Monday, August 15, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Mau jalan-jalan ke luar kota dan lewat jalan tol? Sebelum masuk ke area tersebut kamu perlu mengetahui tarif tolnya. Sehingga kamu perlu cek tarif tol terlebih dahulu untuk mengetahui tarif tiap golongannya. 


Proses cek tarifnya juga sangat mudah dimana tinggal pilih saja ruas tol yang akan dilewati. Kemudian tentukan juga gerbang masuk dan keluar serta golongan kendaraan yang kamu gunakan. Secara otomatis tarifnya akan muncul di layar smartphone atau desktop. Sangat mudah bukan?


Cek Tarif Tol


Ruas Jalan Tol :

Gerbang Masuk :

Gerbang Keluar :

Golongan Kendaraan :

Tarif Tol


Apa itu Cek Tarif Tol dari Sebuahutas?

Autobild termasuk situs cek tarif tol terpercaya di Indonesia dan bisa menjadi situs rujukan terbaik. Sebab tarif yang muncul diambil langsung dari situs resmi BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) di Kementerian PU Indonesia.


Dengan demikian, tarif tol yang diberikan bukan mengada-ada atau perkiraan saja tetapi sudah akurat. Hal ini berbeda dengan pengecekan di situs lain yang terkadang hanya perkiraan sehingga bisa lebih murah atau mahal dari tarif sebenarnya. 

Cara Cek Tarif Tol Terbaru 2022

Dengan situs tersebut, kamu bisa mengecek tarif tol dengan cara sebagai berikut:


  • Langkah 1: Pastikan terkoneksi dengan internet lalu buka browser Google di smartphone. 
  • Langkah 2: Pada kolom pencarian, kamu bisa mengetikkan situs Cek Tarif Tol Resmi dari Sebuahutas ini
  • Langkah 3: Kamu bisa tentukan ruas jalan tol yang akan kamu lewati. 
  • Langkah 4: Lalu kamu bisa pilih darimana gerbang masuk dan gerbang keluarnya. 
  • Langkah 5: Jangan lupa juga, kamu bisa pilih golongan dari kendaraan yang kamu gunakan. 
  • Langkah 6: Tunggu beberapa saat maka kamu akan melihat berapa tarif tol di ruas jalan tersebut. 

Proses cek tarif tol ini bisa dilakukan dari berbagai perangkat seperti smartphone, desktop atau tablet. Semua perangkat ini bisa digunakan selama terhubung dengan internet yang stabil. 


Untuk memahami proses pengecekan tarif tol ini sebaiknya membaca terkait fitur di situs tersebut. Dari penjelasan ini kamu bisa mengetahui khususnya saat memiliki golongan kendaraan. 

Fitur Cek Tarif Tol

Dengan situs tersebut ada beberapa fitur yang ada di dalamnya dan berikut ulasan berikutnya:

1. Pilihan Ruas Jalan Tol

Pada situs ini kamu bisa memilih setiap ruas jalan tol yang akan kamu lewati sepanjang perjalan. Pada ruas jalan ini dibagi dalam beberapa kota untuk memudahkan menghitung biaya saat melewati jalan tol. 


Misalnya kamu akan berangkat dari pasuruan ke kota Jakarta. Maka kamu bisa tentukan ruas jalan di Pasuruan ke Surabaya. Lalu kamu pilih juga dari Surabaya ke kota selanjutnya hingga Jakarta. Dari ruas seperti ini kamu bisa menghitung berapa tarif tol dan menjumlahkan dari kota asal ke tujuan. 

2. Gerbang Masuk dan Keluar

Dengan pilihan ini kamu bisa menentukan dimana kamu mulai memasuki tol di kota saat ini. Pada setiap kota atau ruas ada beberapa daftar gerbang masuk yang bisa kamu pilih. 


Selain itu ada juga gerbang keluar yang di dalamnya ada beberapa pilihan. Dari pilihan kedua gerbang ini nantinya cukup berpengaruh dengan berapa tarif tol yang perlu kamu bayarkan. 

3. Golongan Kendaraan

model perhitungan tarif tol terbaru dari Kemenko Marves RI
model perhitungan tarif tol terbaru dari Kemenko Marves RI
Untuk fitur lain juga ada golongan kendaraan yang kamu gunakan saat masuk tol. Setiap golongan memiliki tarif yang berbeda dan berikut penjelasan setiap golongan yang ada:


  • Golongan 1: Jenis golongan ini untuk kategori mobil pribadi, truk kecil, sedang, pick up dan yang lainnya. 
  • Golongan 2: Truk berukuran besar dengan dua gandar ( sumbu pada roda truk).
  • Golongan 3: Truk besar yang memiliki tiga gandar. 
  • Golongan 4: Kendaraan truk yang memiliki sumbu roda sebanyak 4 buah. 
  • Golongan 5: Truk besar yang di dalamnya memiliki 5 sumbu roda. 
  • Golongan 6: Motor dengan roda dua yang saat ini hanya ada di beberapa wilayah di Indonesia. 

Jadi proses cek tarif tol dari Sebuahutas.com ini cukup bermodalkan perangkat seperti smartphone yang terhubung dengan internet. Pastikan koneksinya stabil agar kamu bisa lebih cepat mengetahui berapa tarif tolnya. Untuk tarif ini sifatnya sudah akurat sehingga tarif asli di tol yang ada sama dengan di situs tersebut. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×