Tuesday, January 25, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Mengenal apa Spark AR dari Facebook perlu diketahui bagi kamu yang memiliki jiwa design. Kehadiran fitur terbaru dari Facebook perlu dipelajari lebih lanjut karena ini adalah bagian dari Metaverse. Kamu bisa membuat apapun di fitur tersebut dan nantinya bisa di konsep dengan 2D dan 3D.

Mengenal apa itu Spark AR Hub dari Facebook untuk para konten kreator
Mengenal apa itu Spark AR Hub dari Facebook untuk para konten kreator

Dalam proses pengenalan ini, kamu perlu mengetahui apa itu Spark AR dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pengetahuan akan hal ini menjadi penting karena ini adalah bagian yang akan diproyeksikan menjadi dunia masa depan.

Apa Itu Spark AR Hub?

Spark AR adalah salah satu fitur terbaru dari Facebook dimana pengguna bisa menikmati pengalaman AR (Augmented Reality). Bentuk pengalaman ini akan semakin nyata dengan adanya filter-filter di media sosial tersebut.


Bagi kamu yang belum memahami augmented reality adalah teknlogi dunia nyata yang bisa disisipkan ke dunia maya secara real-time. Perbedaan dengan fitur ini adalah kamu bisa menambahkan berbagai filter untuk memperindah obyek yang diunggah.

cara belajar tutorial spark ar facebook dari a sampai z
cara belajar tutorial spark ar facebook dari a sampai z

Spark AR sengaja di desain sesederhana mungkin untuk bisa dinikmati oleh banyak orang. Bahkan, orang yang awam pun bisa menggunakannya karena di dalamnya ada filter-filter yang sederhana. Sehingga, orang yang tingkatannya pemula yang advanced bisa menikmatinya dengan mudah dan gratis.

Fitur-Fitur Spark AR dari Facebook

Sebagai bagian dari Facebook, Spark AR akan membantu kamu dalam membuat hal-hal berbeda di sosial media. Teknologi ini memiliki beragam fitur menarik yang bisa dinikmati secara gratis dan mudah di smartphone. Berikut beberapa fitur yang ada di teknologi Spark AR yang nantinya bisa membantu kamu untuk melakukan filterisasi.

Galery Aset Lengkap

galeri aset digital yang lengkap di spark augmented reality facebook
galeri aset digital yang lengkap di spark augmented reality facebook
Hadir sebagai teknologi masa depan, Spark AR memberikan kamu banyak sekali aset yang bisa digunakan. Beberapa aset tersebut berupa gambar baik dalam bentuk 2D, 3D atau bentuk gambar lainnya. Selain aset yang disebutkan di atas juga ada file audio yang nanti bisa kamu gunakan saat dibutuhkan.

Mengimpor Gambar Dan Suara

Jika gambar dan suara yang tersedia kurang cocok, kamu bisa mengunggahnya sendiri ke teknologi ini. Gambar dan suara yang bisa diunggah boleh dalam format apapun baik itu MP3, JPG dan berbagai format lainnya.

Posting di Sosial Media

Untuk gambar dan audio yang sudah digabungkan tersebut nantinya bisa diunggah ke sosial media. Untuk sosial media, kamu bisa menggunakan Facebook atau Instagram dalam mempublikan hasil karya kamu.

buat dan terbitkan efek di facebook lewat spark ar hub
buat dan terbitkan efek di facebook lewat spark ar hub

Semua fitur yang dijelaskan di atas sepertinya terlihat sederhana padahal hasil karyanya bisa sangat powerful. Kamu tidak akan merasakan bagaimana menakjubkannya Spark AR jika belum mencoba menggunakannya. Untuk menggunakannya, kamu bisa mendownload dengan mengklik link ini: https://sparkar.facebook.com/ar-studio/download/.

Filter di  Dalam Spark AR

Dari sekian banyak filter yang ada di Spark AR tersebut, ada dua hal yang perlu kamu pahami dan berikut penjelasannya.


  1. Patch Editor: bagian ini bisa digunakan ketika ingin membuat filter yang interaktif dengan node serta logika yang ada.
  2. Animation: bagian dimana kamu bisa membuat animasi yang sesuai keinginan baik dalam bentuk 2D atau 3D.

Selain filter ada juga bagian lain yang disematkan di dalamnya seperti augment yourself dan augment the world. Dengan kedua bagian tersebut, kamu bisa membuat gambar atau obyek terlihat lebih menarik dan nyata.


Dalam mengenal apa itu Spark AR Facebook dari ulasan Sebuahutas.com ini, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu ke PC atau smartphone, atau mempelajarinya lebih dulu lewat komunitas mereka di grup berikut: https://web.facebook.com/groups/SparkARcommunity/. Jika ingin memahami lebih dalam maka pelajari juga berbagai fitur dan filter yang disematkan di dalamnya. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post