Thursday, August 18, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pengisian survei lingkungan belajar Kemendikbud perlu dilakukan semua sekolah. Pengisian ini hanya dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan tenaga terkait yang ada di lingkungan sekolah.

Jadwal survei lingkungan belajar dari kemdikbud
Jadwal survei lingkungan belajar dari kemdikbud

Proses pengisiannya dilakukan secara online melalui situs resmi Kemendikbud. Meski demikian pengisian ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena ada jadwal tersendiri saat mengisinya. 


Dengan demikian Informasi tentang jadwal ini sangat diperlukan agar pengisian ini tidak mengalami kegagalan. Lantas kapan jadwal pengisian survei di semua jenjang pendidikan ini? Yuk simak ulasan berikut:

Jadwal Pengisian Survei Lingkungan Belajar oleh Kemdikbud

Pengisian survei lingkungan belajar ini dilakukan untuk jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Untuk lebih jelasnya berikut tabel jadwal pengisian survei belajar secara online: 

Jenjang PendidikanJadwal Pengisian
SD/SDLB/paket A sederajat22-31 Agustus 2022
SMP/SMPLB/ Paket B sederajat11-20 Agustus 2022
SMA/SMALB/Paket C sederajat1-10 Agustus 2022

Jadwal di atas sudah valid sehingga pastikan kamu mengisi di jadwal yang sudah ditentukan. Dari daftar ini tidak boleh melebihi jadwal yang sudah ditentukan karena akan membuat data kamu tidak terbaca oleh sistem. 


Lihat juga: Cara Cek NISN Siswa Terbaru

Bentuk Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Saat kamu sudah sampai di jadwal diatas maka bisa langsung login di situs resmi Kemendikbud. Pastikan kamu mengisi NPSN, token, NIK dan tanggal lahir secara benar dan tepat. 


Setelah login kamu bisa mengisi semua survei yang ada di situs resmi itu. Pengisian survei ini bentuknya hanya pertanyaan terkait lingkungan sekolah. Sehingga tidak ada jawaban yang pasti dan semua bisa dikondisikan dengan sekolah masing-masing. 


Pastikan semua pertanyaan di isi dengan lengkap di survei lingkungan belajar ini. Hingga saat ini belum ada informasi secara lengkap terkait apa saja pertanyaan di survei tersebut. 


Sebab untuk mengaksesnya hanya bisa dilakukan oleh guru di jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Itu pun tidak ada yang membagikan karena bentuk surveinya masih bersifat rahasia dan hanya diketahui pihak terkait. 

Kisi-Kisi Survei Lingkungan Belajar

Karena tidak diketahui secara pasti isi pertanyaan namun ada beberapa kisi-kisi di dalam survei tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 aspek yang ada di dalam survei lingkungan belajar ini: 

Keamanan Sekolah

Salah satu kisi-kisi yang ada di dalam survei adalah keamanan sekolah masing-masing. Keamanan ini meliputi beberapa hal seperti keamanan siswa, sikap dan keyakinan guru, kebijakan dan program sekolah. 


Untuk setiap jenjang pertanyaan pada aspek ini berbeda-beda sehingga jawabannya bisa kamu sesuaikan. Pastikan kamu mengisi semua data tersebut secara benar dan jangan direkayasa. 

Sosial Ekonomi

Aspek lainnya yang akan kamu isi pada survei tersebut diantaranya sosial ekonomi. Dalam aspek ini, kamu perlu mengisi profesi dan pendidikan terakhir orang tua, dan fasilitas belajar di sekolah. 

Kualitas Pendidikan

Survei lingkungan belajar juga meliputi kualitas pendidikan di setiap sekolah. Dalam kisi-kisi ini di dalamnya meliputi kegiatan kognitif, dukungan afektif dan managemen setiap kelas. 

Pengembangan Guru

Demi terwujudnya sistem pendidikan yang sesuai maka perlu juga pengembangan guru. Di dalam aspek ini meliputi dua hal saja yaitu dukungan dan perbaikan pembelajaran serta refleksi guru.

Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar Kemdikbud

Adapun contoh soal Survei Lingkungan Belajar yang salah satu tujuan utamanya adalah untukmengukur Iklim kebhinekaan di suatu sekolah atau instansi pendidikan sebagaimana dibawah ini:


#1 Apa Anda lebih senang mengajar dan membimbing siswa yang beretnis sama?
Pilihan jawaban: Sangat Tidak Setuju sampai Sangat Setuju


#2 Apakah Anda Setuju kalau Pimpin dijabat oleh laki-laki daripada perempuan?
Pilihan jawaban: Sangat Tidak Setuju sampai Sangat Setuju


#3 Apakah Anda setuju perempuan sebagai wakil pemimpin daripada ketua?
Pilihan jawaban: Sangat Tidak Setuju sampai Sangat Setuju


Secara keseluruhan, jadwal pengisian survei lingkungan belajar Kemendikbud harus sesuai aturan. Pastikan kamu mengisi di jadwal yang tepat dan isilah semua survei sesuai aspek yang telah disebutkan di atas.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×