Wednesday, January 26, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Cara dapatkan tiket vaksin booster di pedulilindungi kini sangat mudah dan hanya bermodalkan smartphone saja. Vaksin jenis ini mulai viral di sosial media menyusul program yang dikeluarkan oleh menteri kesehatan. Untuk bisa vaksin booster ada syarat tertentu yang perlu dilakukan oleh setiap masyarakat.

cara daftar vaksin booster covid tanpa atau dengan pedulilindungi
cara daftar vaksin booster covid tanpa atau dengan pedulilindungi

Jenis vaksin booster hampir sama dengan vaksin lainnya dan ini tergolong baru diluncurkan oleh pemerintah. Keberadaan vaksin ini adalah upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat agar tidak terinfeksi covid. Sebelum lebih lanjut ke syarat-syarat dan yang lainnya, kamu perlu memahami lebih dalam terkait vaksin booster.

Apa Itu Vaksin Booster?

Vaksin booster adalah vaksin lanjutan dari beberapa vaksin yang pernah dilakukan oleh masyarakat. Vaksin jenis ini tergolong baru karena baru diluncurkan oleh pemerintah pada tanggal 12 Januari 2022 kemarin. Untuk melakukan vaksin booster, kamu perlu melakukan vaksin dosis 1 dan dosis 2 terlebih dahulu.


Jika kamu belum melakukan vaksin dosis 2 maka tidak diperkenankan untuk melakukan vaksin booster. Sehingga, masyarakat yang sudah melakukan vaksin dosis 2 maka bisa langsung melakukan vaksin booster.


Secara spesifik, vaksin tersebut hanya lebih dikhususkan pada lansia yang rentang terkena covid. Tetapi orang dewasa pun dianjurkan untuk melakukan vaksin tersebut agar tidak sampai terkena virus corona terbaru.

sentra vaksin generasi maju untuk anak dan vaksin booster
sentra vaksin generasi maju untuk anak dan vaksin booster

Pilihan pada lansia ini menyusul ada kabar masuknya virus corona berjenis Omicron yang kebanyakan menyerang lansia. Untuk vaksin booster ini juga sama seperti vaksin lain yaitu tidak dikenakan biaya alias gratis untuk seluruh masyarakat. Untuk melakukan vaksin booster, masyarakat harus memenuhi beberapa syarat-syaratnya terlebih dahulu.

Syarat Melakukan Vaksin Booster

Untuk bisa melakukan vaksin, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kemenkes. Daripada penasaran, berikut beberapa syarat untuk bisa melakukan vaksin booster.


  1. Warga Indonesia yang umurnya sudah 18 tahun ke atas.
  2. Sudah melakukan vaksin dosis 2 dan dalam jangka waktu minimal 6 bulan.
  3. Secara khusus, vaksin tersebut dikhususkan pada orang tua (lansia).

Dengan demikian, kamu yang baru saja melakukan vaksin dosis 2 belum bisa di vaksin jenis ini. Kamu butuh waktu minimal 6 bulan sejak pertama kali disuntik vaksin dosis 2 dan juga dalam keadaan sehat. Jika syarat di atas sudah terpenuhi maka sudah bisa melakukan proses vaksinasi untuk vaksin booster.

Cara Daftar Vaksin Booster secara Online Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Ketika semua syaratnya sudah terpenuhi, kamu bisa melakukan vaksin booster di tempat-tempat yang ditentukan. Karena ini dosis lanjutan umumnya hanya tersedia di balai kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Jika kamu berkeinginan, berikut cara mendapatkan vaksin booster di balai kesehatan yang ditentukan.


  1. KTP
  2. Sertifikat vaksin yang pernah dilakukan yaitu dosis 1 dan dosis 2.

Keduanya bisa kamu bawa ketika akan melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang telah ditentukan. Jika kedua syarat ini salah satunya tidak dibawa maka proses vaksinasi tidak bisa dilakukan dan kamu bisa menunggu di waktu selanjutnya. 


Buat kamu yang berdomisili di DKI Jakarta dan sekitarnya, sangat banyak pihak yang menyediakan vaksin booster terutama di mall-mall besar. Berikut beberapa link pendaftaran vaksin booster yang bisa langsung kamu ikuti tanpa harus install aplikasi PeduliLindungi:


  • http://pendaftaranbooster.kotakasablanka.co.id/ (hotline: 0821 1366 7022)
  • https://s.id/vaksintangsel (teras Kota Mall BSD)
  • https://bit.ly/vaksingenerasimaju (Mall Neo Soho Jakarta)
  • https://vaksin.loket.com/

Silahkan cek masing-masing situs diatas apakah masih membuka kembali pendaftaran vaksin booster, jika sudah dibuka kembali, maka segeralah isi data diri kamu agar bisa segera mendapatkan vaksin booster Covid-19 karena antrian dan peminatnya yang sangat banyak sekarang-sekarang ini.
contoh form pendaftaran online vaksin booster generasi maju
contoh form pendaftaran online vaksin booster generasi maju

Cara Cek Tiket Vaksin Booster

Sebagaimana dijelaskan di atas, vaksin booster memang dilakukan pada masyrakat umum tetapi di khususkan pada lansia. Untuk itu, pemerintah terkadang memprioritaskan beberapa orang untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu.


