Tuesday, July 5, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]
Cara Mengatasi No Internet Access - Biasanya no internet access terjadi pada komputer atau laptop mengalami kendala yang dapat menyebabkan internet tidak terhubung dengan baik, namun ada beberapa penyebab dan akibatnya anda mau tidak mau harus segera memperbaiki permasalahan yang terjadi dikarenakan adanya no internet access.
Cara Mengatasi No Internet Access
Cara Mengatasi No Internet Access
Dengan banyaknya jumlah provider internet seperti telkom speedy, indihome, jaringan kartu seluler dll, menjadikan akses jaringan Internet saat ini bukan suatu hal yang langka dan sulit, bahkan kebutuhan internet saat ini sudah bisa dinikmati secara mudah, cukup hanya dengan hp android saja kita sudah bisa menikmati internet secara mudah dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan data seluler.

Selain jaringan internet dengan kabel, Salah satu teknologi jaringan yang banyak digunakan untuk akses internet adalah teknologi hotspot wifi, dengan teknologi tersebut setiap orang di radius jangkauan hotspot aktif bisa dengan mudah terkoneksi ke jaringan internet yang disediakan secara wireless atau tanpa kabel.

Walaupun untuk beberapa kasus akses internet dapat diperoleh dengan mudah, tidak jarang pada prakteknya banyak pengguna yang mengalami masalah, seperti misalnya komputer dapat terhubung ke jaringan namun tidak bisa mengakses internet dengan munculnya tanda seru kuning di indikator jaringan yang menginformasikan pesan "No internet access"/ limited Access atau No Internet Connection.

Sebuahutas yakin anda pun mungkin pernah mengalaminya, ketika anda menghubungkan komputer anda ke jaringan internet, baik melalui Wifi maupun melalui kabel jaringan, muncul tanda seru kuning di indikator jaringan di pojok sebelah kanan komputer anda, dan ketika di sorot menggunakan mouse muncul sebuah pesan dengan tulisan No internet access.

Cara Mengatasi No Internet Access Wifi atau Lan untuk komputer Windows 7 & 10

Permasalahan no internet access ini bisa dialami oleh siapa saja, baik oleh pengguna windows 7 maupun pengguna windows 10.

Kondisi komputer tidak bisa mengakses internet dengan pesan no internet access atau limited access penyebabnya bisa bermacam-macam diantaranya:

  • Jaringan Local memang tidak mendapatkan akses internet, seperti karena gangguan, quota habis dan lain sebagainya.
  • Jumlah akses internet dibatasi, ini umumnya sering digunakan untuk jaringan umum seperti wifi di lokasi-lokasi tertentu.
  • Salah memasukan password untuk terhubung ke internet, bisa jadi komputer pc atau laptop yang ingin terhubung ke internet, salah memasukan password.
  • Permasalahan pada komputer pc atau laptop yang mengakses internet.

Langkah pertama untuk memperbaiki no internet access pada komputer pc atau laptop anda ketika mengakses internet terutama via wifi adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Jika jaringan internet di komputer lain berjalan normal namun dikomputer anda tidak mau terhubung dengan pesan kesalahan no internet acess/ limited access, itu artinya permasalahan terjadi pada komputer anda.

Langkah-langkah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

Cara ke - 1 -Enable disable Network adapter di komputer anda

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mendisabled enable network driver di komputer anda yang digunakan untuk terhubung ke internet. caranya:

  • Masuk ke control panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Di bilah menu sisi kiri pilih menu Change Adapter settings.
  • Pilih dan Klik kanan pada salah satu network adapter yang anda gunakan untuk terhubung ke internet.
  • Kemudian pilih Disabled untuk menonaktifkan jaringan. misal untuk kasus saya nama network drivernya Wireless Network connection, karena saya menggunakan itu untuk terhubung ke internet.
  • Kemudian klik kanan lagi network adapter yang sama, lalu pada menu yang muncul pilih lagi Enabled, tunggu beberapa saat hingga network adapter mendapatkan jaringan.

Beberapa kasus dengan cara seperti ini dapat mengatasi permasalahan komputer tidak terhubung ke internet dengan pesan No internet access.

Cara ke -2 Hapus Wifi dan Input Ulang Password Wifi

Ini untuk anda yang terhubung ke internet menggunakan jaringan hotspot wifi, anda bisa menghapus password wifi yang tersimpan, lalu memasukan ulang password tersebut, ini juga bisa digunakan jika password wifi jaringan internet sudah diganti oleh si administrator jaringan.

Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara 1 di atas, sebagai berikut:

  • Masuk ke control panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Pada halaman network anda sharing center, di bilah menu sisi kiri pilih menu manage wireless network.
  • Klik kanan pada nama wifi yang tersedia yang anda gunakan untuk terhubung ke internet, kemudian pilih menu Remove Network.

Anda akan menghapus nama wifi yang sebelumnya sering anda gunakan untuk terhubung.

Lalu coba lagi untuk terhubung ke wifi, wifi biasanya akan meminta anda untuk memasukan ulang password, silahkan masukan password yang digunakan, tunggu hingga wifi terkoneksi.

Dengan cara ini untuk beberapa kasus bisa mengatasi masalah No internet access yang terjadi pada komputer anda baik komputer win 7 maupun win 10.

Cara ke - 3 Restat Service DNS dan DHCP Client

Jika cara ke 2 di atas belum juga bisa mengatasi permasalahan, maka anda bisa mencoba cara ke 3 yaitu dengan melakukan restart pada service dns client dan dhcp client,

Service dns client digunakan agar komputer bisa terhubung ke internet, sedangkan dhcp digunakan agar komputer mendapatkan ip address otomatis, sehingga anda tidak perlu report-report memasukan ip address untuk terhubung ke jaringan.

Terkadang kedua service di atas menjadi disable atau bermasalah yang menyebabkan komputer tidak bisa terhubung ke internet dengan pesan No internet access atau Limited access.

Langkah-langkah untuk restart service dns client dan dhcp client adalah sebagai berikut:

  • Buka Control Panel > System and Security > Administrative Tool.
  • Pilih services.
  • Cari DHCP Client dan DNS Client, klik kanan pada nama tersebut.
  • kemudian pilih restart.
  • Setelah keduanya berhasil di restart, kemudian silahkan lakukan restart pada komputer atau pc anda.

Dengan cara di atas untuk beberapa kasus dapat mengatasi permasalahan jaringan koneksi internet baik no internet access maupun limited access.

Cara ke - 4 Restart Modem

Mengatasi No Internet Access dengan restart modem
Mengatasi No Internet Access dengan restart modem
Ini khusus untuk anda yang memiliki akses terhadap modem, silahkan coba restart modem internet anda, karena bisa jadi penyebabnya ada pada modem inernet anda yang sudah cukup lama dalam keadaan aktif.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi No Internet Access Wifi atau Lan untuk komputer Windows 7 & 10, baik yang menggunakan jaringan internet speedy, indihome, atau data seluler.

Next article Next Post
Previous article Previous Post