanya hal tersebut, seluruh data di smartphone akan sudah di hack karena bukan IP dari internet secara langsung. Menariknya fitur tersebut bisa kamu nikmati secara gratis dari Opera.

Apa keunggulan dari browser Opera Mini?

Secara garis besar, browser Opera Mini memiliki berbagai kelebihan diantaranya sebagai berikut:

  1. Ukuran filenya kecil.
  2. Fitur keamanan lengkap karena menggunakan VPN. 
  3. Terdapat Night mode. 
  4. Cepat dalam membuka situs dan mengunduh media.

Aplikasi Opera Mini versi lama dianggap lebih baik daripada versi yang lebih baru meski beberapa orang lebih suka menggunakan versi yang paling anyar. Apabila Anda ingin browsing dengan konsumsi data yang lebih rendah, Opera Mini yang lama bisa digunakan sebagai acuan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post