Friday, September 10, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Banyak pengguna Jenius mulai mengeluhkan permasalahan error akun Jenius saat login, terutama ketika menggunakan hp baru. Sebenarnya fitur ini adalah faktor keamanan dari Jenius untuk mencegah akun kamu diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Yap! Akun jenius kamu hanya dapat login dalam satu device atau satu hp dan harus di-unlink terlebih dahulu sebelum kamu dapat login Jenius di perangkat yang lain.


Jika kamu menggunakan hp baru, hampir pasti kesulitan ini kamu rasakan, salah satu error yang paling banyak dirasakan itu adalah munculnya notif, "Your Session Has Expired, Automatically Log out". Atau dalam Bahasa Indonesia berarti, "Sesi Sudah Berakhir dan Kamu akan Keluar Secara Otomatis".

Apa Maksud dari Error Your Session Has Expired?

Error ini dialami oleh pengguna yang berusaha masuk ke akun Jenius, tapi gagal, akun terlogout sendiri dan muncul notif ini di bagian atas aplikasi.

your session has expired saat login jenius
your session has expired saat login jenius

Jadinya  sebanyak apapun kita mencoba login, kita tidak bisa melakukannya walaupun kode OTP dan pin sudah benar. Karena tidak bisa login, kita pun tidak bisa mengakses aplikasi ini, tidak bisa mengambil uang kita, melakukan transfer, dan aktivitas transaksi lainnya.

Penyebab Your Session Has Expired Pada Aplikasi Jenius

Kegagalan login pada aplikasi Jenius, serta munculnya notif "Your Session Has Expired", dikarenakan oleh:


  • Pertama: Kita login di perangkat yang berbeda dengan perangkat yang kita gunakan login pertama kali. Dalam kasus ini, Anda bisa gagal login jika Anda ganti HP. Walaupun saat itu HP yang lama Anda rusak, atau karena alasan lain. Pokoknya, apapun alasan Anda, entah itu karena HP Anda dimaling, HP hilang, atau HP rusak. Hal itu akan membuat Anda tidak bisa login ke akun Jenius karena ganti perangkat baru.
  • Kedua: Penyebab yang lain karena Anda pernah restart HP kembali ke pengaturan pabrik. Meskipun di sini kalian tidak ganti HP, tapi terkadang kita tetap tidak akan bisa login jika Anda pernah restart HP kembali ke pengaturan pabrik (factory reset).

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan supaya kita bisa login di akun Jenius kita kembali?

Cara Mengatasi Your Session Has Expired agar Bisa Login di Jenius

Jenius turun tangan sendiri membagikan tips mengatasi masalah ini yang dibagikan melalui cuitan di akun Twitter resminya. Cuitan tersebut berbunyi seperti ini:


"Halo. Saat ini akun Jenius hanya bisa login pada satu device. Kamu bisa unlink akun Jenius pada device lama kamu terlebih dahulu sebelum login pada device baru, ya. Untuk kendala yang kamu alami bisa hubungi telepon Jenius Help 1500365 untuk dibantu pengecekan, ya. 😊."


Dari tweetnya tersebut, bisa kita simpulkan supaya bisa login ke akun Jenius di perangkat baru atau perangkat lama tapi Anda restart, caranya Anda harus unlink device.

Apa Itu Unlink Device?

Unlink device adalah aktivitas yang dilakukan untuk menghilangkan hubungan perangkat dengan Mobile Bank kalian. Dalam hal ini Jenius.


Jenius tidak bisa dipakai oleh 2 perangkat sekaligus. Harus dipakai salah satu saja. Jika ingin ganti perangkat, Anda harus menghapus hubungan pada salah satu perangkat yang ada.


Saat ini, untuk cara melakukan unlink device pada Jenius, kalian hanya bisa melakukannya dengan menghubungi nomor customer service di nomor ini: 1500365


Belum ada cara melakukan unlink device dari aplikasinya langsung. Jadi mau tidak mau kita harus meminta bantuan lewat customer servicenya.

Cara Unlink Device Pada Aplikasi Jenius

Menurut keterangan Jenius, untuk sementara kita hanya bisa unlink device dari nomor customer service mereka. Dan untuk mengakses nomor tersebut, kita membutuhkan pulsa.


Siapkan pulsa beberapa puluh ribu untuk menghubungi nomor ini: 1500365, kemudian lakukan panggilan seperti biasa.


  1. Buka aplikasi telepon di HP
  2. Ketikkan nomor 1500365
  3. Klik panggil
  4. Tunggu sampai pihak sana mengangkatnya. Jika tidak diangkat, coba lagi di lain waktu, atau coba terus sampai bisa
  5. Setelah itu, Anda diminta memverifikasi data-data pribadi, serta akan diberikan beberapa pertanyaan untuk tujuan keamanan
  6. Ikuti instruksi yang disediakan sampai selesai
  7. Setelahnya, tunggu 2x24 jam hingga ada notifikasi unlink device sukses di hp kamu dan kamu sudah dapat login akun Jenius di ponsel yang baru.

Selain menghubungi melalui kontak ini: 1500365, sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi masalah gagal login aplikasi Jenius.

Cara Alternatif: Datang ke Konter Jenius

Cara yang lain, bisa dengan datang ke konter Jenius terdekat. Tapi cara ini menurut Saya agak ribet, karena konter Jenius belum tersebar merata di seluruh Indonesia. Bisa jadi di daerah Anda belum ada konter ini. Selain itu sekarang sedang PPKM.

Next article Next Post
Previous article Previous Post