Monday, September 19, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Saat berkendara di wilayah Sumatera Barat, tentu Anda akan sering melihat plat nomor BA di berbagai jenis kendaraan. Seperti yang kita ketahui bahwa plat nomor merupakan sebuah identitas bagi setiap kendaraan yang telah terdaftar di kepolisian daerah asal. Lalu plat nomor BA sebenarnya berasal dari daerah mana saja? Berikut kami rangkum tentang plat nomor BA secara lengkap.

mobil dinas wagub sumatera barat plat ba 2
mobil dinas wagub sumatera barat plat ba 2

Asal Plat Nomor BA

Plat nomor BA merupakan kode atau identitas kendaraan di wilayah Sumatera Barat diantaranya Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh, Kabupaten Agam, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Dharmasraya, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar dan sekitarnya.


Setiap angka dan huruf yang tercantum pada plat nomor kendaraan memiliki arti dan makna masing-masing. Misalnya BA 1234 LT yang memiliki arti sebagai berikut:


  • BA : kode wilayah asal kendaraan
  • 1234: nomor urutan kendaraan saat pendaftaran
  • LT: identitas asal Kota/ Kab kendaraan
Contoh plat nomor BA
Contoh plat nomor BA

Oleh sebab itu, pembuatan nomor kendaraan tidak boleh sembarang dan harus dilakukan di kantor Samsat terdekat.

Plat Nomor BA dan Kode Belakangnya

Sumatera Barat terdiri dari 7 wilayah kota dan 12 wilayah kabupaten. Untuk mengetahui asal kota atau kabupaten sebuah kendaraan, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya melalui huruf belakang yang ada di plat nomor kendaraan. Berikut daftar plat nomor BA dan kode belakangnya:

Kota / Kabupaten Kode Huruf BelakangContoh 
Kota Bukittinggi LBA 1234 LT
Kota PadangA/B/O/Q/RBA 1234 AF
Kota Padang PanjangNBA 1234 NY
Kota PariamanWBA 1234 WS
Kota PayakumbuhMBA 1234 MR
Kota SawahluntoJBA 1234 JP
Kota SolokPBA 1234 PE
Kab. AgamT/ZBA 1234 TV
Kab. DharmasrayaVBA 1234 VS
Kab. Kepulauan MentawaiUBA 1234 UI
Kab. Lima Puluh KotaC/XBA 1234 CK
Kab. Padang PariamanFBA 1234 FT
Kab. PasamanDBA 1234 DE
Kab. Pasaman BaratSBA 1234 SH
Kab. Pesisir SelatanG//IBA 1234 GI
Kab. SijunjungKBA 1234 KP
Kab. SolokHBA 1234 HY
Kab. Solok SelatanYBA 1234 YU
Kab. Tanah DatarEBA 1234 EX

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan BA Secara Online

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi digital, saat ini Anda bisa dengan mudah mengetahui informasi tentang data lengkap plat nomor kendaraan BA secara online. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan sesuai pantauan tim Sebuahutas.com.


  1. E-Samsat

Umumnya E-Samsat digunakan untuk mengetahui informasi serta pembayaran pajak online. Namun, ternyata E-Samsat juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk melakukan pengecekan nomor plat kendaraan secara online.


Sayangnya, tidak semua daerah menyediakan layanan E-Samsat online. Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan plat nomor kendaraan BA melalui E-Samsat online, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.


  • Pertama buka browser melalui perangkat yang Anda miliki, lalu kunjungi situs https://bapenda.sumbarprov.go.id/content/info_pajak_kendaraan   
  • Selanjutnya inputkan nomor plat kendaraan BA yang ingin dilakukan pengecekan. Misalnya BA 1234 NY.
  • Klik cek data kendaraan.
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul seluruh informasi tentang nomor plat BA yang Anda cari.

  1. SMS

Selain melalui aplikasi resmi E-Samsat, Anda juga bisa melakukan pengecekan informasi plat nomor BA melalui pesan singkat atau sms. Setiap wilayah tentu  memiliki format masing-masing. 


Untuk pengecekan data plat nomor BA, Anda bisa ikuti format sms sebagai berikut, PKB#huruf depan plat nomor(spasi)plat nomor(spasi)huruf belakang plat nomor lalu kirim ke 08116941555. Contohnya PKB BA 1234 NY.

Fungsi Cek Plat Nomor Kendaraan BA Secara Online

Melakukan pengecekan nomor plat kendaraan secara online tentu memiliki beberapa fungsi yang bisa Anda manfaatkan, berikut diantaranya:


  • Mengetahui informasi data kendaraan saat terjadi hal yang tidak Anda inginkan, misalnya tabrak lari, dan yang lainnya.
  • Melacak Tindak Kejahatan, misalnya terjadi pencurian, penculikan dan yang lainnya. Anda bisa dengan mudah menghubungi pihak kepolisian dengan memberikan informasi data plat nomor kendaraan tersangka kejahatan.
  • Cek status pajak kendaraan, agar tidak terlambat untuk melakukan pembayaran.
  • Informasi akurat pemilik kendaraan. Hal ini bisa mencegah serta meminimalisir terjadinya jual beli kendaraan ilegal atau bodong.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×