Saturday, September 17, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Rangkaian angka dan huruf yang terdapat pada plat mobil atau kendaraan merupakan suatu identitas asal kendaraan. Lantas darimana plat nomor DB berasal? Berikut kami akan kupas tuntas perihal plat nomor DB secara lengkap.

Daftar Kode Belakang Plat Nomor DB dan Cara Cek Nomor Kendaraaan Secara Online
Daftar Kode Belakang Plat Nomor DB dan Cara Cek Nomor Kendaraaan Secara Online

Dari Mana Asal Plat Nomor DB?

Dikenal dengan keindahan taman bawah laut, wilayah Sulawesi Utara dibagi menjadi dua bagian yaitu Sulawesi Utara Kepulauan dan Sulawesi Utara Daratan. Masing-masing wilayah tersebut memiliki plat nomor kendaraan yang berbeda-beda. 


Plat nomor DB merupakan kode plat kendaraan yang digunakan di wilayah Sulawesi Daratan yang meliputi Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Boolang Mongondow, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, dan juga Kabupaten Minahasa.

P 5
Contoh plat nomor DB

Plat nomor DB merupakan perangkat yang sangat penting bagi setiap kendaraan. Secara umum plat nomor terdiri dari rangkaian huruf dan angka yang tersinkronkan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 


Dengan adanya data tersebut, maka akan menjadi bukti bahwa kendaraan telah teregistrasi di kantor kepolisian secara resmi. Melalui STNK, Anda juga bisa mengetahui kapan jadwal atau terakhir kali Anda membayar pajak kendaraan.

Plat Nomor DB dan Kode Belakang

Plat nomor terdiri dari rangkaian huruf dan angka yang bersifat unik dan memiliki arti masing-masing. Huruf awal pada plat nomor kendaraan memiliki arti asal wilayah kendaraan. 


Selanjutnya, untuk angka yang tertera di plat nomor kendaraan merupakan nomor saat melakukan registrasi kendaraan, sedangkan  huruf terakhir yang terletak dibagian paling belakang merupakan kode wilayah kota atau kabupaten dari kendaraan tersebut berasal.


Sulawesi Utara Daratan terdiri dari 4 kota dan 8 kabupaten. Setiap kota atau kabupaten memiliki kode masing-masing, yang bertujuan untuk mempermudah kita dalam mengetahui asal kendaraan. Berikut daftar kode belakang plat DB yang berasal dari Sulawesi Utara Daratan  

Asal Kota / Kabupaten Kode Huruf Belakang Contoh
Kota ManadoA/L/M/RDB 5432 AP
Kota BitungCDB 5432 CF
Kota TomohonGDB 5432 GH
Kota KotamobaguKDB 5432 KL
Kab. Bolaang MongondowDDB 5432 DS
Kab. Bolaang Mongondow Timur NDB 5432 NB
Kab. Bolaang Mongondow SelatanPDB 5432 PF
Kab. Bolaang Mongondow UtaraHDB 5432 HC
Kab. MinahasaBDB 5432 BL
Kab. Minahasa UtaraFDB 5432 FT
Kab. Minahasa SelatanEDB 5432 ER
Kab. Minahasa TenggaraJDB 5432 JD

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Saat ini, untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak harus datang ke Samsat yang mungkin lokasinya cukup jauh. 


Dengan berkembangnya sistem digital, Anda bisa mengakses semua informasi tentang plat nomor kendaraan secara cepat, tepat, dan akurat melalui sistem online. Berikut dua cara sesuai pantauan tim Sebuahutas.com yang bisa Anda coba untuk melakukan pengecekan nomor kendaraan secara online.

1. Cek Melalui Aplikasi

Cara cek plat nomor kendaraan secara online yang pertama bisa Anda lakukan yaitu melalui aplikasi. Beberapa provinsi di Indonesia memiliki aplikasi khusus untuk cek nomor kendaraan, misalnya Sulawesi Utara yang memiliki aplikasi bernama Info Pajak Kendaraan Sulut. Berikut cara penggunaanya:


  • Pertama instal terlebih dahulu apk Pajak Kendaraan Sulut melalui smartphone yang Anda miliki.
  • Selanjutnya setelah di instal, buka aplikasi tersebut dan inputkan nomor plat kendaraan yang ingin dicek lebih lanjut misalkan DB 5432 DS.
  • Kemudian pilih warna plat hitam/kuning/merah.
  • Klik submit, dan tunggu proses pengecekan data.
  • Nantinya akan muncul data tentang plat nomor kendaraan DB yang Anda cari.

2. Cek Melalui Website

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa melakukan pengecekan plat nomor kendaraan secara online melalui website resmi Dispenda Sulawesi Utara. 


Pengecekan melalui website lebih praktis, sebab Anda tidak perlu melakukan instal aplikasi pada smartphone yang Anda miliki. Berikut cara pengecekan nomor plat kendaraan secara online melalui website.


  • Pertama buka browser pada semua perangkat yang Anda miliki.
  • Lalu kunjungi situs http://dispenda.sulutprov.go.id/index.php?page=cekpajak 
  • Kemudian inputkan plat nomor kendaraan yang akan Anda cari, misalkan DB 5432 BL.
  • Pilih warna plat kendaraan, misalkan hitam
  • Inputkan 6 kode verifikasinya, lalu klik submit.
  • Nantinya akan muncul data plat nomor kendaraan sesuai yang Anda inputkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×