Tuesday, April 27, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sound of text sebagai aplikasi text to speech terpopuler saat ini telah memiliki implementasi yang sangat beragam. Dengan maraknya penggunaan konten berbasis audio seperti podcast, voice note, bahkan nada dering atau ringtone, menjadikan aplikasi konversi teks menjadi ucapan ini semakin banyak digunakan.

Lewat tutorial ini, Sebuahutas akan memberikan panduan singkat bagaimana cara menggunakan sound of text di aplikasi WA untuk mengirim voice note atau pesan suara. Cara ini sangat efektif jika kamu ingin mengirim pesan cinta (sound 🖤of text) ataupun permohonan maaf (sound of text🙏) dalam bentuk audio menggunakan suara ala Google text.
cara mengirimkan sound of text wa
cara mengirimkan sound of text wa

Untuk mengikuti tutorial singkat ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, kamu hanya perlu menyiapkan tulisan atau pesan yang ingin diubah menjadi suara yang akan dimasukkan ke dalam kolom text to speech nantinya. berikut langkah-langkah mengunakan sound of text wa yang perlu kamu lakukan:

  1. Buka soundoftext.com, jika situs tersebut sedang tidak bisa diakses, kamu bisa memanfaatkan program serupa seperti freeTTS.com ataupun Botika khusus untuk text to speech berbahasa Indonesia.
  2. Salin-tempel tulisan yang sudah kamu siapkan tadi pada kolom text-to-speech yang tersedia. Sesuaikan pula bahasa yang ingin kalian gunakan pada opsi yang tersedia di program TTS tersebut.
    sound of text untuk whatsapp
    sound of text untuk whatsapp

  1. Klik tombol Submit dan tunggu proses konversi tulisan kalian menjadi audio
  2. Tekan tombol PLAY untuk mendengarkan hasil suara dari teks yang kalian masukkan atau DOWNLOAD untuk mengunduhnya dalam format mp3.
    tombol play dan download sound of text wa
    tombol play dan download sound of text wa

  3. Simpan audio dalam format MP3 tersebut pada perangkat ponsel kamu an ingat-ingat tempat penyimpanannya.
  4. Untuk mengirim sound of text sebagai voice note whatsapp, kamu perlu membuka aplikasi WhatsApp dan membuka kolom chat yang akan dikirimkan voice note.
  5. Selanjutnya, klik icon klip atau tombol attachment, lalu pilih audio yang dilambangkan dengan icon headset.
    upload sound of text ke wa
    upload mp3 sound of text ke wa

  6. Pilih file mp3 yang sudah kamu download dari Soundoftext.com tadi dan unggah ke dalam kolom chat. Setelahnya, kamu akan melihat file mp3 yang kamu unggah ke dalam chat wa dapat langsung diputar di kolom chat WhatsApp tersebut.

Nah itulah tadi cara mudah mengirimkan voice note WhatsApp menggunakan aplikasi Sound of text. Dengan cara ini, si penerima chat dapat menangkap pesan yang cukup panjang tanpa harus berlama-lama membaca tulisan di ponsel yang cukup melelahkan bagi sebagian orang.

Lebih kerennya lagi, kamu bisa membuat pesan yang cukup unik seperti memberikan ucapan selamat, ucapan terima kasih serta surat pribadi tanpa harus mengirim dalam format teks yang sudah terlalu biasa. 

Cara ini juga pas dilakukan untuk lawan bicara yang sering melakukan perjalanan, sehingga dia tidak perlu terus-terusan memegang ponsel untuk tetap dapat menerima pesan yang kamu kirimkan. Cukup praktis bukan memanfaatkan teknologi text to speech Google seperti dengan Sound of text ini untuk mengirim pesan di aplikasi WhatsApp? Selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post