Thursday, September 15, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, setiap kendaraan di Indonesia diberikan identitas dalam bentuk plat nomor seperti plat nomor P. Kode di dalam plat nomor menjelaskan informasi detail mengenai asal kota kendaraan tersebut dan masa berlaku plat nomor yang berkaitan dengan pembayaran pajak. 

mobil dinas banyuwangi dengan plat nomor p
mobil dinas banyuwangi dengan plat nomor p (banyuwangikab.go.id)

Darimana Asal Kendaraan Kode Plat Nomor P?

Plat nomor pada kendaraan adalah identitas bagi kendaraan tersebut. Plat nomor ini tersusun dari huruf dan angka yang berjejer. Deretan huruf di dalamnya kemudian mencantumkan informasi asal daerah atau kota kendaraan tersebut. 


Data ini akan masuk ke dalam sistem milik Polri sehingga memuat identitas kendaraan dan pemiliknya serta riwayat pajaknya. 


Kendaraan di Indonesia dijamin memiliki plat nomor yang dipasang di bagian depan dan belakang. Ketika kendaraan ini dibawah keluar kota, maka pengguna jalan termasuk petugas lalu lintas bisa langsung tahu kendaraan tersebut berasal dari mana. Pengecekan identitas kendaraan dan pemilik bisa dilakukan secara online. 


Salah satu contoh kode plat kendaraan adalah plat nomor P yang ternyata menunjukan asal kendaraan dari empat daerah atau kabupaten di Indonesia. Yakni dari Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, dan juga Kabupaten Situbondo

Plat nomor P
Contoh plat nomor P

Jadi, jika melihat ada kendaraan dengan plat P maka asalnya adalah dari salah satu kabupaten tersebut.

 

Bagaimana cara mengetahui asal kabupaten kendaraannya? Kode P memang mewakili 4 kabupaten di wilayah Jawa Timur. Kabupaten asal kemudian disebutkan dari kode huruf belakang pada plat nomor tersebut. 


Kode huruf ini bisa terdiri dari satu huruf, dua huruf, dan bisa juga dari tiga huruf kapital. Kode ini disebut kode belakang plat nomor kendaraan. 

Kode Belakang untuk Plat Kode P 

Untuk membantu Anda mengenali asal daerah kendaraan dengan plat nomor P, maka penting juga untuk mengetahui arti dari kode belakang plat nomor tersebut. Berikut detailnya dalam bentuk tabel: 

Kota (Kabupaten) Kode Belakang Contoh Nomor Polisi 
Kabupaten Situbondo E*/F*/G*/H*/I*/J*P 1234 GI
Kabupaten Banyuwangi U*/V*/W*/X*/Y*/Z*P 1234 WI
Kabupaten Bondowoso A*/B*/C*/D*P 1234 AFG
Kabupaten Jember K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*P 1234 ST

Kode belakang memberi informasi asal kota atau kabupaten dari kendaraan yang bersangkutan. Jadi, nomor polisi kemudian memberi informasi mengenai asal kendaraan tersebut dari daerah mana. Jika kode awal adalah huruf P maka masuk ke wilayah Jawa Timur di salah satu 4 kabupaten yang dijelaskan sebelumnya. 


Sementara kode belakang di akhir plat nomor tersebut menunjukan informasi asal kabupaten. Sehingga bisa diketahui masuk provinsi mana dan daerah mana. 


Hal ini akan memudahkan petugas lalu lintas mengetahui asal kendaraan. Bagi pemilik kendaraan bisa mengetahui asal dan dimana pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan. 

Cara Cek Plat Nomor P 

Setelah mengetahui plat nomor P asal wilayahnya dari ulasan Sebuahutas.com diatas, maka penting juga untuk mengetahui cara mengecek plat nomor kode P tersebut. Terdapat tiga pilihan cara untuk melakukan pengecekan, yaitu: 

1. Melalui Layanan SMS 

Cara pertama untuk mengecek plat nomor kendaraan dengan kode P adalah melalui layanan SMS. Caranya cukup mudah, ikuti di bawah ini


  • Buka menu SMS pada ponsel
  • Ketik: JATIM (spasi) plat nomor kendaraan, contohnya: JATIM P 1234 ST. 
  • Lalu kirim ke 7070.
  • Pastikan ketikan “JATIM” menggunakan huruf kapital semua agar sesuai format dan hasil pencarian akurat di sistem samsat Jatim. 

2. Melalui Website Samsat Jatim 

Cara kedua untuk cek plat nomor kendaraan kode P adalah melalui website Samsat Jatim. Yakni melalui website E-Samsat Jatim, caranya:


  • Buka laman situs di https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/
  • Silahkan “pilih samsat asal kendaraan”, contohnya: SITUBONDO
  • Lalu masukan nomor polisi pada kolom yang tersedia, contohnya: P 1234 GI
  • Kemudian masukan kode captcha yang diminta
  • Selanjutnya klik “Cek Data Kendaraan”
  • Tunggu hingga sistem menunjukan hasil pencarian. 

3. Melalui Aplikasi E-Smart Samsat Jatim 

Cara ketiga untuk mengecek plat nomor P adalah melalui aplikasi E-Smart Samsat Jatim yang bisa diinstal di smartphone. 


  • Unduh aplikasi E-Smart Samsat Jatim lewat Play Store atau App Store 
  • Setelah terinstal selanjutnya buka dan pilih menu PKB
  • Lalu ketikan nomor plat kendaraan, contohnya P 1234 GI
  • Kemudian klik tombol Proses. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×