Mobil Dinas Banjarmasin Dengan Kode Plat Da
Plat Nomor

Info Kode Plat Nomor DA, Asal Daerah dan Cara Mengecek Pajaknya

Berbicara mengenai plat nomor kendaraan, Indonesia memiliki banyak sekali kode plat nomor untuk masing-masing daerah. Hal ini memudahkan setiap pengendara ataupun petugas lalu lintas untuk mengetahui asal daerah dari kendaraan tersebut.

Melansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 55 daftar plat nomor kendaraan yang ada di seluruh Indonesia. Maka tak heran, jika sebagian besar masyarakat hanya ingat beberapa kode plat nomor saja. Jika Anda bisa mengingat ke-55 daftar plat nomor tersebut, maka hal itu patut diacungi jempol.

Salah satu kode plat nomor kendaraan dari 55 daftar tersebut adalah “DA”. Kode plat nomor DA mungkin cukup familiar bagi sebagian orang. Namun, apakah Anda termasuk yang belum tahu plat nomor DA itu dari daerah mana? Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini. 

Asal Wilayah Plat Nomor DA

P 36
Contoh plat nomor DA

Setiap kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, baik itu sepeda motor, mobil, truk hingga bus diwajibkan untuk memiliki plat nomor sebagai identitas. Plat nomor kendaraan ini diberikan oleh pihak kepolisian ketika pertama kali kendaraan tersebut dibeli.

Selain sebagai identitas, plat nomor juga sebagai bukti bahwa kendaraan yang bersangkutan memang sudah mengantongi izin untuk beroperasi atau digunakan untuk berkendara di jalan raya. Plat nomor biasanya diletakkan pada bagian depan maupun belakang kendaraan, sehingga ketika berjumpa dengan pengendara jalanan lainnya akan mudah diketahui, baik dari depan maupun belakang. 

Seperti dikatakan sebelumnya, setiap daerah di Indonesia memiliki kode plat nomor sendiri yang telah diatur sesuai perundang-undangan. Seperti plat nomor DA, diketahui sudah diatur sebagai kode untuk wilayah tertentu. 

Plat nomor DA diketahui menjadi kode identitas kendaraan untuk wilayah Kalimantan Selatan. Terdapat 13 kota dan kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Selatan yang menggunakan plat nomor DA. Kota dan Kabupaten tersebut yaitu Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten Balangan, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Laut dan juga Kabupaten Tapin.

Mobil Dinas Banjarmasin Dengan Kode Plat DA
Mobil Dinas Banjarmasin Dengan Kode Plat DA

Lihat juga: 7 Bengkel Mobil Profesional di Banjarmasin

Kode Belakang untuk Plat Nomor DA

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika kode plat nomor DA diperuntukkan bagi kendaraan dari wilayah Kalimantan Selatan. Namun, mengingat ada banyak kota maupun kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, kode plat nomor DA secara spesifik dibedakan berdasarkan kode huruf di belakangnya untuk menunjukkan identitas dari masing-masing kota atau kabupaten tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar kode belakang plat nomor DA dari masing-masing kota dan kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh
Kota BanjarbaruP/RDA 1234 PN
Kota BanjarmasinA/C/I/J/N/O/S/T/V/W/XDA 1234 AV
Kabupaten Balangan YDA 1234 YU
Kabupaten BanjarB/QDA 1234 BC
Kabupaten Barito KualaMDA 1234 MX
Kabupaten Hulu Sungai SelatanDDA 1234 DI
Kabupaten Hulu Sungai TengahEDA 1234 EN
Kabupaten Hulu Sungai UtaraFDA 1234 FG
Kabupaten Kota BaruGDA 1234 GZ
Kabupaten TabalongH/UDA 1234 HI
Kabupaten Tanah BumbuZDA 1234 ZT
Kabupaten Tanah LautLDA 1234 LH
Kabupaten TapinKDA 1234 KP

Cara Mengecek Plat Nomor DA

Setelah mengetahui plat nomor DA, berikut dengan asal wilayahnya, ketahui juga cara mengecek plat nomor tersebut. Berikut dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek plat nomor DA, yaitu:

1. Secara Online

Cara online terbilang sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Anda dapat mengecek plat nomor DA dengan mengunjungi laman resmi bakeuda.kalselprov.go.id. Nantinya Anda bisa memasukkan nomor plat DA yang ingin diketahui, contohnya DA 6576 PN. Jika plat nomor tersebut memang terdaftar, nantinya informasi mengenai kendaraan tersebut akan tertera di layar. 

2. Secara Offline

Jika Anda benar-benar terdesak dan harus segera mengetahui pemilik plat nomor kendaraan DA untuk alasan, seperti dugaan kriminalitas atau menemukan kendaraan tanpa pemilik, maka bisa coba cara offline.

Untuk langkahnya, silahkan Anda mengunjungi Polres/ Polda setempat, mengingat kedua instansi ini memiliki data tentang kebenaran ataupun wewenang untuk mengusut secara hukum jika diperlukan.  

Posted by
Muhamad Syarif

Mencari apa yang tidak dicari orang kebanyakan, menemukan apa yang hilang dari orang kebanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

AdBlock Detected

Sebuahutas.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.