Dengan demikian, setiap orang yang sudah vaksin tetapi belum tercantum namanya maka tidak bisa melakukan vaksinasi. Untuk mengetahui adanya hal ini kamu bisa melakukan pengecekan di aplikasi Pedulilindungi. Untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan di Google Play Store atau App Store secara gratis.


  1. Silahkan install aplikasi PeduliLindungi di smartphone dan bagi yang sudah menginstal harap di update terlebih dahulu.
  2. Silahkan buka aplikasi dan lakukan login dengan username dan password yang telah ditentukan.
  3. Selanjutnya, kamu bisa mengklik nama pada link profile disamping tulisan 'Hi'
    klik nama profil untuk masuk ke menu vaksin
    klik nama profil untuk masuk ke menu vaksin
  4. Kemudian, pilih menu 'status vaksinasi dan hasil tes covid-19'
    pilih menu Vaccination Status untuk cek tiket vaksin booster
    pilih menu Vaccination Status untuk cek tiket vaksin booster
  5. Pada halaman tersebut akan dimunculkan status dan jadwal dilakukan vaksinasinya.
  6. Jika ingin mengecek tiket vaksin, kamu bisa klik riwayat dan tiket vaksin.

Dengan beberapa cara di atas, kamu akan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk vaksin booster. Jika dihalaman tersebut tidak muncul maka kamu memang belum saatnya untuk mendapatkan dosis vaksin ketiga ini. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui situs resminya.

Cek Tiket Vaksin Melalui Website

Selain dari aplikasi, kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi dari pemerintah tentang vaksin ini. Untuk proses pengecekannya juga sangat mudah dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

cara daftar vaksin booster di aplikasi pedulilindungi
cara daftar vaksin booster di aplikasi pedulilindungi
  1. Buka browser yang biasa kamu gunakan lalu ketikkan www.pedulilindungi.id
  2. Masukkan nama dan NIK kamu dengan benar.
  3. Jika semua sudah sesuai, kamu bisa klik periksa.
  4. Silahkan ditunggu hingga muncul ke halaman tertentu.

Setelah melakukan pemeriksaan tersebut, kamu akan di informasikan terkait jadwal dan statusnya. Jika belum muncul maka belum bisa melakukan vaksin boster di puskesmas atau rumah sakit. Jika namanya muncul maka bukti itu bisa kamu screenshot dan ditunjukkan kepada petugas saat akan melakukan vaksinasi.

Dosis Vaksin Booster

Untuk dosin vaksin booster berbeda dengan dosis vaksin 1 dan 2 yang mana bisa dipilih jenisnya. Untuk vaksin booster ini jenisnya tidak dapat dipilih karena sudah ditentukan oleh pemerintah dan harus dipatuhi. Berikut beberapa jenis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat yang telah memenuhi syarat.


  1. Jika dosis 1 dan 2 di vaksin berjenis Sinovac maka pada vaksin booster jenisnya setengah dosis Pfizer.
  2. Jika dosis 1 dan 2 sudah di vaksin Sinovac maka di vaksin booster akan di vaksin jenis setengah AstraZeneca.
  3. Jika dosis 1 dan 2 di vaksin AstraZeneca maka di vaksin booster jenis vaksinnya setengah vaksin Moderna.
  4. Jika dosis 1 dan 2 di vaksin AstraZeneca maka di vaksin selanjutnya akan di vaksin setengah dosis Pfizer.
  5. Jika dosis 1 dan 2 di vaksin Pfizer maka di vaksin booster akan diberikan dosis penuh AstraZeneca.

Ketentuan yang disebutkan di atas tidak bisa ditawar lagi dan ini sudah ditentukan oleh pihak pemerintah. Dosis tersebut dipilih dan sudah melalui berbagai macam riset dan pertimbangan yang matang. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan efek yang berlebihan seperti sakit atau bahkan meninggal dunia.


Secara keseluruhan, cara dapatkan tiket vaksin booster di pedulilindungi yang diulas oleh Sebuahutas.com ini bisa dilakukan melalui pendaftaran online di smartphone. Kamu bisa melakukan vaksinasi sesuai jadwal dan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui aplikasi tersebut. Pada saat vaksinasi kamu perlu membawa KTP dan sertifikat vaksin dosis 1 dan 2.


Selain itu, kamu tidak bisa memilih jenis vaksin yang akan disuntikkan nantinya dan ini sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga, mau tidak mau kamu harus menerima ketentuan tersebut dan jika dilanggar maka vaksinasi tidak dapat dilakukan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post