Wednesday, August 17, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Banyak yang masih bertanya apa sebenarnya perbedaan dari iPhone X dan iPhone XS? Memang pertanyaan seperti selalu muncul mengingat secara kasat mata dua ponsel ini tidak memiliki perbedaan. Namun, sebenarnya memang ada perbedaan iPhone X dan iPhone XS.


Bagi yang sedang mencari ponsel seri iPhone X, harus tahu perbedaan antara keduanya. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, maka akan lebih bisa memilih yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Bagi yang penasaran dengan perbedaan kedua seri iPhone ini, bisa simak penjelasan di bawah.

Seri iPhone X

Seri Iphone X
Seri Iphone X

Di tahun 2018, Apple meluncurkan seri iPhone X di mana di tahun tersebut Apple berhasil mencuri perhatian banyak orang. Dengan dua seri, iPhone X dan iPhone XS mampu memberikan warna baru bagi dunia ponsel kala itu. 


Maka tak heran sering muncul pertanyaan tentang perbedaan antara keduanya. Memang secara spesifikasi kedua iPhone tersebut tidak terlalu jauh berbeda bahkan jika dilihat dari desain bodi dan bentuk fisiknya. 


Tak kalah dari seri iPhone lainnya, iPhone X seri juga tergolong laris manis di pasaran bahkan hingga sekarang pun ponsel ini masih menjadi salah satu incaran banyak orang.

Perbedaan iPhone X dan iPhone XS

Bagi yang sedang bingung memilih antara iPhone X dan iPhone XS, maka harus tahu perbedaan antara keduanya. Paling tidak sudah punya gambaran kedua ponsel ini memiliki kelebihan di mana dan kekurangan di mana. 


Lihat juga: Perbedaan iPhone XR dan XS, Jangan Sampai Salah Beli!


Meski sudah lama dirilis, namun ponsel seri ini masih sangat layak untuk digunakan.

1. Desain 

Desain
Desain

Untuk desain antara kedua ponsel ini tidak ada perbedaan. Maka dari itu jika hanya dilihat dari sisi luar atau dari fisiknya saja tidak ada yang beda. Keduanya memiliki desain layar 5,8 inci dengan balutan bahan stainless di desain pinggir layar. Ukuran keduanya juga sama yaitu sekitar 174 gram.


Jika dilihat dari desain, mungkin yang bisa membedakan adalah warnanya. Seri iPhone X dan XS memiliki pilihan warna yang berbeda. 


Keduanya memiliki pilihan Gray dan Silver, namun ada tambahan pilihan warna untuk iPhone XS. Jadi jika ingin membedakan secara desain fisik, maka bisa menggunakan acuan warna.

2. Dapur Pacu 

Dapur Pacu
Dapur Pacu

Untuk masalah dapur pacu jika diadu antara kedua ponsel ini, maka iPhone XS yang jadi pemenangnya. Itu karena secara chip iPhone XS ditambahi perbekalan chip A12 Bionic. 


Selain itu, untuk pilihan RAM juga berbeda untuk iPhone X pilihannya 3 GB sedangkan untuk iPhone XS pilihan RAM 4 GB. Tapi bukan berarti soal performa keduanya berbanding terbalik. 


Itu tidak sama sekali karena iPhone X yang secara spesifikasi lebih rendah tetap mampu menjalankan berbagai kegiatan yang sifatnya berat atau multitasking. Pengalaman penggunaan untuk kedua iPhone ini berada pada kondisi terbaik.

3. Kamera 

Kamera
Kamera

Biasanya ini adalah perbedaan iPhone X dan iPhone XS yang menjadi salah satu penilaian. Namun, antara keduanya sama-sama memiliki spesifikasi kamera yang hampir sama. Keduanya dibekali dengan kamera utama konsep Double Camera 12 MP dan kamera depan 7 MP.


Dengan spesifikasi lensa kamera seperti itu, maka sudah bisa menghasilkan jepretan terbaik. Kualitas gambar dan video sudah mencapai resolusi full HD. Hanya saja untuk kamera iPhone XS ditambahkan beberapa fitur yang mampu menangkap gambar dengan lebih halus dan tajam.

4. Baterai 

Baterai
Baterai

Spesifikasi baterai pada sebuah ponsel jaman sekarang sangat penting. Banyaknya aplikasi dan kegiatan yang dapat menguras banyak tenaga menjadi alasannya. Untuk itu perbedaan spesifikasi baterai iPhone X dan iPhone XS juga menjadi salah satu acuan penilaian tersendiri. 


Secara jumlah kapasitas baterai, iPhone X lebih unggul yaitu 2.716 mAh sedangkan iPhone XS hanya 2.658. Namun menurut penelitian dan pengalaman banyak orang, baterai iPhone XS lebih bisa bertahan lebih lama yaitu sekitar 30 menit.


Namun, tetap saja daya tahan keduanya mampu mengimbangi kegiatan pengguna.

5. Jaringan 

Jaringan
Jaringan

Tentu saja kedua ponsel ini sudah mendukung adanya jaringan 4G LTE. Jadi untuk digunakan saat ini masih sangat cocok meskipun jaringan 5G sudah mulai muncul. Namun, hal itu tidak ada masalah dan artinya keduanya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh di bidang koneksi jaringan.


Untuk fitur yang masih ada kaitannya dengan jaringan yaitu slot SIM card, iPhone XS lebih unggul. Hal itu karena seri ini sudah menerapkan dual sim artinya tidak berbagi dengan kartu SD lagi.


Sayangnya, untuk iPhone X masih menerapkan dual SIM tapi slot harus berbagi dengan memori eksternal. 

6. Harga 

Harga
Harga

Masuk ke perbedaan terakhir antara iPhone X dan iPhone XS. Soal harga memang menjadi tolak ukur seseorang dalam memilih ponsel yang akan dibeli. Maka dari itu jika ingin membeli antara kedua ponsel ini harus mengerti harganya dan juga melihat spesifikasi perbandingannya.


Untuk iPhone X, harga awal rilis berkisar antara Rp14.000.000 hingga Rp16.000.000. Sedangkan untuk iPhone XS sendiri berkisar antara Rp16.000.0000 hingga Rp23.000.000. Semua itu tergantung dari varian warna dan juga kapasitas memori internal. 


Memang secara harga iPhone X lebih murah daripada iPhone XS, namun hal itu tentu ada alasannya. Jika ingin harga yang lebih murah kualitas oke, maka iPhone X. Namun jika ingin mendapatkan yang kualitasnya sedikit lebih unggul tapi lebih mahal, maka iPhone XS.


Sebenarnya, menurut pengamatan tim Sebuahutas.com, secara spesifikasi perbedaan iPhone X dan iPhone XS tidak berbeda jauh. Namun jika dilihat secara keseluruhan, iPhone XS lebih unggul namun harganya juga lebih tinggi. Meski begitu, keduanya masih menjadi ponsel mewah bahkan sampai detik ini. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×