Monday, February 7, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Cara kirim uang ke luar negeri kini semakin mudah dengan adanya situs bernama Wise.com. Dengan situs ini proses transfer uang dari luar negeri ke Indonesia akan jauh lebih cepat karena dapat diakses lewat smartphone.

cara menggunakan wise.com untuk transfer uang antar negara
cara menggunakan wise.com untuk transfer uang antar negara

Dengan kemudahan tersebut, kamu bisa mengirimkan uang dalam jumlah berapapun dan nantinya bisa dikonversi ke rupiah. Dengan demikian, kamu tidak perlu menukarkan mata uang asing ke jasa tukar mata uang.


Bukan hanya itu, Wise juga memiliki fitur-fitur lain yang akan menguntungkan kamu saat transfer uang. Tetapi sebelum ke fitur, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang Wise secara detail.

Apa Itu Wise.com (Sebelumnya Bernama TransferWise)

Wise atau lebih dikenal dengan Transferwise merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transfer uang. Untuk proses transfer bisa dilakukan via aplikasi baik pengguna Android atau iOS dan bisa diakses melalui website resminya.


Jasa transfer ini, perusahaannya berpusat di Inggris dan hingga kini sudah banyak sekali penggunanya dari seluruh dunia. Total pengguna dari aplikasi tersebut sudah mencapai 4 juta lebih dan tersebar di seluruh negara.

cara mudah kirim dan terima uang dari luar negeri degan transferwise  (wise)
cara mudah kirim dan terima uang dari luar negeri degan transferwise  (wise)

Dengan aplikasi tersebut kamu bisa mengirimkan uang dari luar negeri ke Indonesia atau dari Indonesia ke luar negeri. Tetapi dalam proses pengiriman uang ini kamu perlu mendaftar terlebih dahulu melaui aplikasi atau situs resminya.

Cara Daftar Wise.com untuk Kirim Uang Antar Negara

Sebelum menggunakan, kamu bisa melakukan pendaftaran baik dengan email atau akun Facebook dengan cara sebagai berikut:


  1. Buka situs https://wise.com lalu klik daftar yang berada di sebelah kanan atas.
    daftar wise pada menu register di pojok atas
    daftar wise pada menu register di pojok atas
  2. Jika menggunakan email masuk email dan jika menggunakan facebook maka klik saja icon Facebook.
  3. Selanjutnya kamu bisa memilih personal atau bisnis, jika untuk pribadi maka bisa memilih personal.
  4. Lalu masukkan nomor HP dan klik send verification code.
  5. Masukkan kode yang ada masuk ke nomor HP dan klik submit.
  6. Masukkan password dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka.
  7. Setelah langkah di atas selesai dilakukan, kamu bisa klik continue dan sampai disini tahapnya sudah selesai.
    dasbor akun WISE personal untuk kirim uang ke luar negeri
    dasbor akun WISE personal untuk kirim uang ke luar negeri

Setelah proses di atas, kamu perlu melakukan verifikasi ID terlebih dahulu dengan mengupload ID. Agar verifikasi cepat sukses, kamu bisa memasukkan password dan tunggu prosesnya antara 2-3 hari.


Setelah proses verifikasi, kamu bisa langsung mengirimkan uang ke seluruh negara tujuan dengan mudah dan cepat. Tetapi sebelum mengirimkan uang, kamu perlu mengetahui fitur-fitur yang ada di aplikasi kirim uang ini.

Fitur-Fitur Wise.com

Sebelum kamu menggunakannya untuk transfer uang, berikut beberapa fitur yang perlu kamu ketahui dari Wise:

#1 Support Semua Perangkat

Untuk melakukan pengiriman uang, kamu bisa mengaksesnya melalui PC atau smartphone. Jika melalui PC, kamu hanya cukup mengakses lewat situsnya saja dan jika menggunakan smartphone maka perlu menginstal aplikasi.


Kemudahan seperti ini tentunya bisa membuat kamu punya banyak opsi dan tidak menyulitkan saat transfer uang. Sehingga, saat berada di depan PC maka proses transfer uang bisa dilakukan dari perangkat tersebut.

#2 Biayanya Murah

potongan biaya transfer antar negara rendah dengan menggunakan wise
potongan biaya transfer antar negara rendah dengan menggunakan wise
Untuk biaya transfer uang menggunakan Wise tergolong sangat murah dan lebih murah dari jasa transfer uang lainnya. Hal ini bisa terlihat jika kamu mengirimkan uang 1000 SGD dari Singapura biayanya hanya 5 SGD.


Dengan demikian biaya transfernya hanya 0,5% dari jumlah transfer uang yang kamu kirimkan. Nilai tersebut tentunya sangat murah daripada menggunakan jasa transfer uang lain yang biayanya cukup mahal.

#3 Proses Transfer Cepat

kirim uang ke malaysia dalam hitungan menit
kirim uang ke malaysia dalam hitungan menit
Selain biaya yang murah, proses transfer uang juga cukup cepat dan ini tergantung jauh tidaknya suara negara. Tetapi proses transfer ini umumnya hanya kurang dari 30 menit sejak kamu mengklik kirim.Durasi tersebut tentunya sangat cepat daripada aplikasi lain yang terkadang bisa lebih dari 30 menit.

#4 Support Dompet Digital

Dalam mengirimkan uang ke luar negeri, kamu tidak bisa melalui rekening bank tetapi perlu mengisi saldo di dompet digital. Banyak sekali dompet digital yang support seperti DANA, Gopay, OVO dan beberapa dompet digital lainnya.


Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga dompet digital itu ketika ingin mengirimkan uang ke luar negeri. Dengan demikian, prosesnya tentu tidak susah dan bisa dilakukan kapan saja seuai keinginan.

Cara Kirim Uang Dengan Wise.com

Setelah mengetahui fitur di atas, kamu bisa melakukan transfer uang dengan cara yang mudah dan juga cepat dengan Wise. Untuk memudahkan, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:


  1. Kunjungi situs resminya di wise.com atau download aplikasinya di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.
  2. Masukkan jumlah uang yang akan di transfer.
    masukkan jumlah uang yang akan dikirim dalam mata uang si penerima
    masukkan jumlah uang yang akan dikirim dalam mata uang si penerima
  3. Setelah itu kamu juga perlu mengatur mata uang yang kamu kirim ke mata uang penerima. Misal kamu mengirimkan dari Indonesia ke Singapura maka mata uang pilih IDR dan penerimanya SGD.
  4. Selanjutnya, kamu bisa mengisi detail bank penerima seperti nama, jenis bank dan nomor rekeningnya, lalu klik continue.
  5. Selanjutnya kamu bisa isi data diri sesuai yang ada di aplikasi dan klik save
  6. Kamu bisa mereview terlebih dahulu dan jika sudah benar silahkan klik confirm.
    review detail transfer dan alamat penerima uang di luar negeri
    review detail transfer dan alamat penerima uang di luar negeri
  7. Untuk pengguna baru, kamu harus melakukan verifikasi identitas berupa foto KTP dan foto selfie dengan KTP, jadi siapkan selalu kartu identitas jika kamu akan menggunakan Wise.com.

Begitulah cara kirim uang ke luar negeri dengan wise.com yang bisa diakses dari smartphone atau PC dari tim Sebuahutas.com. Untuk proses transfernya sangat mudah dan cepat serta biayanya tergolong sangat murah yaitu 0.5% dari jumlah uang yang di transfer.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×