Thursday, September 15, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

iPhone XR dan iPhone XS merupakan pilihan yang masih layak untuk sekarang ini. Meski sudah lama dirilis, namun nyatanya ponsel ini masih bisa bersaing bahkan lebih unggul dari beberapa ponsel terbaru saat ini. Meski begitu, apakah kamu tahu perbedaan iPhone XR dan XS?

Bagusan iPhone xr atau xs Disini ulasannya
Bagusan iPhone xr atau xs Disini ulasannya

Bagusan mana iPhone XR atau XS? Mungkin pertanyaan ini sering dipikirkan oleh banyak orang. Bagi yang memang ingin memiliki ponsel seri X ini, harus tahu perbedaan antara keduanya. Dengan begitu, maka bisa memilih sesuai dengan keinginan. Jika belum tahu perbedaannya, tidak akan bisa memilih pilihan iPhone yang sesuai.

Penjelasan iPhone XR

Iphone Xr
Iphone Xr

Sebelum masuk ke perbedaan, lebih baik untuk mengenal iPhone XR terlebih dahulu. Sekarang ini spesifikasi dari iPhone XR masih setara dengan ponsel kelas atas. 


Lihat juga: Cara Cek Coverage Garansi iPhone Terbaru


Ponsel ini dibekali dengan OS Apple Bionic 12, dengan ukuran layar 6,7 inci, kapasitas baterai besar, hingga kamera yang mumpuni membuat ponsel ini masih sangat layak dipakai. Spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel ini tergolong masih relevan hingga 2 tahun lagi. 


Keunggulan dari produk Apple memang awet. Meski sudah muncul iPhone seri lanjutan dari seri X, tapi tetap saja menggunakan ponsel ini terlihat mewah. Tak heran, jika masih banyak orang yang mencari ponsel ini baru maupun bekas.

Penjelasan iPhone XS

Iphone Xs
Iphone Xs

Dibandingkan dengan iPhone XR, iPhone XS lebih dulu dirilis. Meski begitu ponsel ini tetap memiliki kualitas yang oke. Spesifikasi yang masih bagus, membuatnya masih cukup dicari saat ini. 


Dengan berbekal OS Apple 12 dengan chipset Apple A12 Bionic, ponsel ini masih cukup bertenaga untuk melakukan banyak aktivitas. Sejak awal kemunculannya, iPhone XS memang mencuri perhatian dan selalu dibandingkan dengan seri lainnya. 


Setiap seri iPhone pasti dibuat dengan keunggulan tersendiri tak terkecuali iPhone XS. Tidak banyak ponsel yang bisa bertahan dan masih relevan dalam jangka waktu yang lama.

Perbedaan iPhone XR dan XS

Meski tidak untuk dibandingkan, namun tetap saja banyak orang yang penasaran perbedaan dari iPhone XR dan iPhone XS. Memang jika dilihat secara sekilas tidak begitu kelihatan perbedaannya. 


Namun, jika diteliti lagi lebih dalam memang ada beberapa perbedaan yang bisa ditemukan antara dua seri iPhone ini.

1. Dapur Pacu 

Dapur Pacu Iphone
Dapur Pacu Iphone

Perbedaan pertama bisa ditemukan di spesifikasi dapur pacunya. Pada iPhone XS sudah menerapkan chipset Apple A12 Bionic sedangkan untuk iPhone XR baru menggunakan Apple 12 Bionic.


Untuk pilihan RAM juga ada perbedaan di mana iPhone XS 4 GB sedangkan untuk iPhone XR 3 GB. Dari situ sudah terlihat bahwa secara dapur pacu iPhone XS lebih unggul. Namun, bukan berarti iPhone XR itu jelek dan tidak layak pakai. 


Keduanya memiliki performa yang hampir sama. Hanya saja untuk beberapa urusan iPhone XS lebih mulus dan lancar dalam menjalankan program atau aplikasi.

2. Layar 

Layar Xr Vs Xs
Layar Xr Vs Xs

Perbedaan iPhone XR dan XS selanjutnya ada pada bagian layar. Secara ukuran memang iPhone XR lebih unggul dengan 6,1 inci, sedangkan iPhone XS hanya 5,7 inci. Namun, untuk jenis layar yang dipakai iPhone XS jauh lebih unggul dengan AMOLED.


Sedangkan untuk iPhone XR masih menggunakan IPS LCD. Dengan begini, kenikmatan layar masih dipegang oleh iPhone XS. 


Namun, meski begitu visual layar yang bisa dihasilkan di ponsel iPhone XR sudah lebih dari cukup untuk memanjakan mata. Sampai sekarang masih cukup bagus dan jelas masih bisa dinikmati.

3. Kapasitas Baterai

Baterai
Baterai

Perbedaan ini tergolong cukup terlihat karena secara kapasitas baterai iPhone XR lebih unggul. Ponsel iPhone XR dibekali dengan kapasitas baterai hampir mencapai 3.000 mAh, sedangkan kapasitas baterai iPhone XS hanya di angka 2.685 mAh. 


Memang perbedaan yang sangat terlihat jika bicara soal kapasitas baterai. Dengan kapasitas sebesar itu, iPhone XR bisa dipakai seharian jika digunakan dalam pemakaian wajar. Tidak perlu sering melakukan pengisian ulang baterai.


Namun bukan berarti iPhone XS baterainya cepat habis. Jika tetap pada pemakaian yang wajar dan tidak berat, maka ponsel ini juga bisa bertahan lama.

4. Kamera 

Kamera
Kamera 

Untuk spesifikasi kamera tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok seperti kapasitas baterai sebelumnya. Kedua ponsel ini dibekali dengan sistem Dual Camera dengan lensa utama 12 MP dan kamera depan 7 MP. 


Artinya, secara hasil gambar di kedua ponsel sama-sama bagus dan masih bisa dinikmati. Mungkin secara spesifikasi lensa kamera tidak ada perbedaan, namun jika bicara soal fitur pada kamera maka akan ada beberapa perbedaan. 


Ponsel iPhone XS lebih dibekali dengan beragam fitur dibandingkan iPhone XS. Jadi untuk fitur kamera iPhone XS lebih banyak dibandingkan dengan iPhone seri XR.


Lihat juga: Perbedaan iPhone X dan XS Max, Ini Harga Terbarunya!

5. Harga 

Harga Iphone
Harga Iphone

Masuk ke perbedaan yang selalu ingin diketahui banyak orang, terutama yang ingin memiliki ponsel seri X ini. Jadi harga untuk kedua ponsel ini memang berbeda karena dilihat dari perbedaan di atas saja sudah bisa tertebak. 


Meski sudah lama dirilis, kedua ponsel ini masih memiliki harga yang tergolong tinggi. Secara garis besar, harga iPhone XS lebih mahal dari iPhone XR. 


Saat ini tidak diketahui harga pasti dari kedua ponsel ini, namun yang jelas untuk iPhone XR masih di angka Rp10 jutaan sedangkan iPhone XS masih bertahan di rentang harga Rp13.5juta hingga Rp14.5juta. Produk Apple memang selalu tahan lama baik dari segi kualitas dan juga harganya.


Sebenarnya, perbedaan iPhone XR dan XS berdasarkan ulasan Sebuahutas.com diatas tidak terlalu besar. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun setelah tahu perbedaan antara keduanya, setidaknya bisa lebih mudah untuk menentukan pilihan mau memilih iPhone XS atau iPhone XR.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×