Cover One Ui 6.1
Tutorial

Cara Update ke One UI 6.1 Samsung dan Penyebab Tidak Bisa Update

Cara update One UI 6.1 sangatlah mudah. Jika Anda tidak bisa melakukannya, ada dua kemungkinan. Pertama, Anda tidak paham caranya. Dan kedua, ponsel yang Anda gunakan tidak mendukung versi tersebut.

Mengingat tidak semua seri HP Samsung bisa memakai versi ini. Hanya sebagian seri saja. Tapi tidak cuma untuk seri Samsung yang harganya mahal, dari yang murah sampai mahal pun ada.

Cara Update Samsung ke One UI 6.1

Anda akan mendapatkan notif di jendela HP bahwa ada update patch terbaru. Di sana Anda cukup menekannya, lalu nanti dibawa ke halaman download. Gambarnya nanti kurang lebih seperti ini.

Screenshot 20240614 053622 Tiktok

Tapi jika notif itu tidak muncul, Anda bisa mengeceknya sendiri dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Samsung
  2. Scroll ke bagian paling bawah, pilih pembaruan perangkat lunak
  3. Kemudian selesaikan download 
  4. Setelah itu diminta untuk install. Ponsel akan direstart, dan ini akan membutuhkan waktu lama
  5. Anda cukup menunggu saja sampai ponsel aktif sendiri

Ada beberapa kasus, saat orang-orang akan memperbarui perangkat Samsung, malah muncul garis-garis hijau di layar. Entah penyebabnya apa, bisa jadi karena panas. Untuk menghindari hal seperti ini, lakukan beberapa tips berikut agar HP tidak kena light saber:

  1. Jaga suhu ponsel agar tidak panas
  2. Baterai minimal 90%. Jangan update kalau baterainya lemah
  3. lebih aman jika update memakai komputer

Penyebab Tidak Bisa Update One UI 6.1 Samsung

Bagi Anda yang setelah mengecek pembaruan perangkat lunak tapi tidak ada tulisan update perangkat, itu adalah tanda bahwa ponsel Anda tidak mendukung perangkat jenis ini. Hal tersebut menjadi penyebab utama Anda tidak bisa update ke One UI 6.1.

Apa yang harus dilakukan jika berada di posisi ini? Satu-satunya solusi adalah dengan membeli ponsel baru yang support UI 6.1. Berikut adalah daftar ponsel Samsung yang mendapatkan upgrade UI 6.1.

Daftar HP Samsung yang Bisa Update One UI 6.1

Dari seri S, Z, A, M dan lain-lain, mereka kebagian dengan updatean ini. Tapi tidak semuanya dapat. Bahkan yang serinya berdekatan belum tentu bisa mendapatkan upgrade-an ini. Contohnya seperti A22, yang tidak mendapatkan pembaruan. Tapi A23 mendapatkannya.

Adapun seri Samsung yang masuk dalam daftar adalah: A14, A13, A04s, Samsung Galaxy A23, M54, Galaxy tab, fold, S21, S23, dan masih banyak lagi. Simak daftar lengkapnya melalui gambar di bawah:

Screenshot 20240614 054958 Tiktok 1
Screenshot 20240614 055004 Tiktok

Apakah ponsel Anda termasuk pada daftar di atas? Ataukah masuk ke daftar yang mentok di versi One UI 5.1?

Demikian adalah cara update serta daftar ponsel yang support dengan One UI versi terbaru. Apakah Anda masuk dalam golongan yang akan ikutan update? Atau memilih versi lama karena kecewa dengan pembaruan di versi terbaru? Atau takut dengan rumor menakutkan jika update perangkat bisa membuat ponsel lemot, kualitas kamera berkurang atau alasan lainnya?