Monday, December 20, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Sejak muncul berita bahwa Syahrini berhasil menjual NFT karakter dirinya hingga total milyaran juta rupiah. Banyak orang mulai bertanya-tanya apa itu NFT? NFT atau Non Fungible Token merupakan salah satu aset digital yang sedang naik daun.

apa itu nft serta kelebihan dan keurangannya
apa itu nft serta kelebihan dan keurangannya

Di lansir dari Kompas, data DappRadar mengatakan bahwa penjualan NFT meningkat delapan kali lipat dibandingkan kuartal sebelumnya, yakni mencapai angka tertinggi 10,7 Milliar dolar AS. Angka ini menjadi sekitar 152 Triliun jika dikonversi pada rupiah.

Apa Itu NFT?

menurut forbes, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti musik, seni, item yang terdapat pada video atau game.


Simplenya, NFT mengubah karya seni digital atau barang koleksi menjadi satu-satunya sehingga bisa diverifikasi ke asliannya dan diperjual belikan melalui blockchain.

sifat sifat dasar NFT Finematics
sifat sifat dasar NFT / source: finematics.com

Blockchain adalah tempat untuk menyimpan data secara digital yang memiliki koneksi antara satu perangkat dan perangkat lainnya. Selain itu, NFT tidak bisa diganti atau digandakan sehingga yang bisa Anda lakukan adalah menjual dan membelinya.

Cara Kerja NFT

Cara kerja NFT seperti ketika Anda melakukan transaksi pada umumnya, hanya saja bisa dilakukan pada marketplace yang tersedia. NFT sekarang sudah tersedia di pasar digital seperti CryptoPunks, Rarible, dan OpenSea. Lebih lengkap mengenai dimana tempat bertransaksi NFT bisa kamu baca di artikel marketplace NFT yang cocok untuk pemula ini.

Contoh NFT Populer yang dijual di Rarible
Contoh NFT Populer yang dijual di Rarible

Proses jual beli ini menggunakan umumnya mata ethereum yang tentu saja dapat dikonversikan ke mata uang riil seperti USD.

Beberapa Kelebihan NFT

  1. NFT unik dan bisa dikoleksi. Karena ini aset berbentuk digital, maka Anda bisa mengoleksi sesuai keinginan dan dana yang dimiliki.
  2. NFT tidak bisa direkayasa, dihancurkan, dan dihapus
  3. Jika langka maka nilai objek digitalnya semakin naik
  4. NFT bisa dipercaya karena penggunaan token tidak bisa ditukar
  5. Memiliki smart contract

Kekurangan NFT

  1. Nilainya tidak bisa dibagi menjadi kecil, jadi jika ingin membeli maka Anda harus membayar penuh.
  2. Bisa dicuri, jika tempat toko yang Anda gunakan untuk membeli NFT tutup. Maka tak ada jaminan aset yang Anda beli aman soalnya NFT aset digital.
  3. NFT belum diatur dan kurang ramah pengguna.
  4. NFT masuk ke dalam golongan pasar spekulatif.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang apa itu NFT dari Sebuahutas.com dan penjelasan singkat cara kerjanya. Semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post