Monday, May 17, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Pada tulisan sebelumnya, Sebuahutas telah mengulas bagaimana cara buat suara Google menjadi voice note di aplikasi WhatsApp. Nah, pada tulisan kali ini, kami akan membahas tutorial serupa menggunakan aplikasi Soundoftext.com wed sebagai salah satu cara untuk mengganti nada dering WA.

Sebenarnya, implementasi dari suara Google ini tidak semata bisa kamu manfaatkan sebagai nada dering, sound of text wed secara khusus juga bisa kamu pakai sebagai pesan undangan pernikahan menggunakan suara robot dengan kalimat berikut ini:
Halo Kak, kami mengundang kakak dan orang tua sekalian untuk menghadiri pernikahan kami yang dilaksanakan di gedung Balai Sarbini Jakarta pada tanggal 1 Juli 2021.

Tentu menggunakan suara robot Google untuk menjadi ucapan dalam undangan pernikahan virtual akan membuat kesan yang lebih unik dan menarik. Penasaran bagaimana cara membuat ucapan undangan wedding ataupun nada dering WA dengan suara Google? Berikut ulasan serta panduan lengkapnya.

soundoftext.com wed untuk buat suara google
soundoftext.com wed untuk buat suara google

Cara Mudah Buat Suara Google

Aplikasi untuk membuat suara Google yang tersedia gratis saat ini cukup banyak, mulai dari sound of text, freeTTS, Voice Maker, hingga Botika yang khusus membuat suara robot berbahasa Indonesia. Kamu bisa memilih salah satu dari text to speech diatas dan mengikuti langkah-langkah dibawah ini dalam pembuatannya:

  1. Buka halaman soundoftext.com
  2. Masukkan kalimat yang ingin kamu buat menjadi nada dering WA pada kolom Text
  3. Ubah bahasa menjadi Indonesian pada kolom Voice
    nada dering wa dengan sound of text
    nada dering wa dengan sound of text
  4. Klik tombol Submit dan tunggu hingga proses konversi teks ke suara robot selesai
  5. Perhatikan kolom Sounds di bagian bawah, kamu dapat memutar suara dengan menekan tombol PLAY atau mengunduhnya langsung dalam format MP3 pada tombol DOWNLOAD
  6. Simpan file mp3 tersebut ke dalam ponsel yang sudah terintall aplikasi WhatsApp 

Cara Mengganti Nada Dering WA

Setelah tahap pembuatan suara robot Google selesai, kamu tinggal memasang atau mengganti nada dering WhatsApp dengan file mp3 yang sudah kamu dapatkan dari tahap sebelumnya. Untuk langkah-langkah pemasangannya, kamu dapat mengikuti petunjuk singkat berikut ini:
  1. Siapkan suara Google dalam format MP3 yang tadi sudah kamu unduh
  2. Buka aplikasi File Manager/My Files/File Explorer di Android, lalu copy atau pindahkan file mp3 suara Google tadi ke dalam folder Notifications yang ada dalam root folder internal storage ponsel kamu.
    cara buat nada dering di android
    cara buat nada dering di android
  3. Jika kamu tidak bisa melakukan cara diatas, kamu dapat menambahkan nada dering notifikasi secara manual dengan masuk ke Settings, pilih Ringtone, lalu klik Icon + dan selanjutnya Pilih File mp3 lalu klik Done.
    menambahkan nada dering di pengaturan android
    menambahkan nada dering di pengaturan android
  4. Tahap terakhir, kamu tinggal mengatur di aplikasi WhatsApp agar nada dering pesan atau panggilan masuk dapat menggunakan suara Google yang sudah ditambahkan tadi. Caranya dengan buka aplikasi WhatsApp, klik tombol titik tiga di pojok atas aplikasi, pilih menu Settings, tekan icon Notifications, pilih opsi Notification tone, lalu ketuk di nama file MP3 suara Google yang sudah kamu siapkan pada tahap sebelumnya.
    ganti nada dering notifikasi wa
    ganti nada dering notifikasi wa
  5. Selesai, dengan mengikuti panduan serta petunjuk ketiga gambar diatas, kamu sudah dapat membuat nada dering WhatsApp dengan soundoftext.com wed tanpa install aplikasi tambahan.

Mudah saja bukan mengikuti panduan serta langkah-langkah diatas? Menariknya, kamu juga bisa menerapkan cara yang sama dengan aplikasi text to speech unik lainnya. Misalnya dengan Botika.online, kamu dapat membuat suara Google natural berbahasa Indonesia, Voicemaker.in yang bisa digunakan untuk membuat suara Pria atau bahkan anak-anak menjadi nada dering.

Itulah panduan lengkap menggunakan aplikasi Sound of text untuk beragam keperluan kamu. Sekarang kamu tinggal menyesuaikan nada dering dengan kata-kata serta selera suaramu sendiri, selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post